Menkeu Sri Mulyani Desak Kualitas Human Capital Harus Diperbaiki

Oleh : Herry Barus | Rabu, 14 November 2018 - 08:00 WIB

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan kualitas modal manusia atau human capital Indonesia harus terus diperbaiki seiring peningkatan jumlah anggaran negara untuk pendidikan yang mencapai hampir Rp500 triliun pada 2019.

Sri Mulyani di acara Penganugerahan Habibie Award Periode XX Tahun 2018 di Jakarta, Selasa (13/11/2018)menjelaskan bahwa Indonesia dalam HCI (Human Capital Index) Bank Dunia berada di peringkat 87 dari 157 negara dengan nilai 0,53.

"Kalau dibandingkan dengan negara berpendapatan menengah yang agak baik, Indonesia paling rendah. Jadi kita tidak buruk sekali namun kita jelas tidak cukup ada di liga yang di depan," ujar dia.

Nilai HCI empat negara dengan pendapatan menengah di kawasan ASEAN lainnya yaitu Malaysia 0,62; Filipina 0,55; Thailand 0,60; dan Vietnam 0,67.

HCI mencerminkan produktivitas anak yang lahir hari ini sebagai pekerja masa depan, dibandingkan dengan kemungkinan yang bisa terjadi jika ia memiliki kesehatan yang baik dan pendidikan yang lengkap serta berkualitas tinggi.

Ukuran penghitungan meliputi tiga kriteria, yakni kelangsungan hidup, pendidikan, dan kesehatan. Menurut kriteria tersebut, jika skor suatu negara misalnya 0,5, berarti individu dan negara secara keseluruhan kehilangan setengah potensi ekonomi masa depan mereka.

Sri Mulyani mengatakan bahwa perekonomian perlu dijaga momentum kemajuan dan pertumbuhannya sebagai penjamin dalam rangka memajukan kualitas sumber daya manusia (SDM).

"Di dalam mengelola perekonomian, semakin kemajuan dijaga maka semakin akan ada kemampuan lebih dan makin besar untuk bisa menekuni dan mengalokasikan anggaran untuk bidang yang sifatnya fundamental bagi kemajuan bangsa kita," kata Sri Mulyani.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mama Friskila Diselamatkan Babinsa dari Banjir Bandang Jayapura (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Maret 2019 - 18:00 WIB

Mama Friskila Diselamatkan Babinsa dari Banjir Bandang Jayapura

Berdasarkan laporan masyarakat bahwa seorang Nenek atas nama Mama Friskila Wally (66 thn) masih tertahan di rumahnya sendirian di Kampung Asei Kecil Distrik Sentani Timur, Kab. Jayapura.

Menko Perekonomian Darmin Nasution buka pameran IndoBuildTech Expo 2019

Kamis, 21 Maret 2019 - 17:52 WIB

Pemerintah Dorong Pembentukan Lembaga Pelatihan Konstruksi

Pemerintah memastikan terus akan meningkatkan kapasitas SDM melalui sertifikasi profesi. Dan tahun ini sebanyak 3.000 orang mendapatkan sertifkasi sebagai ahli jasa konstruksi.

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Kamis, 21 Maret 2019 - 17:09 WIB

Dua Gubernur Kalimantan Usulkan Dana Bagi Hasil Sawit

Pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan mengusulkan pengaturan dana bagi hasil (DBH) bagi provinsi penghasil sawit. Aturan baru ini diperlukan untuk mewujudkan keadilan dan pemerataan…

Ilustrasi Pengemudi Gojek (Foto: Serba Gojek)

Kamis, 21 Maret 2019 - 17:01 WIB

Ratusan Mitra GOJEK Semarakkan Festival Olahraga Mitra Makassar

GOJEK, sebagai perusahaan penyedia layanan on-demand berbasis aplikasi terdepan di Indonesia, memahami bahwa mitra merupakan salah satu bagian penting dalam ekosistem GOJEK. Oleh karena itu,…

Pelepasan Ekspor Marlboro dan L&M ke pasar Duty Free Jepang

Kamis, 21 Maret 2019 - 16:40 WIB

Philip Morris Indonesia Ekspor Perdana Rokok Malboro dan L&M ke Duty Free Jepang

PT Philip Morris Indonesia (PMID) secara resmi melakukan ekspor perdana produk rokok premiumnya, Marlboro dan L&M ke pasar Duty Free Jepang.