Menkeu Sri Mulyani Desak Kualitas Human Capital Harus Diperbaiki

Oleh : Herry Barus | Rabu, 14 November 2018 - 08:00 WIB

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan kualitas modal manusia atau human capital Indonesia harus terus diperbaiki seiring peningkatan jumlah anggaran negara untuk pendidikan yang mencapai hampir Rp500 triliun pada 2019.

Sri Mulyani di acara Penganugerahan Habibie Award Periode XX Tahun 2018 di Jakarta, Selasa (13/11/2018)menjelaskan bahwa Indonesia dalam HCI (Human Capital Index) Bank Dunia berada di peringkat 87 dari 157 negara dengan nilai 0,53.

"Kalau dibandingkan dengan negara berpendapatan menengah yang agak baik, Indonesia paling rendah. Jadi kita tidak buruk sekali namun kita jelas tidak cukup ada di liga yang di depan," ujar dia.

Nilai HCI empat negara dengan pendapatan menengah di kawasan ASEAN lainnya yaitu Malaysia 0,62; Filipina 0,55; Thailand 0,60; dan Vietnam 0,67.

HCI mencerminkan produktivitas anak yang lahir hari ini sebagai pekerja masa depan, dibandingkan dengan kemungkinan yang bisa terjadi jika ia memiliki kesehatan yang baik dan pendidikan yang lengkap serta berkualitas tinggi.

Ukuran penghitungan meliputi tiga kriteria, yakni kelangsungan hidup, pendidikan, dan kesehatan. Menurut kriteria tersebut, jika skor suatu negara misalnya 0,5, berarti individu dan negara secara keseluruhan kehilangan setengah potensi ekonomi masa depan mereka.

Sri Mulyani mengatakan bahwa perekonomian perlu dijaga momentum kemajuan dan pertumbuhannya sebagai penjamin dalam rangka memajukan kualitas sumber daya manusia (SDM).

"Di dalam mengelola perekonomian, semakin kemajuan dijaga maka semakin akan ada kemampuan lebih dan makin besar untuk bisa menekuni dan mengalokasikan anggaran untuk bidang yang sifatnya fundamental bagi kemajuan bangsa kita," kata Sri Mulyani.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirjen IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih

Sabtu, 19 Januari 2019 - 19:35 WIB

Kemeneperin Bidik Industri Perhiasan Tumbuh 5 Persen

Kementerian Perindustrian terus mendorong penguatan branding produk perhiasan Indonesia agar lebih berdaya saing di tingkat global.

Peluncuran Kampanye #KomuterTegar Redoxon

Sabtu, 19 Januari 2019 - 19:30 WIB

Kampanye #KomuterTegar Redoxon, Siapkan Komuter Indonesia untuk Jaga Daya Tahan Tubuh Sehat dan Kuat

Redoxon, merek vitamin daya tahan tubuh terkemuka dari Bayer. hari ini meluncurkan kampanye #KomuterTegar guna menyebarluaskan kesadaran kepada para komuter di Indonesia untuk menjaga daya tahan…

Sabtu, 19 Januari 2019 - 16:49 WIB

Pemangkas Rambut Garut Mendapat Akses KPR Subsidi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memperluas jangkauan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang bisa menikmati subsidi rumah seperti program KPR Fasilitas Likuiditas…

Presiden Jokowi Minta Pembangunan Rusun Terus Dilanjutkan

Sabtu, 19 Januari 2019 - 16:23 WIB

Presiden Jokowi Minta Pembangunan Rusun Terus Dilanjutkan

Salah satu Rusun yang dibangun tahun 2018 adalah Rusun Pondok Pesantren Darul Arqom di Desa Ngamplangsari, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut.

PT Decathlon Sport Indonesia sebagai ritel olahraga asal Perancis buka gerai keduanya di Summarecon Bekasi

Sabtu, 19 Januari 2019 - 14:42 WIB

Pulau Jawa Masih Jadi Andalan Penjualan Peritel

Emiten ritel masih cukup percaya diri dengan penjualan mereka di tahun ini. Hal ini karena masih besarnya potensi pasar khususnya di Pulau Jawa.