Hero-BPOM Sepakat Jaga Keamanan Produk Pangan

Oleh : Herry Barus | Rabu, 14 November 2018 - 05:21 WIB

BPOM (Foto Dok Industry.co.id)
BPOM (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Makassar - PT Hero Supermarket Tbk (Hero grup) bekerja sama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) berkomitmen menjaga keamanan produk dan patuh terhadap regulasi pemerintah terkait produk pangan.

"Penerapan Keamanan Pangan untuk Mencapai Good Retail Practices. Dalam rantai pangan, ritel merupakan simpul akhir yang berhubungan langsung dengan masyarakat selaku konsumen," kata Kepala BBPOM Makassar, Abdul Rahim dalam forum diskusi di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (13/11/20018)

Dalam pemaparannya di hadapan para Store Manager Giant dan Hero Supermarket wilayah Makassar dan Manado, untuk memastikan risiko kerusakan pangan sebelum diserahkan ke konsumen, kata dia, ada baiknya diperiksa keamanannya.

Sebab, hal ini dapat diminimalkan sebagai akibat kesalahan dalam penanganan, pemajangan dan penyimpanannya ketika barang pangan tersebut tidak layak konsumsi dan masa pakainya habis.

Untuk itu, BPOM RI telah menerbitkan Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) nomor HK.03.1.23.11.10569 tahun 2011 tentang Pedoman Cara Ritel Pangan Yang Baik (CRPB).

CRPB merupakan kegiatan pada tempat penjualan, termasuk toko modern agar pangan yang diperdagangkan atau diperjualbelikan terjaga mutunya, aman dan layak dikonsumsi .Sebagai rantai pangan terakhir yang langsung berhubungan dengan konsumen, tambah Rahim, kegiatan ritel sangat penting dalam menyediakan pangan yang aman bagi masyarakat.

Sementara GM Corporate Affairs PT Hero Supermarket Tbk, Tony Mampuk pada forum diskusi tersebut menyampaikan, pihaknya selalu berkomitmen menjaga higienis serta kualitas pangan agar aman dikonsumsi masyarakat.

"Kami ingin menghadirkan toko-toko yang dapat dipercaya oleh pelanggan, salah satu caranya adalah dengan menjaga kualitas dan keamanan produk karena pelanggan adalah fokus utama kami,"ujarnya.

Pihaknya juga berterima kasih kepada BBPOM Makassar yang telah mendukung untuk memperkuat pemahaman terkait regulasi yang berlaku, sehingga dapat lebih memahami dan mengaplikasikan dalam kegiatan operasional sesuai Good  Retail  Practices.

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari rangkaian kegiatan Forum Diskusi HERO Group dengan BPOM yang sebelumnya diselenggarakan pada 18 Oktober 2018 di Tangerang Selatan. Kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala BPOM, Dr Penny K Lukito.

Selain itu hadir pula Direktur Pengawasan Pangan Risiko Tinggi dan Teknologi Baru BPOM, Tetty Helfery Sihombing sebagai pembicara. Forum diskusi rencananya dilanjutkan pada lima wilayah lain seperti di Surabaya, Banjarmasin, Serang, Lampung, dan Semarang. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…

PempekRoyal

Kamis, 25 April 2024 - 15:05 WIB

Siap Support Franchisee di Seluruh Indonesia, PempekRoyal Hadirkan Solusi Bisnis Makanan Tidak Tergantung Chef

Bisnis makanan seringkali mengalami kendala chef mengundurkan diri, dan ketika terjadi pergantian chef, rasa berbeda, maka jumlah konsumen menurun. Di luar itu, juga ada resiko membuang produk…

Dok. Kommo

Kamis, 25 April 2024 - 14:45 WIB

WhatsApp Chatbot dari Kommo: Hadir Karena Kesadaran akan Pentingnya Menghadirkan Solusi Fleksibel untuk Bisnis

Perubahan lanskap bisnis dewasa ini telah menuntut adaptasi yang cepat dari perusahaan-perusahaan di berbagai sektor. Dengan berkembangnya teknologi dan perubahan perilaku konsumen, bisnis tidak…

PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

Kamis, 25 April 2024 - 14:41 WIB

Road to Devcon Ethereum Akan Diselenggarakan di Asia Tenggara, PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

PT Pintu Kemana Saja (PINTU), platform jual beli dan investasi crypto kembali melanjutkan rangkaian Road to Devcon Ethereum 2024 setelah di tahun 2023 lalu melakukan roadshow ke tiga universitas.