Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Sukabumi Percantik Diri

Oleh : Herry Barus | Selasa, 13 November 2018 - 15:30 WIB

Geopark Ciletuh di Sukabumi, Jawa Barat (Foto:Ist)
Geopark Ciletuh di Sukabumi, Jawa Barat (Foto:Ist)

INDUSTRY.co.id - Sukabumi- Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat terus membenahi berbagai objek wisata yang terbengkalai menjadi lebih tertata dengan ditunjang prasarana dan sarana memadai untuk wisatawan.

"Pembenahan sekaligus penataan ini tujuannya untuk menarik minat wisatawan datang ke objek wisata yang ada di Kabupaten Sukabumi," kata Bupati Sukabumi Marwan Hamami di Sukabumi, Senin (12/11/2018)

Kabupaten Sukabumi banyak objek-objek wisata yang belum dikelalola atau dimanfaatkan seutuhnya, padahal jika ditata dengan baik keberadaanya bisa menjadi daya tarik untuk mendatangkan wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Seperti salah satunya Goa Lalay yang berlokasi di Cipatuguran, Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu. Awalnya goa terkesan menyeramkan dan minim sarana bahkan terkesan bukan objek wisata, tetapi beberapa waktu lalu Pemkab Sukabumi melakukan perombakan.

Ke depannya juga akan menambah fasilitas lainnya seperti tempat duduk untuk pengunjung, home stay, cafe serta yang lainnya untuk menarik minat pengunjung. Tidak hanya Goa Lalay saja, tetapi Gunung Sunda yang berada di Kecamatan Gunung Guruh pun saat ini sudah jauh lebih indah karena dikelola maksimal mulai dari pemerintah desa setempat.

Menurut orang nomor satu di Kabupaten Sukabumi ini, investasi objek wisata saat ini menjadi andalan pihaknya dibandingkan penanaman modal dalam bentuk pabrik, sebab beberapa kecamatan di Kabupaten Sukabumi saat ini sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Globak Geopark Ciletuh Palabuhanratu.
 

 Tentunya dengan pembenahan tersebut minat wisatawan untuk datang akan meningkat dan imbal baliknya untuk masyarakat yang berada di sekitar objek wisata taraf ekonomi dan kesejahteraannya bisa meningkat.

 "Kami saat ini tengah fokus dalam pengembangan objek-objek wisata yang ada, karena hampir seluruh kecamatan memiliki objek wisata namun belum termanfaatkan dan dikelola dengan baik," tambahnya kepada awak media.

Marwan pun selalu melibatkan warga setempat dalam pembenahan objek wisata yang ada dan nantinya pun warga yang akan mengelolanya sehingga harus dijaga jangan sampai terkesan kumuh.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…