Perhotelan Papua Siapkan Menu Lokal Sambut PON 2020

Oleh : Herry Barus | Selasa, 13 November 2018 - 15:00 WIB

Stadiun Papua-foto IST
Stadiun Papua-foto IST

INDUSTRY.co.id - Jayapura - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Papua mengaku mempersiapkan berbagai variasi menu lokal berbahan baku dari produksi pertanian setempat untuk menyambut penyelenggaran Pekan Olah raga Nasional (PON) 2020.

"Kami dari perhotelan sedang mempersiapkan diri untuk menyediakan kearifan lokal, khususnya kopi, sagu dan buah merah," ujar Ketua Umum PHRI Papua, Sahril HAsan, di Jayapura, Senin (12/11/218)

Penyelenggaraan PON 2020 di provinsi tersebut, lanjutnya, adalah kegiatan langka yang harus dimanfaatkan dengan baik untuk memperkenalkan potensi yang ada di Papua, termasuk juga dengan kulinernya.

Menurut dia PHRI telah berulang kali melakukan rapat untuk terus mendorong perhotelan menciptakan menu lokal dengan variasi yang lebih menarik.

Tetapi ia juga menitikberatkan mengenai ketersediaan bahan pangan lokal yang harus dipersiapkan dengan baik. Dengan akan datangnya sekitar 15.000 tamu, maka diperlukan manajemen pangan yang baik agar tidak terjadi kekurangan.

"Kami sudah rapat dengan Dinas Tanaman Pangan, khususnya yang menyangkut kesiapan bahan pokok saat pelaksanaan PON. Mengenai jumlah orang yang datang dengan jumlah makanan yang tersedia, saya yakin pemerintah sudah persiapkan diri," kata dia.

Sahril juga mengingatkan ada hal lain yang harus segera ditangani pemerintah, yaitu mengenai pembuatan cindera kata. Menurutnya dari belasan ribu orang yang akan datang, diyakini sebagian besar dari mereka baru pertama kali datang ke Papua dan ingin membawa kenang-kenangan ke tempat asalnya.

Dengan sisa waktu sekitar dua tahun lagi, ia memandang pemerintah harus segera memperhatikan hal tersebut karena bisa memberikan dampak ekonomi yang besar bagi masyarakat.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Pariwisata Arief Yahya

Jumat, 22 Maret 2019 - 11:00 WIB

Menpar AY: Konektivitas Kunci Sukses Pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, menegaskan, konektivitas udara menjadi kunci sukses pariwisata Indonesia untuk menjaring kunjungan wisman sekaligus mewujudkan target kedatangan 20 juta wisman…

Industri daur ulang sampah plastik (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Jumat, 22 Maret 2019 - 10:36 WIB

Industri Daur Ulang Jadi Jalan Keluar Atasi Masalah Sampah Plastik

Ketua Umum Asosisasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI) Christine Halim, mengungkapkan, daur ulang adalah solusi jitu dalam mengatasi sampah botol plastik.

Pelayanan di kantor Bank DKI

Jumat, 22 Maret 2019 - 10:34 WIB

2018, Kredit Bank DKI Tumbuh 27,9 Persen

Jakarta - Menutup tahun 2018, kinerja keuangan Bank DKI menunjukkan tren yang positif. Hal tersebut ditunjukkan dengan pertumbuhan kredit yang cukup tinggi sebesar 27,9%, dari semula sebesar…

Peresmian Kerjasama Proyek KPBU

Jumat, 22 Maret 2019 - 10:24 WIB

Pemerintah Dorong Skema KPBU Dalam Percepatan Pembangunan Infrastruktur di Indonesia

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melakukan pembangunan infrastruktur dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa.

MoU BNI Syariah dengan Universitas Juanda Bogor

Jumat, 22 Maret 2019 - 09:45 WIB

BNI Syariah Gandeng Unida Terkait Produk dan Jasa Perbankan

Jakarta - BNI Syariah melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan Universitas Juanda Bogor (Unida). Nota kesepahaman ini terkait dengan pemanfaatan…