Sleekr Dukung Revolusi Industri 4.0 Melalui NEXT HR SUMMIT, HR Tech Conference

Oleh : Hariyanto | Selasa, 13 November 2018 - 13:45 WIB

NEXT HR SUMMIT, HR Tech Conference
NEXT HR SUMMIT, HR Tech Conference

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Strategi Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dalam meningkatkan daya saing Indonesia salah satunya adalah dengan penerapan Information Communication Technology (ICT) di semua sektor industri. 

Hal ini kemudian menjadi fokus pemerintah dan sektor swasta di Indonesia untuk terus ikut dalam revolusi industri 4.0, dimana inovasi dan perubahan model bisnis baru diperkenalkan dengan lebih efisien dan efektif melalui kehadiran teknologi. 

Sleekr sebagai perusahaan penyedia platform bisnis yang terdiri dari software HR dan Akuntansi, menyadari minimnya pemanfaatan adopsi teknologi untuk perkembangan bisnis sejumlah sektor swasta di Indonesia. Padahal menurut Kemenperin, ada tiga hal utama yang perlu dilakukan guna mendorong pertumbuhan industri 4.0 di Indonesia, yaitu investasi, teknologi, dan sumber daya manusia (SDM). 

“Dengan ikut dalam revolusi industri 4.0 ini, efisiensi dari digitalisasi teknologi seharusnya bisa dirasakan oleh perusahaan - perusahaan di Indonesia. Namun, melihat penelitian dari McKinsey Global Institute, bahwa hanya sekitar 5% dari total pekerjaan yang ada saat ini yang sudah dapat diotomatiskan secara penuh,” ungkap Suwandi Soh, Founder dan CEO Sleekr, Senin (12/11/2018). 

Sebelumnya, Kemenperin menargetkan penerapan industri 4.0 dapat merevitalisasi dan mengakselerasi pertumbuhan sektor industri manufaktur, dengan meningkatkan produktivitas tenaga kerja, mendorong ekspor produk industri, serta membuka 10 juta lapangan kerja baru yang bermuara pada mewujudkan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi terbesar ke-10 di dunia pada tahun 2030. 

Namun berdasarkan survei Federasi Bisnis Jepang pada tahun 2016, 63% responden mengakui bahwa isu kecepatan perkembangan dan pelaksanaan strategi SDM, tidak dapat mengimbangi perkembangan bisnis global. 

“Kemajuan bisnis Indonesia dalam industri 4.0 tidak hanya dilihat dari pertumbuhan sektor industri manufaktur saja, namun hal sederhana seperti otomasi di bidang manajemen sumber daya manusia (SDM) di perusahaan menjadi pendukung dalam pergerakan new economy saat ini. Dengan terbukanya 10 juta lapangan kerja baru, manajemen SDM perusahaan harus mulai menerapkan digitalisasi data dan konten untuk hasil yang lebih efektif dan efisien,” jelas Suwandi Soh. 

Menyatakan dukungannya pada perkembangan industri 4.0 di Indonesia, Suwandi dan Sleekr menyajikan acara NEXT HR SUMMIT, HR Tech Conference pertama dan terbesar di Indonesia yang dihadiri oleh 500 HR leaders dari berbagai bidang industri di Indonesia. 

Dengan mengusung tema “Redefining the Next Workplace Through Technology”, Sleekr menghadirkan pembicara yang merupakan HR leader dari start-up unicorn dan enterprise besar di Indonesia, diantaranya ada DANA dan General Electric Indonesia. 

“Saat ini sistem manajemen SDM dalam perusahaan banyak mengalami transformasi, dari yang semula hanya didominasi oleh administrasi dan personalia hingga menjadi lebih strategis seperti sekarang. Saya melihat evolusi ini erat kaitannya dengan perkembangan teknologi di era industri 4.0,” tambah Rudy Afandi selaku Direktur HR dari General Electric Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Erick Thohir

Jumat, 19 April 2024 - 10:35 WIB

Erick Peringatkan BUMN untuk Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Jumat, 19 April 2024 - 09:45 WIB

Teman Setia di Momen Berharga: Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Di era di mana musik dan hiburan bergerak dinamis dan gaya hidup yang makin modern, hal ini telah mengubah cara kita dalam menikmati musik dan memanfaatkan speaker dalam kegiatan sehari-hari…

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…