Investasi Singapura di Indonesia Duduki Peringkat Pertama

Oleh : Herry Barus | Selasa, 13 November 2018 - 08:20 WIB

Marina Bay Sands, Singapura (Foto: www.visitsingapore.com)
Marina Bay Sands, Singapura (Foto: www.visitsingapore.com)

INDUSTRY.co.id - Singapura-Singapura mencatatkan diri sebagai negara peringkat pertama yang aktif menanamkan modalnya ke Indonesia di berbagai bidang industri, ujar Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Ngurah Swajaya.

"Nilai investasi Singapura di Indonesia sepanjang Januari-September 2018 tercatat sebesar US$6,7 miliar. Jumlah itu dibandingkan dengan investasi negara lain 30,6 persen dari total Penanaman Modal Asing (PMA) yang masuk ke Indonesia. Jadi Singapura itu urutan nomor satu, kedua ditempati oleh Jepang 3,8 miliar dolar AS, Ketiga China 1,8 miliar dolar AS," ujar Dubes Ngurah Swajaya di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-33, Suntec Convention Center, Singapura, Senin.

Sektor-sektor yang selama ini diminati oleh investor Singapura yaitu infrastruktur (pergudangan, transportasi, dan telekomunikasi), properti (perumahan, kawasan industri perkantoran), pertambangan, industri makanan olahan dan pertanian.

"Pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong di Bali pada Oktober lalu diharapkan meningkatkan invetasi Singapura ke Indonesia. Kita harapkan ada kenaikan 10-15 persen hingga akhir tahun," ujar seperti dilansirAntara.

Dalam pembicaran kedua kepala negara itu membahas "investment guarantee agreement". Kesepakatan itu penting untuk memberikan jaminan keamanan berinvestasi bagi pengusaha Singapura.

"Kesepakan itu menambah kepercayaan kepada pengusaha Singapura untuk berinvestasi di Indonesia. Salah satu yang banyak menadi permasalahan dan juga dibahas itu mengenai "dispute settlement". Ketika pengusaha Singapura berinvestasi di Indonesia kemudian ada sengketa, maka mekanisme penyelesaian masalah itu sudah disepakati antara Indonesia dan Singapura. Kalau terjadi masalah bagaimana, apakah diajukan di pengadilan Indonesia atau Singapura. atau arbitrase,bagaimana tahapan-tahapannya itu mereka sepakati," ujar dia.

Jadi, lanjut dia, pemerintah memberikan payung hukum bagi investor Singapura dengan mitranya di Indonesia.

"Selain itu ada faktor-faktor yang mendorong peningkatan investasi Singapura ke Indonesia antara lain peringkat "easy of doing business" di Indonesia yang selalu meningkat, "online single submission", pemberian insentif, peningkatan infrastruktur dan serta pasar yang besar," ujar dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…