Generasi Milenial Sasaran Utama AXA Indonesia

Oleh : Herry Barus | Selasa, 13 November 2018 - 06:45 WIB

AXA Financial Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)
AXA Financial Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Bandung- Perusahaan asuransi dan manajemen aset AXA Indonesia (AXA Group) menyatakan generasi milenial (penduduk Indonesia usia 23-36 tahun) merupakan pangsa pasar potensial bagi bisnis asuransi di tanah air.

"Kenapa kita menyasar mahasiswa karena mereka bagian milenial. Satu per tiga penduduk Indonesia adalah milenial. Dan sebuah riset menyebutkan tujuh tahun mendatang sekitar 70 persen kaum milenial jadi pimpinam di tempat kerja, maka mereka jadi agen of change," Chief Corporate Affairs Officer AXA Indonesia, Benny Waworuntu, mengatakan di Bandung, Senin (12/11/2018)

Ditemui seusai mengisi acara "Program Cerdik Digital" di Kampus Unikom Bandung, Benny mengatakan salah satu hal yang harus diperhatikan terkait potensi kaum milenial tersebut adalah peningkatan pemahaman atas salah satu produk jasa keuangan tersebut.

"Memang semuanya tengah membidik, karena sepertiga penduduk Indonesia itu milenial, ini kan perlu edukasi akan pentingnya asuransi," katanya.

Pihaknya mengakui bahwa inklusi produk keuangan seperti asuransi yang masih rendah namun seiring dengan perkembangan teknologi digital, pihaknya berharap bisa lebih membuka perspektif baru masyarakat.

"Oleh karena itu, kita mengintensifkan edukasi terhadap generasi milenial untuk lebih paham dengan perencanaan keuangan," katanya.

Kota Bandung, lanjut Benny, sudah lama dikenal sebagai salah satu pusat kreativitas di Indonesia yang dimotori oleh generasi muda atau milenial.

"Potensi inilah yang menjadi salah satu alasan kami untuk memperkenalkan Program Cerdik Digital bagi generasi milenial di Bandung," kata dia kepada awak media.

"Lebih lanjut ia mengatakan AXA Indonesia melalui program Cerdik Digital mengajak para milenial di Bandung untuk mengenal lebih dalam mengenai perencanaan keuangan dan pelatihan kewirausahaan digital yang sesuai dengan program kewirausahaan di masing-masing universitas," katanya.

Sementara itu, Direktur Mandiri AXA General Indonesia, Eddy Alfian menambahkan bahwa asuransi di Indonesia masih bersifat "keterpaksaan" yakni karena terkena program paketan produk perbankan seperti kredit kendaraan dan kepemilikan rumah.

"Sehingga, asuransi yang dipilih pun masih terbatas dan dari 76 perusahaan asuransi, masyarakat lebih banyak menggunakannya untuk properti dan kendaraan. Khusus kendaraannya, begitu lunas tak dilanjutkan lagi," katanya.

Menurut Eddy, untuk menjaring generasi milenial memang harus disikapi secara matang termasuk produk yang memberikan kemudahan.  "Satu yang kemungkinan kita jajagi adalah travelling insurance," katanya.

Direktur Lembaga Jasa Keuangan 2 dan Manajemen Strategis Kantor Regional 2 OJK, Lasdini Purwanti menyebutkan tingkat pemanfaatan asuransi di Indonesia hingga saat ini memang belum optimal.

"Sehingga kami menyakini kehadiran generasi milenial terutama yang identik dengan penggunaan teknologi digital dapat memperbaiki kondisi tersebut," kata Lasdini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Skandinavia

Sabtu, 15 Desember 2018 - 21:02 WIB

Lakukan Serah Terima Kunci, Apartemen Skandinavia Sudah Siap Dihuni

Puluhan unit apartemen Skandinavia telah mulai diserah terimakan sejak 11 December 2018. Setiap harinya mulai tanggal tersebut, PT Pancakarya Griyatama selaku pengembang Skandinavia apartemen,…

Taman Krueng Daroy

Sabtu, 15 Desember 2018 - 20:42 WIB

Krueng Daroy Contoh Baik Program Kolaborasi Penataan Kawasan di Banda Aceh

Keberhasilan penataan kawasan yang dilaksanakan secara paralel dengan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) yang digulirkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bertujuan untuk…

BRIsyariah berpartisipasi di ISEF

Sabtu, 15 Desember 2018 - 20:25 WIB

Festival Ekonomi Syariah Sepakati Bisnis Senilai Rp 6,75 Triliun

Bank Indonesia menyebutkan selama penyelenggaraan Festival Ekonomi Syariah Indonesia (Indonesia Sharia Economic Festival/ISEF) pada 11-15 Desember 2018 terjadi kesepakatan bisnis para pelaku…

i Synergy Group Limited platform pemasaran afiliasi asal Malaysia mengucurkan investasi senilai 42 juta dolar Australia untuk mengembangkan afiliasi pemasaran dan business training centrenya di Indonesia

Sabtu, 15 Desember 2018 - 19:32 WIB

Jaring Pelaku E-commerce, i Synergy Luncurkan Bisnis Pemasaran Afiliasi

Semarak dunia digital dan ramainya lini e-commerce pun tersaji di negeri ini. Sebuah era baru yang begitu dinamis sekaligus menantang. Karenanya, i Synergy Group Limited platform pemasaran afiliasi…

Generasi Wonderful Indonesia (GenWI) Tiongkok promosikan 10 Bali Baru (Foto: Kemenpar)

Sabtu, 15 Desember 2018 - 18:05 WIB

Lewat Pagelaran Budaya, GenWI Tiongkok Promosikan 10 Bali Baru

Sebuah terobosan dilakukan Generasi Wonderful Indonesia (GenWI) Tiongkok. Bekerja sama dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia di Tiongkok (PPIT) cabang Chongqing dan ranting Chengdu, GenWI Tiongkok…