GE Healthcare Resmikan Pemasangan 1000 CT Scan di Kawasan Asia Tenggara

Oleh : Kormen | Senin, 12 November 2018 - 19:54 WIB

GE
GE

INDUSTRY.co.id -Bekasi-GE Healthcare, penyedia teknologi dan solusi kesehatan, terus berkomitmen dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia. Kali ini bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional yang jatuh setiap 12 November, GE Healthcare meresmikan pemasangan Computerized Tomography Scan (CT Scan) yang ke-1000 se-Asia Tenggara, tepatnya berada di Departemen Radiologi OMNI Hospital Pekayon, Bekasi Selatan, Jawa Barat.

Teknologi CT Scan sebagai penunjang layanan kesehatan memegang peranan yang penting dalam mendeteksi berbagai penyakit termasuk di dalamnya penyakit tidak menular seperti kanker, penyakit jantung, stroke, gangguan ginjal, hipertensi dan lain sebagainya. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas 2018), prevalensi penyakit tidak menular mengalami peningkatan signifikan dibandingkan dengan tahun 2013. Adapun prevalensi kanker naik dari 1,4% menjadi 1,8%; stroke naik dari 7% menjadi 10,9%; penyakit ginjal kronik naik dari 2% menjadi 3,8%; dan berdasarkan hasil pengukuran tekanan darah, hipertensi naik dari 25,8% menjadi 34,1%. Oleh karena itu, pemerintah merekomendasikan deteksi dini sebagai bagian dari upaya pencegahan penyakit tidak menular, sekaligus bagian dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang diluncurkan oleh pemerintah pada tahun 2016.

Putty Kartika, Country Director, GE Healthcare Indonesia, mengatakan, seiring dengan meningkatnya angka kejadian penyakit tidak menular dan kebijakan JKN/BPJS dari pemerintah, GE Healthcare meneruskan komitmennya dalam upaya meningkatkan akses layanan kesehatan. Melalui teknologi CT Scan, dokter dapat mendeteksi dini penyakit tidak menular dalam diri pasien, sehingga penanganan dapat dilakukan sejak awal dan mencegah penyakit berkembang menuju fase yang lebih serius.”

Menurut Putty Kartika menjelaskan, “Dari 1000 CT Scan se-Asia Tenggara, 30% alat terpasang di rumah sakit seluruh Indonesia, termasuk di OMNI Hospitals Pekayon. Teknologi CT Scan GE Healthcare juga telah membantu 5 juta pasien di seluruh Indonesia. Jumlah pasien terbantu ini tentunya akan terus bertambah, seiring dengan berjalannya kerja sama baik antara GE Healthcare dan OMNI Hospitals Pekayon.

"Kami berharap teknologi CT Scan ini bermanfaat bagi masyarakat Indonesia dalam mendeteksi dan mencegah timbulnya penyakit tidak menular. Kami percaya perilaku deteksi dini secara rutin merupakan investasi jangka panjang bagi suatu negara, karena terbukti mampu mengangkat status negara menjadi negara dengan penduduk yang sehat dan produktif,”ujarnya.

Hassan Themas, Direktur OMNI Hospitals Group mengatakan, “PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME), pemilik dan pengelola OMNI Hospitals Group terus berkembang dengan menghadirkan unit rumah sakit baru tiap tahunnya. Rumah sakit terbaru adalah OMNI Hospitals Pekayon yang baru beroperasi pada 10 September lalu. OMNI Hospitals Pekayon dibangun untuk menjawab tingginya kebutuhan layanan kesehatan yang berkualitas di Kota Bekasi, dengan total investasi sebesar US$30 juta.”

Lebih lanjut Hassan Themas menyampaikan, “Kami memiliki hubungan kerjasama yang baik dengan GE Healthcare di ke-empat unit Rumah Sakit OMNI Hospitals Group, khususnya dalam menghasilkan solusi layanan kesehatan yang inovatif bagi OMNI Hospitals Group untuk masyarakat Indonesia. Untuk menunjang kualitas deteksi dini, OMNI Hospitals Pekayon telah menginstal perangkat medis berteknologi terkini, yaitu 128 slices CT Scan dari GE Healthcare. Mesin CT Scan ini menjadikan kami satu-satunya rumah sakit di Indonesia yang berkompeten dalam menjalankan prosedur Low Dose CT Scan (LDCT) dan Virtual Colonoscopy.”

dr. Rona Tiurani, Direktur OMNI Hospitals Pekayon, mengatakan, ”Tim medis OMNI Hospitals Group selalu berupaya memberikan solusi inovatif bagi masyarakat Indonesia dengan memanfaatkan fasilitas penunjang medis berteknologi terkini dalam mendeteksi dini penyakit jantung koroner dan penyakit kanker yang semakin meningkat di Indonesia melalui perangkat CT Scan yang memiliki kemampuan mendeteksi dini melalui pemeriksaan LDCT (Low Dose CT Scan) dan Virtual Colonoscopy.”

Low Dose CT Scan (LDCT) adalah pemeriksaan dini dengan alat CT Scan yang dapat mendeteksi kelainan paru termasuk kanker paru dan risiko penyakit jantung koroner (pemeriksaan calcium score) secara bersamaan dan dalam waktu relatif singkat kurang dari 10 menit dan dosis radiasi yang lebih rendah. Sedangkan Virtual Colonoscopy adalah layanan pemeriksaan deteksi dini dengan alat CT Scan yang dapat melihat keadaan usus besar dan organ sekitarnya secara 3 (tiga) dimensi, sehingga dapat mendeteksi kelainan didalam usus besar termasuk kecurigaan kanker usus besar tanpa perlu menggunakan endoskopi.

Pemeriksaan Virtual Colonoscopy ini merupakan alternatif apabila pasien merasa takut, tidak nyaman dan cemas atau memiliki kontraindikasi terhadap pemeriksaan kolonoskopi. Pasien tidak perlu dibius dan menggunakan kontras untuk pemeriksaan ini. Perangkat ini kini tersedia di seluruh unit rumah sakit OMNI Hospitals Group, termasuk OMNI Hospitals Pekayon.

Sekretaris Jenderal Perhimpunan Dokter Spesialis Radiologi Pusat (PDSRI), Dr. Vonny N. Tubagus, Sp.Rad(K) mengatakan, “Seiring berkembangnya teknologi, bidang kesehatan pun turut merasakan dampaknya dengan munculnya alat-alat medis yang canggih. Teknologi seperti CT Scan memegang peranan penting dalam alur penanganan pasien, terutama mempermudah dokter mendeteksi penyakit secara dini sebagai upaya preventif. Oleh karena itu, sangat krusial bagi rumah sakit dan para dokter untuk menerapkan peralatan medis berbasis teknologi untuk mendapatkan gambaran kondisi kesehatan secara komprehensif dan akurat, agar penanganan pasien dapat dilakukan dengan tepat dan efisien.”

Teknologi medis CT Scan mengambil porsi yang penting dalam rangkaian kegiatan pelayanan kesehatan. Keberhasilan deteksi kesehatan dini pada pasien akan sangat bergantung dari hasil pemindaian oleh CT Scan. Oleh karena itu, GE Healthcare hadir dengan solusi inovatif GE Healthcare CT Scan 128-slices.

Keunggulan produk ini adalah dirancang untuk mendukung berbagai macam pasien dan pemeriksaan, mulai dari trauma kompleks dan kasus jantung, hingga antrian pasien-pasien dari departement emergency (UGD dan IGD). GE Healthcare CT Scan 128-slices memiliki hasil pencitraan dengan resolusi tinggi (high resolution) yang dapat menampilkan detail hingga sekecil 0,28mm, dengan paparan radiasi rendah (low-dose), peningkatan low-contrast detectability,  dan image noise lebih rendah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…