AkzoNobel Dukung Pemerintah Kota Surabaya Lestarikan Warisan Budaya Kawasan Kota Lama

Oleh : Hariyanto | Senin, 12 November 2018 - 14:39 WIB

Walikota Surabaya, Tri Rismaharini
Walikota Surabaya, Tri Rismaharini

INDUSTRY.co.id - Surabaya - AkzoNobel, perusahaan cat dan pelapis global terkemuka serta produsen Dulux, menyatakan dukungan terhadap inisiatif Pemerintah Kota Surabaya untuk membangun wisata perkotaan (urban tourism) di Surabaya dengan ikut serta dalam kegiatan pelestarian bangunan cagar budaya di kawasan Kota Lama di Surabaya, Jawa Timur. Program ini diresmikan oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan.

Direktur, PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia), Irawan Bahtera mengatkan, dalam program Let’s Colour Indonesia, salah satu upaya dilakukan AkzoNobel adalah memelihara bangunan lama dan baru.

"Karena menghilangnya suatu warisan kota dapat menghilangkan identitas dari masyarakat setempat. Dengan melestarikan warisan kota, kita dapat menjadikan masa lalu sebagai bagian dari masa depan," kata Irawan melalui keterangan tertulis yang diterima INDUSTRY.co.id, Senin (12/11/2018).

Irawan percaya bahwa cagar budaya berperan dalam hubungan emosional dan ketahanan (resiliensi) manusia. Di masa lalu, kawasan Kota Lama Surabaya berfungsi sebagai pusat ekonomi dan pemerintahan.

"Di kawasan ini, terdapat banyak bangunan tua dan cagar budaya dengan nilai seni dan sejarah dalam pengembangan kota Surabaya," ucapnya.

Menurut Irawan, awasan ini juga dapat menjadi pusat pariwisata yang baik serta pusat daya tarik bagi wisatawan lokal maupun internasional dengan tetap membawa semangat kota Surabaya lama di tengah-tengah kota modern.

"Kami sangat senang dapat berkolaborasi kembali dengan Pemerintah Surabaya, bersama-sama dengan para pelaku industri. Dengan bergabung dalam upaya pelestarian Kota Lama ini, kami berharap dapat membantu melestarikan nilai sejarah kota, mengakomodasi pengembangan wisata perkotaan, dan kemungkinan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kawasan" ungkapnya.

Selama bertahun-tahun, program Let's Colour Indonesia secara konsisten terlibat dan mendukung berbagai pemangku kepentingan yang bertujuan untuk meningkatkan serta memperkaya kehidupan masyarakat dengan membantu memperindah tempat tinggal mereka melalui proyek dengan komunitas.

"Di Surabaya, kami telah bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surabaya dalam beberapa proyek seperti pengecatan kembali Balai Pemuda Surabaya, memperindah kawasan Kenjeran sebagai tempat wisata yang menarik melalui lukisan mural yang berwarna-warni, serta pengecatan area Tugu Pahlawan," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…