Industri Logistik Memerlukan Inovasi Teknologi

Oleh : Herry Barus | Senin, 12 November 2018 - 08:27 WIB

Ilustrasi Logistik di Indonesia (Foto:supplychainindonesia)
Ilustrasi Logistik di Indonesia (Foto:supplychainindonesia)

INDUSTRY.co.id - Surabaya- Perusahaan logistik membutuhkan inovasi teknologi untuk memperbaiki pelayanan, khususnya mempercepat pengiriman yang menggunakan berbagai moda transportasi seperti darat, laut dan udara, kata pimpinan dari sebuah perusahaan logistik ternama.

Pejabat Eksekutif Tertinggi atau "Chief Executive Officer" (CEO) PT Kamadjaja Logistics, Ivan Kamadjaja, menyatakan kepada awak media di Surabaya, Minggu (11/11/2018)  tidak memungkiri sektor usaha logistik turut terdampak oleh pesatnya perkembangan teknologi.

Sementara itu, dia mengungkapkan, sistem logsitik di Indonesia sampai sekarang masih belum efisien.

Ivan mengakui pemerintah sampai sekarang telah bekerja keras membangun infrastruktur di berbagai moda transportasi yang dilaluinya, seperti sudah banyak jalur darat yang terhubung jalan tol, serta tak lama lagi akan dioperasikan jalan tol Trans Jawa.

Selain itu pemerintah juga telah banyak membangun infrastruktur bandar udara dan pelabuhan di berbagai pelosok negeri.

Namun, dia menandaskan, dari berbagai infrastruktur yang telah dibangun tersebut, masing-masing memiliki otoritas pimpinan setingkat Dirjen sendiri-sendiri, sehingga untuk mengoordinasikannya jika terjadi kendala pengiriman logistik agak sulit.

"Sebenarnya kami berharap otoritas dari lintas sektoral itu bisa diminimalisasi. Tapi sangat sulit karena masing-masing terbentur dengan perundangundangan," katanya.

Dia berharap kendala seperti ini bisa dipecahkan melalui inovasi teknologi.

Untuk itu, bertepatan dengan ulang tahun PT Kamadjaja Logistics yang ke- 50, pihaknya mengundang anak-anak muda yang bergiat di bidang "startup digital" untuk berkompetisi menciptakan teknologi yang diharapkan dapat menyelesaikan berbagai masalah logistik melalui kegiatan "Hackathon Day", yang berlangsung di Surabaya selama dua hari, 10 - 11 November.

"Ada 171 anak muda yang mendaftar. Kami seleksi menjadi 50 peserta yang sejak kemarin hingga hari ini mengikuti Hackathon Day. Kebanyakan dari mereka tidak memiliki latar belakang bidang logistik. Tapi ide-idenya yang 'out of the box' dari bidang logistik justru sangat menarik," ujarnya.

Pihak PT Kamadjaja Logistics masih mempertimbangkan ide-ide kreatif dan inovatif terkait teknologi dari para peserta "Hackathon Day" yang akan dipakai untuk memperbaiki pelayanan dan mempercepat pengiriman logistik.

Ivan memastikan satu atau beberapa ide kreatif dari para peserta "Hackathon Day" tersebut nantinya dapat diwujudkan menjadi teknologi digital berupa aplikasi "online" atau dalam jaringan (daring) demi memperbaiki pelayanan dan mempercepat pengiriman logistik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…