Gali Kreatifitas dan Bakat Seni, SMA Presiden Cikarang Sukses Gelar Pensi Tahunan

Oleh : Hariyanto | Minggu, 11 November 2018 - 20:41 WIB

Pentas Seni SMA Presiden
Pentas Seni SMA Presiden

INDUSTRY.co.id - Cikarang - Guna menggali kreativitas dan bakat seni pada diri siswa, SMA Presiden (Boarding School) dengan "Prexordinary" didukung MNC Media  sebagai media partner, menggelar pentas seni (Pensi) tahunan yang dilaksanakan di Jababeka Education Park, Jalan Ki Hajar Dewantara, Kota Jababeka, Cikarang Baru, Kabupaten Bekasi, Sabtu (10/11/2018). 

Dikutip dari sindonews, kegiatan yang dihadiri ribuan pelajar ini menyuguhkan beragam penampilan , mulai dari menyanyi, dance, pertunjukkan angklung sampai orchestra. Sejumlah artis papan atas Tanah Air, seperti The Changcuters dan Yura Yunita, juga turut memeriahkan kegiatan tersebut.

Ketua Panitia Pensi Prexordinary, Natanel Ramoti mengatakan, kegiatan ini merupakan puncak dari kegiatan OSIS di SMA Presiden yang sudah ketiga kalinya diselenggarakan pihak sekolah.

”Ini pensi rutin setiap tahun. Tujuanya untuk menunjukkan bakat musik dan seni, seperti dance, nyanyi dan kreasi lain,” kata Natanel pada Sabtu (10/11/2018).

Selain penampilan dari peserta SMA Presiden, lanjut  Natanel, ada beberapa penampilan dari peserta lain di luar sekolah yang ikut menyumbang kemeriahan pensi tahunan tersebut. Misalnya dari Presiden Universitas, BPK Penabur dan beberapa lagi. ”Sebelum pensi, kita juga mengadakan seminar dan lomba olahrga,” ujarnya.

Menurutnya, panitia hanya membutuhkan waktu sekitar satu bulan untuk mempersiapkan pensi yang terbuka untuk umum ini. Mulai dari konsep acara hingga penggalangan dana, semua dibahas secara detail dan matang. Dia berharap kegiatan pensi SMA Presiden dapat semakin maju dan bertambah kreatif ke depannya.

Sementara, Kepala Sekolah SMA Presiden, Asep Sukendar mengatakan, kegiatan pensi tahunan merupakan gagasan para siswa yang didukung penuh oleh pihak sekolah. Terlebih kegiatan ini memiliki visi misi yang sejalan dengan sekolah.”Tujuan dari sekolah ini memang fokus di kepribadian dan kreativitas siswa. Pensi ini ajang kreativitas siswa,” ujarnya.

Asep menuturkan, selama ini pihak sekolah memberikan dispensasi kepada para siswanya untuk berkreasi dan mengembangkan bakat masing-masing. Meski demikian, pihak sekolah tetap akan memberikan bimbingan dan arahan, bilamana kreasi tersebut di luar daripada misi sekolah.”Kita beri kebebasan dalam mereka berkreasi,” tuturnya. 

Sebenarnya, lanjut dia, pengembangan potensi siswa dalam hal budaya dan kreativitas, sangat penting untuk didukung oleh pihak sekolah. Hal inilah yang sejak awal ditanamkan di SMA Presiden, bahwa siswa yang memiliki kompetensi di bidang budaya dan kesenian, tak kalah hebat dengan siswa yang memiliki kompetensi di bidang akademik.

”Filosofi yang kami buat, sebuah prestasi di sekolah itu tidak harus selalu akademik. Ada prestasi lain yang kadang-kadang dinomorduakan, seperti budaya. Orang pintar menyanyi, tapi karena kalah mentereng dengan olimpiade sains, akhirnya anak itu tidak bisa optimal. Padahal kompetensinya di bidang budaya bagus,” jelasnya.

Untuk itu, kata dia, dengan adanya kegiatan pensi ini, diharapkan dapat menjadi wadah kreativitas para siswa dalam mengembangkan potensi diri di bidang kesenian dan budaya. Sehingga, menjadi sebuah wadah kreativitas termasuk mungkin prestasi.”Syukur-syukur bisa prestisius, dan siswa bisa kreatif,” ucapnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…