Rentan Alami Stres, Beko Hadirkan Peralatan Rumah Tangga Freestanding untuk Generasi Sandwich

Oleh : Ridwan | Jumat, 09 November 2018 - 22:50 WIB

PT Beko Appliances Indonesia
PT Beko Appliances Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Generasia terjepit atau dikenal dengan generasi sandwich merupakan generasi yang terhimpit beban dua angkatan, yakni orang tua dan anak. Dengan demikian, generasi sandwich membawa tanggung jawab yang besar, mulai psikis hingga finansial.

Belum Iagi menjalankan beragam rutinitas, tak terkecuali pekerjaan rumah tangga sehari-hari, generasi ini rentan alami stres. Faktor lingkungan pendukung pun dinilai menjadi kunci generasi sandwich alami stres.

Berdasarkan riset yang dikeluarkan oleh American Psychology Assosiation menyatakan bahwa 2 (dua) dari 5 (lima) laki-laki dan 40 persen perempuan generasi sandwich merasakan stres berat.

Hal tersebut pun diakui oleh pakar psikologi Universitas Indonesia (UI) Vera Itabiliana. Menurutnya, generasi sandwich tidak mengenal jenis kelamin ataupun usia. Banyaknya peran membuat mereka harus membagi waktu, atensi, afeksi dan banyak aspek lainnya, untuk orang tua, anak, pasangan dan diri sendiri.

"Waktu yang terbatas membuat generasi sandwich terus merasa terburu-buru dalam menyelesaikan rutinitas harian, baik pekerjaan maupun urusan rumah tangga. Ini membuat hasil rutinitas mereka tidak sesuai harapan. Tak hanya penat dengan penuhnya aktivitas, kekecewaan dan perasaan gagal semakin menekan generasi sandwich yang jika berkelanjutan bisa menimbulkan gangguan kesehatan serius," ungkap Vera disela media gathering Beko 'Generasi Sandwich, Milenial dan Stres Rutinitas Harian' di Jakarta, Jumat (9/11).

Dengan beranjaknya usia, tambah Vera menambahkan, sebagian generasi milenial pun berpindah ke fase pernikahan dan memiliki anak. Karakter mereka yang khas menambah tekanan bagi para milenial ketika menyandang posisi sebagai generasi sandwich. Sebab, milenial memiliki kecenderungan untuk terlibat langsung atau hands on, termasuk ketika mereka sudah berkeluarga.

"Mereka merasa lebih puas ketika bisa menyelesaikan sendiri suatu pekerjaan. Tak mengherankan, generasi sandwich mengalami risiko kerentanan stres yang lebih besar lagi," terangnya.

Sebagai solusi, Vera menekankan krusialnya peran lingkungan pendukung bagi generasi sandwich. Menciptakan lingkungan pendukung yang dapat diandalkan menjadi kunci untuk membantu meringankan tekanan yang dihadapi generasi sandwich. Caranya, dengan mengoptimaikan sumber daya yang ada di kediaman.

"Sumber daya ini tidak harus pasangan, asisten rumah tangga, atau sopir dan sebagainya. Bahkan, alat bantu seperti peralatan rumah tangga, juga bisa diposisikan menjadi bagian dari lingkungan pendukung yang dapat diandalkan tadi," jelasnya.

Sementara itu, country General manager PT Beko Appliances Indonesia, Ali Cagri Gonculer, menambahkan keterbatasan waktu membuat generasi sandwich semakin tertekan karena merasa tidak mampu memenuhi tanggung jawab terhadap dua angkatan penghimpitnya termasuk menyelesaikan rutinitas rumah tangga harian.

Studi dari Society for Personality and Social Psychology menyebut adanya peningkatan hormon kortisol pada perempuan yang sudah berkeluarga ketika hunian dalam keadaan berantakan.

Untuk itu, lanjut Gonculer, Beko menghadirkan solusi yang bisa menjadi sumber daya pendukung di lingkungan rumah, utamanya guna mengoptimalkan waktu mereka. Terlebih bagi generasi sandwich Indonesia di kota-kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya.

Karenanya, lanjut Gonculer, rangkaian peralatan rumah tangga itu mengedepankan efesiensi dan kualitas, serta fungsi unggul berbasis teknologi Eropa yang memungkinkan generasi sandwich menyelesaikan rutinitas harian dengan Iebih optimal.

"Dengan berkurangnya stres, maka generasi sandwich bisa mengatur perhatian Iebih bagi keluarga dan diri sendiri,” tutup dia. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 10:12 WIB

Kemenperin Bahas Langkah Strategis Kurangi Emisi Industri di Business Forum Hannover Messe 2024

Sektor industri merupakan salah satu kontributor besar penghasil emisi. Karenanya, kebijakan transisi energi Indonesia dalam mengurangi emisi di sektor industri harus dilaksanakan dengan mengutamakan…

Speaker HiFi Audivo PHS 6A dengan Suara Jernih dan Detail

Kamis, 25 April 2024 - 10:08 WIB

Speaker HiFi Audivo PHS 6A dengan Suara Jernih dan Detail

Menemukan cara untuk meningkatkan mood, menikmati waktu untuk diri sendiri, dan meningkatkan produktivitas merupakan elemen penting dalam kehidupan sehari-hari. POLYTRON memahami hal ini dengan…

Bukukan Kinerja Gemilang di 2023, Hartadinata Optimis Semakin Bertumbuh

Kamis, 25 April 2024 - 10:02 WIB

Bukukan Kinerja Gemilang di 2023, Hartadinata Optimis Semakin Bertumbuh

PT Hartadinata Abadi Tbk (kode saham: ‘’HRTA’’), perusahaan manufaktur perhiasan emas dan emas batangan terintegrasi Indonesia, dengan bangga mengumumkan kinerja yang gemilang di tahun…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (Foto: Dok. Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 10:00 WIB

Cetak SDM Industri yang Kompeten, Kemenperin Kembali Buka Program JARVIS

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berperan aktif dalam mencetak dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing sektor indusri…

Mengontrol Kualitas Udara dan Konsumsi Energi: AC Smart Neuva Pro Solusi Pendingin Udara Modern

Kamis, 25 April 2024 - 09:53 WIB

Mengontrol Kualitas Udara dan Konsumsi Energi: AC Smart Neuva Pro Solusi Pendingin Udara Modern

Air conditioner (AC) modern tidak hanya memberikan pendinginan yang cepat dan efisien, tetapi juga memperkaya pengalaman hidup dan kenyamanan aktivitas di dalam ruangan. Dengan teknologi terkini…