Indonesia Tuan Rumah Penutupan Festival Film Asia

Oleh : Irvan AF | Senin, 20 Februari 2017 - 07:46 WIB

Asosiasi Produser Film Sebut Industri Bioskop Masih Kekurangan Layar
Asosiasi Produser Film Sebut Industri Bioskop Masih Kekurangan Layar

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Konsulat Jenderal RI Jeddah mendapat kehormatan menjadi tuan rumah penutupan Festival Film Asia X yang dihelat oleh Asian Consuls General Club (ACGC) di Balai Nusantara, Wisma Konsul Jenderal RI Jeddah.

Ajang kebudayaan tahunan yang diikuti oleh perwakilan 13 negara Asia di Jeddah yang tergabung dalam ACGC tersebut dimulai sejak 23 Januari dan berakhir Jumat (17/2) malam, menurut siaran pers yang diterima di Jakarta pada Minggu (19/2/2017) malam.

Festival itu dimeriahkan dengan penyelenggaraan Asian Food Festival yang menyajikan aneka kuliner dari Bangladesh, Brunei Darussalam, China, Filipina, Indonesia, India, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Pakistan, Singapura, dan Thailand.

Lebih dari 300 tamu undangan yang terdiri atas para Konsul Jenderal dan staf dari 13 negara anggota ACGC serta para mitranya, kalangan sineas dan para awak media hadir dalam acara penutupan festival.

Malam puncak penutupan festival dibuka dengan penampilan tarian bertajuk Gebyar Kreasi Nusantara yang dibawakan oleh kelompok tari dari siswa-siwa Sekolah Indonesia Jeddah, pemutaran fillm dokumenter pariwisata "Wonderful Indonesia" dan dilanjutkan dengan pemutaran film Indonesia.

Dalam sambutan pembukaan acara, Konjen RI Jeddah Mohamad Hery Saripudin mengapresiasi kerja keras dan koordinasi yang baik dari Konsulat Jenderal Malaysia selaku koordinator ACGC 2017, sehingga kegiatan yang berlangsung selama dua pekan ini berlangsung sukses.

Tujuan dari penyelenggaraan Asian Film Festival ini bukan semata untuk memperkenalkan industri perfilman dari 13 negara Asia, tetapi juga untuk menyajikan potret kebudayaan dan nilai-nilai yang dianut oleh negara-negara itu, katanya.

"Dengan saling mengenal kebudayaan dan nilai-nilai kita masing-masing, kita dapat memperkaya wawasan dan sikap pandang kita, sehingga dapat memperkuat sikap saling pengertian di antara kita," kata Hery.

Konsul Jenderal Malaysia, Mohammad Ali bin Selamat, menyatakan dalam sambutannya bahwa pihaknya selaku koordinator ACGC tahun 2017 telah menyiapkan stan makanan untuk 13 negara anggota ACGC, menyajikan selera khas Asia dengan menu-menu pilihan terbaik yang akan memanjakan para tamu undangan.

Suasana semakin meriah di penghujung acara dengan penarikan kupon undian berhadiah yang dibagi-bagikan kepada para tamu saat melakukan registrasi di bagian penerimaan tamu. Dilanjutkan dengan pemotongan pita oleh Koordinator ACGC yang didampingi oleh seluruh Konsul Jenderal dari negara-negara anggota ACGC, sebagai tanda dimulainya kegiatan Festival Kuliner Asia atau Asian Food Festival 2017. Stand Indonesia pada festival kuliner kali ini menyajikan Nasi Tumpeng yang dihiasi dengan aneka ragam lauk-pauk, jajanan tradisional dan minuman khas Indonesia wedang jahe.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT.Bumi Serpong Damai Tbk. (PTBSD)

Minggu, 22 Juli 2018 - 15:45 WIB

Per Juni 2018, Marketing Sales Bumi Serpong Damai Alami Lonjakan 50%

Penjualan pemasaran (marketing sales) PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) tercatat sebesar Rp3,8 triliun pada paruh pertama 2018, melonjak 50% dibandingkan dengan realisasi marketing sales di periode…

Inarno Djayadi Dirut BEI (Foto Tribunnews)

Minggu, 22 Juli 2018 - 15:15 WIB

BEI Bakal Percepat Periode Penyelesaian Transaksi Bursa Jadi T Plus Dua

Manajemen Bursa Efek Indonesia (BEI) akan mempercepat periode penyelesaian (settlement) transaksi bursa dari T+3 menjadi T+2. Itu artinya, penyelesaian transaksi saham hingga penyerahan barang…

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 15:03 WIB

Gelombang Ekstrem Masih Terjadi Seminggu ke Depan

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksikan gelombang laut dengan ketinggian 2,5 meter hingga empat meter atau dalam kategori ekstrem dan berbahaya masih akan terjadi dalam…

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 14:58 WIB

DirjenPAS Akui Kejadian di Lapas Sukamiskin Masalah Serius

Direktur Jenderal Pemasyarakatan (DirjenPAS) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sri Puguh Budi Utami mengatakan kejadian operasi tangkap tangan (OTT) di Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin,…

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 14:54 WIB

DirjenPas Akui Fasilitas Tak Standar di Lapas Sukamiskin

Direktur Jenderal Pemasyarakatan (DirjenPAS) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sri Puguh Budi Utami membenarkan adanya fasilitas bagi narapidana korupsi yang tidak sesuai standar di Lembaga…