Indonesia Tuan Rumah Penutupan Festival Film Asia

Oleh : Irvan AF | Senin, 20 Februari 2017 - 07:46 WIB

Asosiasi Produser Film Sebut Industri Bioskop Masih Kekurangan Layar
Asosiasi Produser Film Sebut Industri Bioskop Masih Kekurangan Layar

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Konsulat Jenderal RI Jeddah mendapat kehormatan menjadi tuan rumah penutupan Festival Film Asia X yang dihelat oleh Asian Consuls General Club (ACGC) di Balai Nusantara, Wisma Konsul Jenderal RI Jeddah.

Ajang kebudayaan tahunan yang diikuti oleh perwakilan 13 negara Asia di Jeddah yang tergabung dalam ACGC tersebut dimulai sejak 23 Januari dan berakhir Jumat (17/2) malam, menurut siaran pers yang diterima di Jakarta pada Minggu (19/2/2017) malam.

Festival itu dimeriahkan dengan penyelenggaraan Asian Food Festival yang menyajikan aneka kuliner dari Bangladesh, Brunei Darussalam, China, Filipina, Indonesia, India, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Pakistan, Singapura, dan Thailand.

Lebih dari 300 tamu undangan yang terdiri atas para Konsul Jenderal dan staf dari 13 negara anggota ACGC serta para mitranya, kalangan sineas dan para awak media hadir dalam acara penutupan festival.

Malam puncak penutupan festival dibuka dengan penampilan tarian bertajuk Gebyar Kreasi Nusantara yang dibawakan oleh kelompok tari dari siswa-siwa Sekolah Indonesia Jeddah, pemutaran fillm dokumenter pariwisata "Wonderful Indonesia" dan dilanjutkan dengan pemutaran film Indonesia.

Dalam sambutan pembukaan acara, Konjen RI Jeddah Mohamad Hery Saripudin mengapresiasi kerja keras dan koordinasi yang baik dari Konsulat Jenderal Malaysia selaku koordinator ACGC 2017, sehingga kegiatan yang berlangsung selama dua pekan ini berlangsung sukses.

Tujuan dari penyelenggaraan Asian Film Festival ini bukan semata untuk memperkenalkan industri perfilman dari 13 negara Asia, tetapi juga untuk menyajikan potret kebudayaan dan nilai-nilai yang dianut oleh negara-negara itu, katanya.

"Dengan saling mengenal kebudayaan dan nilai-nilai kita masing-masing, kita dapat memperkaya wawasan dan sikap pandang kita, sehingga dapat memperkuat sikap saling pengertian di antara kita," kata Hery.

Konsul Jenderal Malaysia, Mohammad Ali bin Selamat, menyatakan dalam sambutannya bahwa pihaknya selaku koordinator ACGC tahun 2017 telah menyiapkan stan makanan untuk 13 negara anggota ACGC, menyajikan selera khas Asia dengan menu-menu pilihan terbaik yang akan memanjakan para tamu undangan.

Suasana semakin meriah di penghujung acara dengan penarikan kupon undian berhadiah yang dibagi-bagikan kepada para tamu saat melakukan registrasi di bagian penerimaan tamu. Dilanjutkan dengan pemotongan pita oleh Koordinator ACGC yang didampingi oleh seluruh Konsul Jenderal dari negara-negara anggota ACGC, sebagai tanda dimulainya kegiatan Festival Kuliner Asia atau Asian Food Festival 2017. Stand Indonesia pada festival kuliner kali ini menyajikan Nasi Tumpeng yang dihiasi dengan aneka ragam lauk-pauk, jajanan tradisional dan minuman khas Indonesia wedang jahe.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk (BEST (Foto Ist)

Jumat, 24 November 2017 - 18:42 WIB

Penjualan Tanah Bekasi Fajar Industrial Estate Telah Lampaui Target 2017

PT Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk (BEST), perusahaan pengelola kawasan industri MM2100, hingga akhir November 2017 telah menjual lahan seluas 42 hektar. Padahal target penjualan tanah 2017…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto didampingi Sekjen Kemenperin Haris Munandar

Jumat, 24 November 2017 - 18:09 WIB

2018, Pertumbuhan Manufaktur Masih Ditopang Sektor Konsumsi

Industri makanan dan minuman diproyeksi masih menjadi salah satu sektor andalan penopang pertumbuhan manufaktur dan ekonomi nasional pada tahun depan. Peran penting sektor strategis ini terlihat…

Menuju Holding BUMN Industri Pertambangan

Jumat, 24 November 2017 - 18:00 WIB

Holding Tambang akan Resmi Efektif Akhir November

Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno mengatakan Holding BUMN Tambang akan resmi efektif mulai akhir November 2017.

PT Vivo Energy Indonesia (Ist)

Jumat, 24 November 2017 - 17:30 WIB

Vivo Energy Indonesia Akan Bangun 3 Kilang Minyak di Indonesia

PT Vivo Energy Indonesia semakin serius menggarap bisnis hilir migas dengan membangun sebanyak 3 kilang minyak di Indonesia mulai tahun depan.

Kikan Terlibat Drama Musikal Kolosal Tekad Indonesia Jaya,

Jumat, 24 November 2017 - 17:16 WIB

Demi Perannya di Drama Kolosal Kikan Ingin Dibenci Setengah Mati

Demi Penghayatan perannya dalam Drama Kolosal yang bertajuk Tekad Indonesia Jaya yang akan dipentaskan di The Kasablanka Hall Kuningan Jakarta Selatan, Sabtu 25 November 2017 pukul 20.00 WIB,…