OJK Optimis Realisasi KUR Papua Capai Target

Oleh : Herry Barus | Jumat, 09 November 2018 - 06:25 WIB

OJK
OJK

INDUSTRY.co.id - Jayapura- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Papua mengaku optimisTIS realisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) di daerah tersebut akan mencapai target tahunan sebesar Rp1,1 triliun.

Kepala OJK Papua Misran Pasaribu, di Jayapura, Kamis (8/11/2018) menyebut berdasarkan data dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) hingga 5 November 2018 realisasi KUR di Papua telah mencapai Rp796,246 miliar.

Menurut dia, dengan sisa waktu yang ada, pihak perbankan yang menyalurkan KUR dipastikan akan bekerja keras menyalurkan platform yang tersisa untuk keperluan pembiayaan dunia usaha.

"Masih ada sekitar sau setengah bulan lebih, jadi masih cukup waktu untuk mengejarnya," kata dia.

Ia menjelaskan data penyaluran KUR yang dimiliki Kanwil DJPb Papua belum tentu sama dengan yang dipegang pihak perbankan karena biasanya belum seluruh pembiayaan yang disalurkan sudah dimasukan ke dalam Sistem Informasi Kredit Program (SIKP).
 

Misran meyakini jumlah data penyaluran KUR yang dipegang perbankan lebih tinggi dibandingkan yang dimiliki DJPb Papua.

Tetapi, ia juga menyoroti sisi kualitas penyaluran KUR yang hingga kini belum pernah dilakukan evaluasi.

Ia berharap penyaluran KUR yang sangat baik dari sisi kuantitas juga diikuti dari sisi kualitas sehingga apa yang diinginkan pemerintah agar produk tersebut bisa mendorong perekonomian dari tingkatan bawah, bisa tercapai.

Sebagai informasi, dari data yang dimiliki Kanwil DJPb Papua, penyaluran KUR tersebut kini disalurkan kepada 21.842 kreditur. Penyaluran tertinggi di sektor mikro dan makro dilakukan oleh BRI Rp399,901 miliar dan Rp154,659 miliar. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Jumat, 16 November 2018 - 19:31 WIB

Presiden Jokowi: Masyarakat Merauke Tetap Jaga Kerukunan

Presiden Joko Widodo seusai sholat Jumat di Masjid Raya Al-Aqsha, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, berpesan kepada masyarakat agar tetap menjaga kerukunan.

Agus Santoso , Komisaris Utama Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co,id)

Jumat, 16 November 2018 - 19:17 WIB

Agus Santoso Pensiun Dari Dirjen Perhubungan Udara Jauh Sebelum Tragedi Lion Air JT 610

PT Garuda Indonesia Tbk. angkat bicara terkait adanya misinformation terkait dengan pelantikan Polana Banguningsih Pramesti sebagai pejabat tetap Dirjen Hubungan Udara, pada Senin (12/11/2018)…

 Lembaga riset Institute for Development of Economics and Finance (Indef) (FotoIst)

Jumat, 16 November 2018 - 19:11 WIB

Sejumlah Catatan Terhadap Paket Kebijakan Ekonomi XVI

Peneliti dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Abra Talattov mengkritisi Paket Kebijakan Ekonomi XVI yang baru saja diterbitkan pemerintah di Kompleks Istana Kepresidenan…

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution

Jumat, 16 November 2018 - 17:47 WIB

Ini Dia Isi Paket Kebijakan Ekonomi Jilid 16

Kementerian Koordinator bidang Perekonomian hari ini, Jumat (16/11/2018) kembali mengeluarkan paket kebijakan ke-16.

 PT Aplikanusa Lintasarta sebagai perusahaan penyedia jasa internet dan IT Services membangun Badung Command Center (BCC) Kidung Mangupura dan data center yang diresmikan Jumat (16/11/2018).

Jumat, 16 November 2018 - 16:51 WIB

Punya Data Center Kabupaten Badung Bali Menuju Smart City

PT Aplikanusa Lintasarta sebagai perusahaan penyedia jasa internet dan IT Services membangun Badung Command Center (BCC) Kidung Mangupura dan data center yang diresmikan Jumat (16/11/2018).