OJK Optimis Realisasi KUR Papua Capai Target

Oleh : Herry Barus | Jumat, 09 November 2018 - 06:25 WIB

OJK
OJK

INDUSTRY.co.id - Jayapura- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Papua mengaku optimisTIS realisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) di daerah tersebut akan mencapai target tahunan sebesar Rp1,1 triliun.

Kepala OJK Papua Misran Pasaribu, di Jayapura, Kamis (8/11/2018) menyebut berdasarkan data dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) hingga 5 November 2018 realisasi KUR di Papua telah mencapai Rp796,246 miliar.

Menurut dia, dengan sisa waktu yang ada, pihak perbankan yang menyalurkan KUR dipastikan akan bekerja keras menyalurkan platform yang tersisa untuk keperluan pembiayaan dunia usaha.

"Masih ada sekitar sau setengah bulan lebih, jadi masih cukup waktu untuk mengejarnya," kata dia.

Ia menjelaskan data penyaluran KUR yang dimiliki Kanwil DJPb Papua belum tentu sama dengan yang dipegang pihak perbankan karena biasanya belum seluruh pembiayaan yang disalurkan sudah dimasukan ke dalam Sistem Informasi Kredit Program (SIKP).
 

Misran meyakini jumlah data penyaluran KUR yang dipegang perbankan lebih tinggi dibandingkan yang dimiliki DJPb Papua.

Tetapi, ia juga menyoroti sisi kualitas penyaluran KUR yang hingga kini belum pernah dilakukan evaluasi.

Ia berharap penyaluran KUR yang sangat baik dari sisi kuantitas juga diikuti dari sisi kualitas sehingga apa yang diinginkan pemerintah agar produk tersebut bisa mendorong perekonomian dari tingkatan bawah, bisa tercapai.

Sebagai informasi, dari data yang dimiliki Kanwil DJPb Papua, penyaluran KUR tersebut kini disalurkan kepada 21.842 kreditur. Penyaluran tertinggi di sektor mikro dan makro dilakukan oleh BRI Rp399,901 miliar dan Rp154,659 miliar. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Waskita Karya Tbk (WSKT) (Foto Ist)

Jumat, 18 Januari 2019 - 08:30 WIB

Waskita Karya Targetkan Total Kontrak Baru Rp55 Triliun

PT Waskita Karya (Persero) Tbk atau Waskita Karya akan menargetkan total kontrak baru sekitar Rp55 triliun selama tahun 2019.

Band Saint Loco Formasi Baru bersama Produser Nagaswara, Rahayu Kertawiguna

Jumat, 18 Januari 2019 - 08:28 WIB

Band Saint Loco Muncul Lagi Dengan Format Musik Lebih Segar

Lama menghilang Grup band Saint Loco eksis lagi. Grup band aliran hiprock itu baru saja merilis single berjudul Nakal diawal tahun 2019 ini. Grup band yang kini beranggotakan, Berry Manoch (Rapper),…

Joe Taslim Jadi Pemain Sekaligus Produser Film "Hit N Run"

Jumat, 18 Januari 2019 - 08:06 WIB

Joe Taslim Produseri Sekaligus Bintangi Film Hit N Run Bergenre Aksi Komedi

Di tengah maraknya film bergenre horor dan drama, munculnya sebuah film bergenre Aksi Komedi tentu bakal menarik perhatian. Itulah yang ditawarkan oleh Screenplay Films yang bekerjasama dengan…

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Jumat, 18 Januari 2019 - 06:18 WIB

Kaltara Eksport Beras dan Krayan ke Malaysia

Jakarta - Padi Adan adalah salah satu komoditi yang menjadi andalan dari wilayah perbatasa Krayan Prop.Kaltara. Padi Adan sendiri merupakan bibit lokal hasil budidaya masyarakat di dataran tinggi…

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Jumat, 18 Januari 2019 - 06:01 WIB

Segera Luncurkan Beras Basmati Asli Indonesia, Kementan: Beras Kita Layak Ekspor

Sukamandi - Kementerian Pertanian direncanakan akan merilis varietas beras basmati asli Indonesia pada pertengahan Februari nanti. Beras basmati selama ini dikenal sebagai beras aromatik asal…