Citibank Raih Laba Rp1,4 Triliun, Turun 21 Persen

Oleh : Herry Barus | Kamis, 08 November 2018 - 18:04 WIB

Chief Executive Officer Citibank N.A Indonesia Batara Sianturi dua dari kiri.
Chief Executive Officer Citibank N.A Indonesia Batara Sianturi dua dari kiri.

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Citibank N.A Indonesia memperoleh laba bersih hingga Rp1,4 triliun per  kuartal III 2018, turun 21 persen dibandingkan periode sama 2017 yang sebesar Rp1,9 triliun.

Chief Executive Officer Citibank N.A. Indonesia, Batara Sianturi, di Jakarta, Kamis (8/11/2018)  mengatakan  penurunan laba lebih karena aksi hati-hati korporasi dengan melakukan pencadangan kerugian tahun ini. Sementara pada 2017, bank yang berkantor pusat di New York, AS itu menikmati menebalnya laba karena cadangan kerugian dikembalikan ke pendapatan.

"Yang dicadangkan enggak jadi dipakai, dibalikkan sehingga membuat profit tahun lalu besar, dan karena dilakukan di kuartal pertama jadi pengaruhnya di kuartal II, III bahkan sampai nanti kuartal IV," kata Batara.

Menurut Batara, meski terjadi penurunan laba, kinerja Citibank masih relatif baik dan sejalan dengan Rencana Bisnis Bank. Terlebih Citibank juga harus mengantisipasi tekanan dari  volatilitas pasar keuangan.

Pertumbuhan kredit Citibank hingga akhir kuartal III 2018 sebesar 22 persen (tahun ke tahun) menjadi Rp48,5 triliun yang didorong oleh pertumbuhan pada lini bisnis perbankan institusional (Institutional Banking), yang didominasi pinjaman dari sektor keuangan, pertambangan, dan manufaktur.

Pertumbuhan kredit itu juga sejalan dengan Dana Pihak Ketiga yang tumbuh 10 persen, sehingga rasio kredit ke pendanaan sebesar 76,5 persen.

Adapun rasio Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) sebesar 23,95 persen, sedangkan kualitas aset tercermin dari rasio kredit bermasalah (Non Performing Loan/NPL) yang sebesar 2,37 persen (gross) dan 0,70 persen (netto).

Menurut Batara, untuk semakin meningkatkan kinerja perusahaan, pihaknya akan fokus untuk mengembangkan layanan digital pada 2019 untuk menyasar perilaku konsumen perbankan yang sudah berubah.

"Tujuan akhir dari pengembangan digital banking adalah mewujudkan 100 persen transaksi bisa dilakukan melalui 'mobile banking'," kata dia.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019 (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 21:00 WIB

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendukung penuh gelaran Super League Triathlon 2019, ajang unjuk kebugaran melalui olahraga multicabang yang digelar di Pulau Dewata, Bali, pada 23 – 24 Maret…

Presiden Jokowi disaksikan sejumlah pembalap mencoba salah satu motor balap, di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Senin (11/3) sore. (Foto: Agung/Humas)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 20:00 WIB

Jelang GP 2021, Presiden Jokowi Tingkatkan Pembangunan Jalan-Runway Bandara

Balapan MotoGP akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2021. Jelang ajang kejuaraan dunia balap motor itu, Presiden Joko Widodo mengatakan ada tiga…

Askrindo Peduli

Sabtu, 23 Maret 2019 - 19:22 WIB

Askrindo Peduli Lingkungan Bersama Kelurahan Kwitang

JAKARTA - Dalam rangka memperingati HUT BUMN Bersama, dan HUT PT Askrindo (Persero) yang ke-48 dilaksanakan kegiatan peduli lingkungan bersama di wilayah Kelurahan Kwitang.

kiri-Kanan) Ketua Forwarker–PWKI Edi Hardum, Direktur Pelayanan Advokasi untuk Keadilan dan Perdamaian Indonesia(Padma) Indonesia Gabriel Goa dan Pengamat Ketenagakerjaan dan Jaminan Sosial, Timboel Siregar.

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:32 WIB

Kartu Prakerja, Jurus Jokowi Selamatkan Pengangguran

Ciloto- Program calon Presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) mengenai kartu prakerja yang akan diluncurkan jika terpilih kembali menjadi Presiden di pemilihan Presiden 17 April 2019, patut didukung…

IKIMURA GROUP (Industry/foto: Herlambang)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:20 WIB

Gemilang di Tahun Lalu, PT Ikimura Group Bidik Pertumbuhan Bisnis Hingga 30 Persen di Tahun 2019

Imbas meningkatnya permintaan akan produk komponen otomotif juga dirasakan oleh salah satu perusahaan anak bangsa, PT Ikimura Group yang saat ini mendistribusikan dan memproduksi mettal cutting…