Dewan Nasional KEK menyetujui Tiga KEK Pariwisata Baru

Oleh : Ridwan | Kamis, 08 November 2018 - 19:05 WIB

Ilustrasi KEK Morotai (Foto Pemkot)
Ilustrasi KEK Morotai (Foto Pemkot)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Sidang Dewan Nasional KEK yang diselenggarakan di Kantor Menko Perekonomian 5 November 2018, telah menyetujui 3 (Tiga) Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata yang baru.

Ketiga KEK Pariwisata yang baru tersebut yaitu, Pertama, KEK Pariwisata Tanjung Gunung Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung. Kedua, KEK Pariwisata Sungailiat Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung, dan Ketiga, KEK Pariwisata Singhasari Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur.

Menko Perekonomian, Darmin Nasution yang juga Ketua Dewan Nasional KEK mengatakan bahwa lahirnya tiga KEK Pariwisata yang baru tersebut merupakan wujud dari tekad pemerintah untuk mendorong peran pariwisata sebagai penghasil devisa utama dan sekaligus memberikan kepercayaan kepada dunia usaha untuk berinvestasi di sektor unggulan pemerintah.

Menko juga menambahkan sangat mendukung transformasi ekonomi yang berbasis ekstraksi sumber daya alam ke pengembangan sektor jasa, yaitu pariwisata.

Dalam sidang tersebut, Menko menegaskan bahwa harus dapat dipastikan pengembangan KEK Pariwisata terbebas dari kemungkinan penggunaan ruang lainnya seperti penambangan timah dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, sebelum ditetapkan pemerintah, kantor Menko perekonomian akan berkoordinasi dengan Kementerian ESDM, Kementerian BUMN dan Pemerintah Daerah.

Dengan demikian, kini tiga Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata yg baru ini akan melengkapi 4 KEK Pariwisata yg sudah ada, yaitu KEK Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Mandalika dan Morotai.

Dalam waktu dekat, Kementerian Pariwisata akan fokus melakukan percepatan pembentukan lima KEK Pariwisata lainnya, yaitu KEK Pariwisata Mentawai Kabupaten Mentawai Sumatera Barat, KEK Pariwisata Cikidang Sukabumi Kabupaten Sukabumi, KEK Pariwisata Pangandaran Kabupaten Pangandaran di Jawa Barat, KEK Pariwisata Selayar Kabupaten Selayar Sulawesi Selatan dan KEK Tanjung Pulisan Likupang Minahasa Utara Sulawesi Utara.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirut BRI Suprajarto (Foto Rizki Meirino)

Jumat, 18 Januari 2019 - 07:30 WIB

Taspen Gandeng BRI untuk Sejahterakan ASN dan Pensiunan dalam Program Sejahtera di Purnatugas

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk kembali tunjukkan dukungannya pada sektor pemberdayaan kesejahteraan masyarakat melalui partisipasinya pada acara Program Wirausaha ASN dan Pensiunan…

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo (Foto Ist)

Jumat, 18 Januari 2019 - 06:30 WIB

BI Yakin Pasar Tidak "Wait and See" Jelang Pemilu

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo meyakini dunia usaha dan investor tidak akan ragu dan memilih menunggu (wait and see) untuk mengeksekusi kegiatan bisnis, meskipun di dalam negeri sedang…

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Jumat, 18 Januari 2019 - 06:18 WIB

Kaltara Eksport Beras dan Krayan ke Malaysia

Jakarta - Padi Adan adalah salah satu komoditi yang menjadi andalan dari wilayah perbatasa Krayan Prop.Kaltara. Padi Adan sendiri merupakan bibit lokal hasil budidaya masyarakat di dataran tinggi…

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Jumat, 18 Januari 2019 - 06:01 WIB

Segera Luncurkan Beras Basmati Asli Indonesia, Kementan: Beras Kita Layak Ekspor

Sukamandi - Kementerian Pertanian direncanakan akan merilis varietas beras basmati asli Indonesia pada pertengahan Februari nanti. Beras basmati selama ini dikenal sebagai beras aromatik asal…

Pengusaha Nasional Chairul Tanjung (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 18 Januari 2019 - 06:00 WIB

CT Sepakat Inovasi Kreativitas Kunci Hadapi Revolusi 4.0

Pengusaha Chairul Tanjung menilai inovasi dan kreativitas sebagai kunci utama bagi dunia usaha dalam menghadapi revolusi industri 4.0.