Dewan Nasional KEK menyetujui Tiga KEK Pariwisata Baru

Oleh : Ridwan | Kamis, 08 November 2018 - 19:05 WIB

Ilustrasi KEK Morotai (Foto Pemkot)
Ilustrasi KEK Morotai (Foto Pemkot)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Sidang Dewan Nasional KEK yang diselenggarakan di Kantor Menko Perekonomian 5 November 2018, telah menyetujui 3 (Tiga) Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata yang baru.

Ketiga KEK Pariwisata yang baru tersebut yaitu, Pertama, KEK Pariwisata Tanjung Gunung Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung. Kedua, KEK Pariwisata Sungailiat Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung, dan Ketiga, KEK Pariwisata Singhasari Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur.

Menko Perekonomian, Darmin Nasution yang juga Ketua Dewan Nasional KEK mengatakan bahwa lahirnya tiga KEK Pariwisata yang baru tersebut merupakan wujud dari tekad pemerintah untuk mendorong peran pariwisata sebagai penghasil devisa utama dan sekaligus memberikan kepercayaan kepada dunia usaha untuk berinvestasi di sektor unggulan pemerintah.

Menko juga menambahkan sangat mendukung transformasi ekonomi yang berbasis ekstraksi sumber daya alam ke pengembangan sektor jasa, yaitu pariwisata.

Dalam sidang tersebut, Menko menegaskan bahwa harus dapat dipastikan pengembangan KEK Pariwisata terbebas dari kemungkinan penggunaan ruang lainnya seperti penambangan timah dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, sebelum ditetapkan pemerintah, kantor Menko perekonomian akan berkoordinasi dengan Kementerian ESDM, Kementerian BUMN dan Pemerintah Daerah.

Dengan demikian, kini tiga Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata yg baru ini akan melengkapi 4 KEK Pariwisata yg sudah ada, yaitu KEK Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Mandalika dan Morotai.

Dalam waktu dekat, Kementerian Pariwisata akan fokus melakukan percepatan pembentukan lima KEK Pariwisata lainnya, yaitu KEK Pariwisata Mentawai Kabupaten Mentawai Sumatera Barat, KEK Pariwisata Cikidang Sukabumi Kabupaten Sukabumi, KEK Pariwisata Pangandaran Kabupaten Pangandaran di Jawa Barat, KEK Pariwisata Selayar Kabupaten Selayar Sulawesi Selatan dan KEK Tanjung Pulisan Likupang Minahasa Utara Sulawesi Utara.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Sabtu, 20 April 2024 - 04:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Koordinasi membahas perkembangan situasi di Papua dan Rapat Koordinasi membahas penyelesaian masalah lahan antara Pemda Sumatera Selatan…

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…