Perusahaan Lokal Dominasi Investasi Industri Mamin

Oleh : Hariyanto | Minggu, 19 Februari 2017 - 14:27 WIB

Industri Mamin
Industri Mamin

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Laju pertumbuhan investasi di dalam negeri menunjukkan daya saing perusahaan lokal di sektor industri makanan dan minuman yang semakin tinggi.

"Pelaku di industri makanan dan minuman itu mayoritas penanaman modal dalam negeri (PMDN). Banyak perusahaan besar yang bergerak di sektor makanan dan minuman adalah perusahaan lokal," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Agro, Kementerian Perindustrian, Panggah Susanto di Jakarta, Jumat (17/2/2017).

Menurut Panggah, perusahaan-perusahaan besar tersebut berinvestasi agar bisa memenuhi permintaan atas makanan dan minuman olahan yang tumbuh pesat.

"Banyak perusahaan makanan dan minuman berinvestasi untuk meningkatkan produksi bagi produk yang sudah kuat di pasar atau mendirikan lini produksi tambahan untuk produk-produk baru. Perusahaan-perusahaan lokal sudah memiliki kemampuan riset dan pengembangan untuk mendesain produk baru," ujar panggah.

Data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menunjukkan realisasi penanaman modal dalam negeri (PMDN) di sektor industri makanan dan minuman melebihi Rp32 triliun pada tahun lalu.

Dana tersebut dikeluarkan oleh perusahaan nasional di 1.169 proyek investasi. Realisasi PMDN di sektor industri makanan dan minuman sepanjang tahun lalu melampaui realisasi investasi asing senilai US$2,12 miliar atau Rp28,55 triliun. (Hry/ Imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto saat meresmikan pabrik farmasi PT Ethica

Kamis, 23 November 2017 - 18:12 WIB

Kemenperin Perdalam Struktur Industri Farmasi Nasional

Kementerian Perindustrian tengah memprioritaskan pendalaman struktur industri farmasi nasional terutama di sektor hulu atau produsen penyedia bahan baku farmasi. Upaya strategis ini untuk mengurangi…

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Prof. DR. Yohana Susana Yembise, Dip, Apling, MA., PhD. bersama Lansia

Kamis, 23 November 2017 - 18:00 WIB

Selain Jawa Tengah, NTT Rawan Perdagangan Manusia

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana S Yembise mengatakan Nusa Tenggara Timur masuk dalam zona merah "human trafficking" atau perdagangan manusia.

Menperin Airlangga resmikan Pabrik Farmasi di Cikarang Bekasi

Kamis, 23 November 2017 - 17:01 WIB

Menteri Airlangga Resmikan Pabrik Farmasi Senilai Rp1 Triliun

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto hari ini, Kamis (23/11/2017) meresmikan pabrik farmasi milik PT Ethica di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Kepala BPPI Kementerian Perindustrian, Ngakan Timur Antara

Kamis, 23 November 2017 - 16:54 WIB

Kemenperin Bentuk Balai Litbang di Pekanbaru Guna Tingkatkan Nilai Tambah CPO

Riau merupakan salah satu provinsi yang memiliki pertumbuhan ekonomi cukup baik, dengan didorong oleh aktivitas industri pengolahan kelapa sawit.

Menhub Budi Karya S (humas kemenhub)

Kamis, 23 November 2017 - 16:30 WIB

Menhub Budi Karya Tnjau Pengoperasian Kereta Bandara Soetta

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau pengoperasian Kereta Bandara Internasional Soekarno-Hatta dari Stasiun Sudirman Baru Jakarta, menggunakan kereta inspeksi, Kamis (23/11/2017)