Perusahaan Lokal Dominasi Investasi Industri Mamin

Oleh : Hariyanto | Minggu, 19 Februari 2017 - 14:27 WIB

Industri Mamin
Industri Mamin

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Laju pertumbuhan investasi di dalam negeri menunjukkan daya saing perusahaan lokal di sektor industri makanan dan minuman yang semakin tinggi.

"Pelaku di industri makanan dan minuman itu mayoritas penanaman modal dalam negeri (PMDN). Banyak perusahaan besar yang bergerak di sektor makanan dan minuman adalah perusahaan lokal," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Agro, Kementerian Perindustrian, Panggah Susanto di Jakarta, Jumat (17/2/2017).

Menurut Panggah, perusahaan-perusahaan besar tersebut berinvestasi agar bisa memenuhi permintaan atas makanan dan minuman olahan yang tumbuh pesat.

"Banyak perusahaan makanan dan minuman berinvestasi untuk meningkatkan produksi bagi produk yang sudah kuat di pasar atau mendirikan lini produksi tambahan untuk produk-produk baru. Perusahaan-perusahaan lokal sudah memiliki kemampuan riset dan pengembangan untuk mendesain produk baru," ujar panggah.

Data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menunjukkan realisasi penanaman modal dalam negeri (PMDN) di sektor industri makanan dan minuman melebihi Rp32 triliun pada tahun lalu.

Dana tersebut dikeluarkan oleh perusahaan nasional di 1.169 proyek investasi. Realisasi PMDN di sektor industri makanan dan minuman sepanjang tahun lalu melampaui realisasi investasi asing senilai US$2,12 miliar atau Rp28,55 triliun. (Hry/ Imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pesawat AirAsia Tampilkan Logo Wonderful Indonesia (Foto Dije)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:30 WIB

AirAsia X Pastikan Tambah 34 Airbus A330neo

Afiliasi AirAsia, AirAsia X memastikan telah memesan tambahan 34 pesawat Airbus A330neo berbadan lebar.

Ilustrasi Exit Tol

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:26 WIB

Perbankan Danai Rp3,3 Triliun Tol Kunciran-Serpong

Pihak perbankan yang terdiri atas sindikasi empat bank memberikan dana pinjaman Rp3,3 triliun untuk pembangunan ruas jalan tol Kunciran-Serpong oleh PT Marga Trans Nusantara (MTN), yang merupakan…

Terminal LCC di Bandara Soetta (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:22 WIB

Terminal 4 Soetta Bukan untuk LCC

PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta tidak didesain untuk penerbangan berbiaya murah (low cost carrier/LCC).

Dian Sastro dan Mikha Tambayong dalam jumpa pers Torch Relay Asian Games 2018. (Foto: Detik.com)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 15:30 WIB

Ini Deretan Seleb yang Jadi Pembawa Obor Torch Relay Asian Games 2018

Pagelaran Asian Games 2018 tinggal menghitung hari. Pesta olahraga se-Asia ini diselenggarakan pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang. Ini menjadi momentum berharga…

Inneke Koesherawati, artis (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 15:14 WIB

KPK Segera Jelaskan Keterlibatan Inneke Koesherawati Saat OTT di Lapas Sukamiskin

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) turut mengamankan artis Inneke Koesherawati, istri terpidana perkara korupsi Fahmi Darmawansyah dalam kegiatan operasi tangkap tangan (OTT) di Lapas Sukamiskin…