Perusahaan Lokal Dominasi Investasi Industri Mamin

Oleh : Hariyanto | Minggu, 19 Februari 2017 - 14:27 WIB

Industri Mamin
Industri Mamin

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Laju pertumbuhan investasi di dalam negeri menunjukkan daya saing perusahaan lokal di sektor industri makanan dan minuman yang semakin tinggi.

"Pelaku di industri makanan dan minuman itu mayoritas penanaman modal dalam negeri (PMDN). Banyak perusahaan besar yang bergerak di sektor makanan dan minuman adalah perusahaan lokal," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Agro, Kementerian Perindustrian, Panggah Susanto di Jakarta, Jumat (17/2/2017).

Menurut Panggah, perusahaan-perusahaan besar tersebut berinvestasi agar bisa memenuhi permintaan atas makanan dan minuman olahan yang tumbuh pesat.

"Banyak perusahaan makanan dan minuman berinvestasi untuk meningkatkan produksi bagi produk yang sudah kuat di pasar atau mendirikan lini produksi tambahan untuk produk-produk baru. Perusahaan-perusahaan lokal sudah memiliki kemampuan riset dan pengembangan untuk mendesain produk baru," ujar panggah.

Data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menunjukkan realisasi penanaman modal dalam negeri (PMDN) di sektor industri makanan dan minuman melebihi Rp32 triliun pada tahun lalu.

Dana tersebut dikeluarkan oleh perusahaan nasional di 1.169 proyek investasi. Realisasi PMDN di sektor industri makanan dan minuman sepanjang tahun lalu melampaui realisasi investasi asing senilai US$2,12 miliar atau Rp28,55 triliun. (Hry/ Imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

fot tren mikro

Selasa, 23 Oktober 2018 - 22:27 WIB

Guna Perluas Pasar, Trend Micro Tunjuk ECS sebagai Distributornya di Indonesia

Trend Micro, penyedia solusi keamanan terkemuka untuk perlindungan gaya hidup digital, serta keamanan internet, memperluas jangkauan bisnisnya di Indonesia.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 23 Oktober 2018 - 20:05 WIB

Di Era Pemerintahan Jokowi-JK, Investasi Sektor Industri Terus Meningkat

Sepanjang empat tahun kerja pemerintahan Joko Widodo - Jusuf Kalla (Jokowi-JK), investasi sektor industri terus meningkat dari tahun ke tahun.

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani saat membuka sidang tahunan The Islamic Chamber of Commerce, Industry and Agriculture (ICCIA)

Selasa, 23 Oktober 2018 - 19:43 WIB

Kadin Dorong Peningkatan Peranan G2G Serta Interaksi B2B untuk Majukan Kemitraan Ekonomi Negara-negara Anggota ICCIA

Sidang tahunan The Islamic Chamber of Commerce, Industry and Agriculture (ICCIA) diselenggarakan 22 23 Oktober 2018 di Ritz Carlton Hotel, Jakarta.

Ketua DPRD Kota Bengkulu Baidari Citra Dewi

Selasa, 23 Oktober 2018 - 19:37 WIB

Dilaporkan ke Mapolda, Ketua DPRD Kota Bengkulu: Itu Hak Masing-masing, Saya Tidak Bisa Mencegah

Dilaporkannya Ketua DPRD Kota Bengkulu Baidari Citra Dewi oleh Pimpinan Redaksi media siber Garuda Daily Doni Supardi di Mapolda Bengkulu terkait dugaan pelanggaran Undang-Undang (UU) Pers Nomor…

Menteri Pariwisata, Arief Yahya (ist)

Selasa, 23 Oktober 2018 - 19:10 WIB

Sepanjang Pemerintahan Jokowi-JK, Sektor Pariwisata Indonesia Tumbuh Lampaui Negara Jiran

Sektor pariwisata diharapkan menjadi motor pembangunan nasional di era pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK). Hal ini dibuktikan dengan pertumbuhan dan penerimaan devisa yang terus…