Mensos: Transformasi Rastra ke BPNT Selesai Februari

Oleh : Herry Barus | Kamis, 08 November 2018 - 09:56 WIB

Agus Gumiwang Menteri Sosial (Foto Dok Industry.co.id)
Agus Gumiwang Menteri Sosial (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Yogyakarta - Menteri Sosial(Mensos), Agus Gumiwang Kartasasmita menargetkan tranformasi program beras sejahtera (Rastra) ke bantuan pangan non-tunai(BPNT) selesai pada Februari 2019.

"Jika saat ini ada daerah yang belum siap akan kita carikan jalan keluarnya, dan hal itu menjadi 'pekerjaan rumah' kita bersama " katanya usai membuka Forum Koordinasi Evaluasi Pelaksanaan Bantuan Sosial Pangan Direktorat Penanganan Fakir Miskin Perkotaan Wilayah II 2018, di Yogyakarta, Rabu (7/11/2018)

Ia mengatakan, forum ini bertujuan melakukan evaluasi pelaksanaan transformasi program Rastra ke BPNT. Evaluasi melibatkan sejumlah pihak yang berperan serta dalam penyaluran bantuan sosial pangan tersebut.
 

"Evaluasi perlu dilakukan untuk melihat realisasi program bantuan sosial pangan dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya sehingga dapat dicarikan jalan keluarnya," kata Mensos.

Melalui evaluasi, menurut dia, kendala dalam penyaluran Rastra dan BPNT yang membuat tidak maksimalnya manfaat yang diterima Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dapat diatasi.

"Dengan demikian, transformasi program Rastra ke BPNT dapat berjalan sesuai harapan dan selesai 100 persen pada Februari 2019," kata Mensos.

Ia mengemukakan, Kemensos saat ini sedang mengkaji penggunaan teknologi biometrik dalam penyaluran bantuan sehingga kendala yang ada dan hal-hal yang tidak diinginkan dapat diminimalkan.

"Melalui inovasi penggunaan teknologi dalam penyaluran bantuan dengan sistem 'face recognition' itu diharapkan pelaksanaan program bantuan sosial pangan dapat berjalan sesuai harapan," ujar Mensos.

Ia mengatakan, pada 2019 anggaran bantuan sosial di Kemensos mengalami kenaikan yang cukup signifikan dibanding 2018.

Pada 2018 anggaran bantuan sosial sebesar Rp43,2 triliun, naik menjadi Rp58,9 triliun pada 2019.

"Dengan kenaikan jumlah anggaran Bansos itu, saya optimistis angka kemiskinan pada akhir 2019 dapat ditekan, dan berada di kisaran 9,3 - 9,5 persen," kataMensos.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Surat permohonan maaf INDUSTRY.co.id kepda PT Grab Taxi Indonesia

Jumat, 16 November 2018 - 20:56 WIB

Industry.co.id Sampaikan Permohonan Maaf ke Grab Indonesia

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Portal berita Industry.co.id merupakan portal online terdepan yang memberitakan berbagai isu - isu terkini di dunia industri. Semua pemberitaan…

Agus Santoso , Komisaris Utama Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co,id)

Jumat, 16 November 2018 - 19:17 WIB

Agus Santoso Pensiun Dari Dirjen Perhubungan Udara Jauh Sebelum Tragedi Lion Air JT 610

PT Garuda Indonesia Tbk. angkat bicara terkait adanya misinformation terkait dengan pelantikan Polana Banguningsih Pramesti sebagai pejabat tetap Dirjen Hubungan Udara, pada Senin (12/11/2018)…

 Lembaga riset Institute for Development of Economics and Finance (Indef) (FotoIst)

Jumat, 16 November 2018 - 19:11 WIB

Sejumlah Catatan Terhadap Paket Kebijakan Ekonomi XVI

Peneliti dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Abra Talattov mengkritisi Paket Kebijakan Ekonomi XVI yang baru saja diterbitkan pemerintah di Kompleks Istana Kepresidenan…

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 16 November 2018 - 19:05 WIB

Rupiah Jumat Sore Menguat Menjadi Rp14.537

Pergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat sore, menguat sebesar 128 poin menjadi Rp14.537 dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.665 per dolar AS.

 PT Aplikanusa Lintasarta sebagai perusahaan penyedia jasa internet dan IT Services membangun Badung Command Center (BCC) Kidung Mangupura dan data center yang diresmikan Jumat (16/11/2018).

Jumat, 16 November 2018 - 16:51 WIB

Punya Data Center Kabupaten Badung Bali Menuju Smart City

PT Aplikanusa Lintasarta sebagai perusahaan penyedia jasa internet dan IT Services membangun Badung Command Center (BCC) Kidung Mangupura dan data center yang diresmikan Jumat (16/11/2018).