Mensos: Transformasi Rastra ke BPNT Selesai Februari

Oleh : Herry Barus | Kamis, 08 November 2018 - 09:56 WIB

Agus Gumiwang Menteri Sosial (Foto Dok Industry.co.id)
Agus Gumiwang Menteri Sosial (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Yogyakarta - Menteri Sosial(Mensos), Agus Gumiwang Kartasasmita menargetkan tranformasi program beras sejahtera (Rastra) ke bantuan pangan non-tunai(BPNT) selesai pada Februari 2019.

"Jika saat ini ada daerah yang belum siap akan kita carikan jalan keluarnya, dan hal itu menjadi 'pekerjaan rumah' kita bersama " katanya usai membuka Forum Koordinasi Evaluasi Pelaksanaan Bantuan Sosial Pangan Direktorat Penanganan Fakir Miskin Perkotaan Wilayah II 2018, di Yogyakarta, Rabu (7/11/2018)

Ia mengatakan, forum ini bertujuan melakukan evaluasi pelaksanaan transformasi program Rastra ke BPNT. Evaluasi melibatkan sejumlah pihak yang berperan serta dalam penyaluran bantuan sosial pangan tersebut.
 

"Evaluasi perlu dilakukan untuk melihat realisasi program bantuan sosial pangan dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya sehingga dapat dicarikan jalan keluarnya," kata Mensos.

Melalui evaluasi, menurut dia, kendala dalam penyaluran Rastra dan BPNT yang membuat tidak maksimalnya manfaat yang diterima Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dapat diatasi.

"Dengan demikian, transformasi program Rastra ke BPNT dapat berjalan sesuai harapan dan selesai 100 persen pada Februari 2019," kata Mensos.

Ia mengemukakan, Kemensos saat ini sedang mengkaji penggunaan teknologi biometrik dalam penyaluran bantuan sehingga kendala yang ada dan hal-hal yang tidak diinginkan dapat diminimalkan.

"Melalui inovasi penggunaan teknologi dalam penyaluran bantuan dengan sistem 'face recognition' itu diharapkan pelaksanaan program bantuan sosial pangan dapat berjalan sesuai harapan," ujar Mensos.

Ia mengatakan, pada 2019 anggaran bantuan sosial di Kemensos mengalami kenaikan yang cukup signifikan dibanding 2018.

Pada 2018 anggaran bantuan sosial sebesar Rp43,2 triliun, naik menjadi Rp58,9 triliun pada 2019.

"Dengan kenaikan jumlah anggaran Bansos itu, saya optimistis angka kemiskinan pada akhir 2019 dapat ditekan, dan berada di kisaran 9,3 - 9,5 persen," kataMensos.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Milasari Kusumo Anggraini (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:25 WIB

Milasari Kusumo:Mulailah Membangun Ekosistem Ekonomi Kerakyatan

Tidak banyak calon legislatif (caleg) yang hadir di tengah masyarakat dengan membawa konsep perbaikan ekonomi. Dari yang sedikit itu terdapat Milasari Kusumo Anggraini SE, caleg DPR RI dari…

PT Jasa Tirta Energi selaku BUMN yang bergerak di sektor bisnis energi dan konstruksi akan mengoptimalkan pembangkit listrik tenaga minihidro untuk mengaliri aliran listrik di seluruh pelosok Indonesia.

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:13 WIB

Ambisi Jasa Tirta Energi Aliri Listrik di Pelosok

Pemerintah menargetkan hingga 2025 rasio elektrifikasi mencapai 100 persen dimana permintaan akan listrik bertambah 7.000 MW setiap tahunnya. Peluang inilah yang mendasari PT Jasa Tirta Energi…

Pramugari Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:00 WIB

GI Maskapai Global dengan Capaian OTP Terbaik di Dunia Periode Desember 2018-Februari 2019

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia berhasil mencatatkan capaian tertinggi On Time Performance (OTP) terbaik untuk kategori maskapai penerbangan global dengan jumlah penerbangan di…

Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih

Rabu, 20 Maret 2019 - 19:05 WIB

Kemenperin Dorong Industri Tenun dan Batik Gunakan Benang Bemberg

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) terus mendorong penyediaan bahan baku untuk industri tenun dan batik nasional.

Titiek Soeharto (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 19:00 WIB

Titiek Soeharto: Capres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Pasti Menang

Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Titiek Soeharto, optimistis pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 itu akan menang dalam…