Tuding Chuck Sering Mangkir Pemeriksaan, Jaksa Agung Dinilai Sebar Hoax

Oleh : Hariyanto | Rabu, 07 November 2018 - 18:51 WIB

Kuasa hukum Chuck, Sandra Nangoy
Kuasa hukum Chuck, Sandra Nangoy

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Jaksa Agung Prasetyo melontarkan pernyataan tidak benar soal jaksa Chuck Suryosumpeno yang kerap mangkir saat diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi aset Hendra Rahardja. 

Hal tersebut diungkapkan pengacara Chuck, Sandra Nangoy saat ditanya wartawan, pada Rabu (7/11/2018). "Jaksa Agung sebarkan Hoax karena panggilan yang diterima Chuck adalah panggilan ke 2," kata Sandra.

Menurut dia, selama pemeriksaan sebagai saksi sejak 3,5 tahun lalu, Chuck tidak pernah mangkir kecuali sakit dan pasti ada surat keterangan dokter.

 "Bahkan saat panggilan pertama sebagai TSK, Chuck juga sudah melayangkan surat kepada Direktur Penyidikan memohon agar ditunda pemeriksaannya sehingga beliau ada waktu menunjuk penasehat hukum," kata dia.

Perlu digaris bawahi, lanjut Sandra, usai putusan Peninjauan Kembali (PK), Mahkamah Agung yang memerintahkah Jaksa Agung untuk merehabilitasi jabatan  jaksa senior Chuck Suryosumpeno, Chuck memang tidak berkeinginan kembali ke Kejaksaan.

"Hal ini mengingat semua perjuangan yang ia lakukan adalah untuk menegakkan keadilan bukan untuk mencari jabatan. Tetapi perintah MA untuk merehabilitasi nama baik adalah hutang Jaksa Agung Prasetyo dihadapan hukum dan undang-undang yang harus ditunaikan." lanjutnya.

Diketahui, penetapan tersangka atas Chuck Suryosumpeno diketahui bertepatan saat Mahkamah Agung mengunggah putusan PK atas pemohon Chuck Suryosumpeno pada laman website-nya, yaitu tanggal 23 Oktober 2018.

Sandra menilai kliennya mengalami proses kriminalisasi. Apalagi Chuck sudah berkontribusi banyak buat negara, terutama saat menjadi Ketua PPA. "Apalagi korban kriminalisasi ini telah berkontribusi mengembalikan kerugian negara sampai Rp 3,5 triliun," kata Sandra.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…