Tiongkok Garap Megaproyek Jalur Kereta di Kalteng

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 19 Februari 2017 - 10:00 WIB

Ilustrasi pembangunan rel kereta. (Pradita Utana/NurPhoto)
Ilustrasi pembangunan rel kereta. (Pradita Utana/NurPhoto)

INDUSTRY.co.id Mega proyek pembangunan rel kereta api di Kalimantan Tengah (Kalteng) dan ke provinsi tetangga dipastikan terus berjalan. Bahkan hingga saat ini, rencana pembangunan rel kereta api jalur Puruk Cahu melalui Bangkuang hingga Batanjung terus digenjot persiapan pelaksanaanya.

“Waktu rapat terbatas di Jakarta bersama Presiden, Gubernur Kalteng diminta agar tiga proyek besar, yang salah satunya jalur kereta api segera ditindaklanjuti. Ya, Presiden sudah bicara seperti itu, pastinya pembangunan jalur kereta api terus berlanjut,” kata Pj Sekda Kalteng Syahrin Daulay, Jumat (17/2).

Ia memastikan pembangunan jalur kereta api untuk pertama kali di Kalteng dengan panjang 425 kilometer ini akan dikerjakan investor asal Tiongkok (China Rail Way).

Hal ini berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 3 Tahun 2016 Tentang Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional. Dalam Perpres tersebut, tidak hanya menerangkan dimana saja lokasi pembangunannya. Melainkan siapa pihak yang membangun.

“Disitu (Perpres, Red) ada tiga program strategis, pertama kereta api, pelabuhan dan bandara. Nah, dalam Perpres itu, rencana pembangunan jalur kereta api sudah dijelaskan,” ucapnya.

Belum dimulainya pembangunan rel kereta api sepanjang 425 kilometer tersebut karena Kementerian Keuangan sampai sekarang belum memberikan rekomendasi sebagai bentuk jaminan, serta belum adanya dukungan dari Kementerian Perhubungan.

“Kalau itu sudah ada, ya pihak China Railway Group Limited akan mulai membangun. Ini yang sedang kita upayakan agar bisa segera dikerjakan. Intinya terus berlanjut rencana ini,” lanjutnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.