Resmi Ditutup, Transaksi IMOS 2018 Capai Rp 51 Milyar

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 07 November 2018 - 17:09 WIB

IMOS 2018 Wujud Ekesistensi Dunia Motor dan Perkembangan Teknologi
IMOS 2018 Wujud Ekesistensi Dunia Motor dan Perkembangan Teknologi

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Ajang pameran sepeda motor atau Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 resmi ditutup Minggu lalu, (4/11/2018). Tapi tahukah Anda berapa jumlah penjualan unit sepeda motor yang berhasil dijual selama lima hari pagelarannya? IMOS 2018 yang memiliki total 60 peserta ini mencatat jumlah pengunjung sebanyak 95.293 orang.

Pameran dengan luas total 10.500 meter persegi (indoor dan outdoor) ini diadakan oleh Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) bersama Amara Group, dan berhasil mencatatkan total transaksi sejumlah 1.332 Unit senilai Rp. 51.975.924.000,-.

 

Catatan tersebut membuktikan bahwa IMOS menjadi pameran sepeda motor yang sangat ditunggu oleh masyarakat. Masyarakat dapat memperoleh update terbaru mengenai produk sepeda motor terbaru, motor konsep maupun teknologi terkini yang disiapkan untuk masa depan. Oleh karena itu, IMOS 2018 ini mengusung tema “Indonesia Future Technology”.

 

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah mendukung pelaksanaan IMOS ini. Lewat pameran ini kami juga berharap tercipta transfer knowledgemengenai perkembangan teknologi terkini sehingga tercipta proses edukasi yang dinamis. AISI juga menargetkan IMOS dapat menjadi ajang bagi pelaku industri sepeda motor Indonesia untuk bersama-sama menciptakan pasar otomotif yang sehat dan pelibatan industri pendukung kecil dan menengah di tanah air.

 

“Bergabungnya produsen, konsumen dan komunitas dalam ajang pameran IMOS 2018 akan memperkuat bisnis industri sepeda motor nasional dan memperbesar volume ekspor tanpa mengesampingkan pasar domestik yang terus tumbuh," ujar Johannes Loman, Ketua Umum AISI.

 

Keberhasilan pameran IMOS 2018 tidak hanya diukur dari jumlah transaksi yang terjadi, namun juga seberapa luas pameran ini dapat ikut memberikan informasi dan edukasi mengenai teknologi terkini sepeda motor melalui produk-produk penuh inovasi yang dihadirkan oleh masing-masing APM peserta IMOS 2018, serta edukasi yang diberikan kepada pengunjung akan pentingnya Safety Riding Class. Tidak hanya, itu pada pagelaran IMOS 2018 ini juga terdapat aksi donor darah yang dilakukan pada Sabtu, 3 November 2018.

 

Maraknya jumlah pengunjung yang datang ke perhelatan IMOS 2018 juga memberikan dampak yang positif bagi para peserta pameran. Seluruh line-up produk atau pun produk-produk yang baru diluncurkan disambut antusias oleh para pengunjung, bahkan tidak sedikit pengunjung yang mencari informasi terkait motor-motor yang dihadirkan oleh masing-masing APM pada pameran IMOS 2018.

Pada hari terakhir pelaksanaan IMOS 2018, Moto Meet-Up yang diadakan di area outdoor IMOS 2018 kembali dilaksanakan. Diawali dengan kegiatan Jamboride DINAMO  (Donasi Anak Motor) yang dihadiri oleh kurang lebih 68 komunitas sepeda motor dan 800 peserta. Jamboride DINAMO merupakan kegiatan Sunday Morning Riding (sunmori) bersama menuju acara Moto Meet-Up IMOS 2018 di Jakarta Convention Center, Senayan. Setelah sunmori selesai, acara di Moto Meet-Up dilanjutkan dengan lelang produk-prouk apparel sepeda motor mulai dari tas, helm, serta ikat pinggang yang dipandu oleh Jamet. Jamboride DINAMO juga merupakan sebuah aksi peduli hasil kolaborasi antara IMOS 2018, Naikmotor.com, dan AM/PM Jakarta untuk membantu korban bencana di Palu dan Donggala.

 

Acara Moto Meet-Up dilanjutkan dengan Naikmotor Skill Contest yang memperlombakan keahlian berkendara sepeda motor. Para peserta Naikmotor Skill Contest harus dapat melewati rintangan yang telah disiapkan tanpa menurunkan kakinya ke tanah. 5 Pemenang yang dipilih berdasarkan waktu tercepat adalah Tatsuya, dengan waktu 18,13 detik berhasil memenangkan juara I dan mendapatkan uang tunai sebesar Rp1.000.000, 1 buah helm, dan 1 set ban Zeneos. juara II diraih oleh Rahaji dengan perolehan waktu 18,40 detik dan mendapatkan Rp750.000, 1 buah helm, dan 1 set ban Zeneos lalu juara III diraih oleh Wisnu dengan waktu 18,75 detik dan mendapatkan hadiah Rp500.000, 1 buah helm, dan 1 set ban Zeneos. Selanjutnya juara IV dimenangkan oleh Rezka dengan perolehan waktu 18,84 detik dan mendapatkan 1 buah helm serta 1 set ban Zeneos. Terakhir juara V diraih oleh Satria dengan perolehan waktu 19,50 detik dan mendapatkan 1 set ban Zeneos. Diakhir acara, Naikmotor juga memberikan satu motor bebek retro, yaitu Yamaha V80 1982 melalui kupon lucky draw kepada Firdaus Muhammad sebagai pemenangnya.

 

Selain itu pada hari terakhir pelaksanaan IMOS 2018, peserta pameran juga mengumumkan pemenang dari games-games dan undian berhadiah bagi pengunjung yang sebelumnya telah mendaftar ataupun berpartisipasi. Grandprize 4 buah sepeda motor masing-masing dari Honda CBR 250 RR dimenangkan oleh Rifandra Zumaryan, Kawasaki Ninja 250 dimenangkan oleh Dienatasya Laraswati, Suzuki Nex II dimenangkan oleh Sailasro Destiny Firdaus, dan Yamaha All New Vixion dimenangkan oleh Tb Muhamad Fakhruddin.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda Literasi Sumenep di acara Madura Writers Readers Festival 2024.

Selasa, 23 April 2024 - 23:38 WIB

Bupati Sumenep Buka Acara Madura Writers Readers Festival

Selain disemarakkan dengan kehadiran para penggerak literasi budaya, serta bazar buku murah, di Madura Writers Readers Festival 2024 juga diselenggarakan pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda…

Strategi pemasaran (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 22:57 WIB

Strategi Dalam Mempengaruhi Perilaku Pembelian Pelanggan

Dalam pasar yang kompetitif saat ini, memahami dan mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan sangat penting agar bisnis dapat berkembang. Dengan munculnya teknologi baru dan berkembangnya preferensi…

Everpure tersedia di Shopee, atasi masalah jerawat usai mudik lebaran.

Selasa, 23 April 2024 - 19:40 WIB

Tips Merawat Kulit Wajah Bersama Shopee 5.5 Voucher Kaget

Melalui kampanye 5.5 Voucher Kaget, Shopee ingin menjadi teman serta memberikan semangat untuk kembali memulai perjalanan pengguna, khususnya dalam perawatan diri setelah libur lebaran.

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Festival Seoul Beats on Campus (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 17:57 WIB

Bakal Gelar Festival Seoul Beats on Campus, President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave

Presuniv berencana membuka konsentrasi K-Wave yang akan bernaung di bawah Program Studi (Prodi) Business Administration. Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event Seoul Beats on Campus…