HPS Momentum Bangkitkan Ketahanan Pangan

Oleh : Herry Barus | Rabu, 07 November 2018 - 17:07 WIB

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit (Foto Dok Industry.co.id)
Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Pulau Punjung- Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit mengajak peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) dapat dijadikan sebagian momentum membangkitkan ketahanan pangan di provinsi itu.

"Pemangku kepentingan di bidang pangan diminta lebih inovatif dan kreatif sehingga melahirkan terobosan dan gagasan baru yang membuat keanekaragaman pangan," katanya saat membuka Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-38 tingkat provinsi di Kabupaten Dharmasraya, Selasa (6/11/2018)

Ia mengatakan pangan merupakan kebutuhan pokok yang esensial dimana ketersediannya harus dijamin. Untuk mencapi itu diperlukan tekad dan pendekatan sistematis serta koordinasi yang baik di bidang pangan.

 Menurutnya dengan terpenuhi kebutuhan pangan yang cukup, baik jumlah maupun muti gizi dapat berpengaruh terhadap pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang di hasilkan.

 "Atas dasar inilah pembangunan ketahanan pangan merupak kebijakan strategis yang berdampak terhadap indeks pembangunan manusia (IPM)," ujarnya.

Lebih jauh, ia berharap hari pangan sedunia dapat meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya penyedian pangan dan bergizi.

Kemudian, memperkuat kerjasama dan membangun koordinasi fungsional antara masyarakat dan pemerintah, serta memotivasi stakeholder untuk ketahanan pangan dan penyeberan teknologi yang efesien guna peningkatan produksi pangan.

Berdasarkan data konsumsi pangan masyarakat Sumbar masih cukup beragam, misalnya dalam memenuhi kebutuhan karbohidrat masih didominasi komoditi beras yaitu 76,45 persen, sedangkan hanya dianjurkan 50 persen, tambah dia.

Sementara, Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengatakan pemerintah daerah terus membuat program untuk mendukung ketahanan pangan di daerah itu, misalnya program mina padi dan lain sebagainya.

"Terpenuhinya pangan yang baik akan menimbulkan pemikiran yang baik juga untuk masyarakat," ujarnya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…