Kabupaten Abdya Aceh Kembangkan Varites Padi M400

Oleh : Herry Barus | Rabu, 07 November 2018 - 16:01 WIB

Petani desa di tengah sawah (Foto: Dok Industry.co.id)
Petani desa di tengah sawah (Foto: Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Meulaboh- Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mulai mengembangkan varietas padi m400 karena telah teruji tahan terhadap serangan hama serta memiliki produktivitas lebih tinggi dibandingkan varietas lain.

Penyuluh Pertanian Kecamatan Kuala Batee, Abdya, Restan, di Meulaboh, Selasa (6/11/2018)  mengatakan, pihak penyuluh telah bersepakat menyukseskan gagasan dari Bupati Abdya Akmal Ibrahim, untuk menjadikan daerah itu penyedia penangkar benih varietas m400.

"Di Abdya sementara ini ada pengadaan bibit padi m400, akan dikembangkan dan dijual benihnya nanti ke Nagan Raya, Meulaboh dan Aceh Selatan. Kita di sana melakukan penangkaran benih varietas tersebut," katanya.

Saat menghadiri puncak kegiatan jambore penyuluh pertanian ke - 2 se Aceh yang berlangsung di Gedung Olahraga dan Seni (GOS) Kabupaten Aceh Barat, yang berlangsung 4 - 6 November 2018 dengan peserta mencapai 3.000 penyuluh.

Ia berkata pengembangan varietas m400 merupakan inisiatif kepala daerah setempat yang konsen terhadap pembangunan sektor pertanian, terutama tanaman padi yang merupakan salah satu komodits unggulan pendongkrak ekonomi masyarakat setempat.

Sebut Restan, sudah terbangun dan dilakukan panen di area lahan penangkar benih varietas m400 dengan luas 200 hektare di Kecamatan Susoh, pemda mengeluarkan kebijakan untuk produkivitas tanaman padi itu disisihkan 4 ton untuk penangkar benih.

"Memang Bupati Akmal yang memulai, pembibitannya dari luar dibawa pulang dan pertama ditanam di belakang rumah (bupati). Kami sudah mulai melakukan penangkaran benih, artinya tidak semua tanaman padi diambil untuk konsumsi," imbuhnya.

Lebih lanjut disampaikan, hasil produktivitas padi varietas m400 menghasilkan 8 - 9 ton/ hektare, memiliki 400 bulir padi per tangkai (malai), dibandingkan dengan jenis varietas padi lainnya yang telah dikembangkan di Abdya hanya memiliki 200 - 250 bulir padi.

Restan mengatakan Pemkab Aceh Barat Daya sudah siap menjadi kawasan sentra produksi penangkar benih varietas m400, apalagi melihat prospek pasar terhadap pengembangan varietas ini sangat menjanjikan untuk kawasan lahan pertanian di barat selatan Aceh.

Tanaman padi hasil riset Tim Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) tersebut memiliki keunggulan tahan terhadap rebah dan tahan wereng dan varietas ini telah mendapatkan sertifikat dari Kementrian Pertanian Republik Indonesia.

"Selain produksinya lebih tinggi dibandingkan cehrang mau pun inpari yang selama ini kita kembangkan, nasinya pun lebih enak dan wanggi. Jadi ini akan menjadi padi primadona aceh Barat Daya untuk ke depannya," katanya menambahkan.

Keunggulan lain dari varietas m400 yang diambil dari nama Mueldoko sebagai ketua HKTI, jika ditanam varietas ini pada level rendah tanah, maka ketinggian tanaman padi bisa 130 centimeter dan di level paling atas bisa tumbuh tinggi 110 cm.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…

Direktur Utama BRI Sunarso

Kamis, 25 April 2024 - 11:47 WIB

BRI Bukukan Laba Rp15,98 Triliun di Triwulan I 2024

Di tengah dinamika kondisi ekonomi dan geopolitik global yang penuh dengan tantangan, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mampu membukukan pertumbuhan laba yang positif, dimana hingga akhir…

Presiden Direktur Dharma Polimetal, Irianto Santoso

Kamis, 25 April 2024 - 11:26 WIB

Konsisten Bagikan Dividen, DRMA Incar Pertumbuhan Dobel Digit di 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.