Pendidikan Vokasi Diminta Siapkan SDM Hadapi Revolusi Industri 4.0

Oleh : Herry Barus | Rabu, 07 November 2018 - 15:37 WIB

Pabrik Vivo Mobile Indonesia di Cikupa (Ist)
Pabrik Vivo Mobile Indonesia di Cikupa (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pendidikan vokasi atau kejuruan diminta mempersiapkan diri menyongsong pergeseran industri 3.0 menuju Revolusi Industri 4.0 dengan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas.

"Sistem pendidikan vokasi di tengah persaingan global, itu menjadi short cut (terobosan) dari pendidikan formal. Pendidikan vokasional harus menyiapkan SDM agar industri cepat switching (bergeser) ke 4.0 ini,"  kata Staf Ahli Menteri Perindustrian bidang Keuangan dan Struktur Industri Soerjono di Jakarta, Selasa (6/11/2018)

Dalam Rapat Kerja Nasional LP3I yang bertema "The Vocational Energy of LP3I for Industry 4.0" di Gedung Pusdiklat Kepegawain  Kemendikbud, Depok Jawa Barat, dia menegaskan salah satu hal yang harus dipersiapkan menuju Industri 4.0 adalah pendidikan yang tepat agar SDM Indonesia tidak ketinggalan.

Menurut dia, LP3I mempunyai tantangan besar dalam mencetak SDM yang berdaya saing dalam industri 4.0. Namun, pihaknya mengharapkan lembaga pendidikan seperti LP3I akan semakin banyak.

Direktur Bina Produktivitas Ditjen Pelatihan dan Produktivitas Kemenaker M Zuhri Bahri menambahkan peringkat produktivitas SDM di Indonesia menduduki nomor 4 versi World Economic Forum (WEF).  "Peningkatan SDM ngga hanya di gantungkan pada pendidikan tapi pelatihan juga," ujarnya.

Saat ini,  lanjutnya, pendidikan vokasi tengah berbenah untuk menjadi salah satu tonggak yang menghasilkan SDM berkualitas sebagaimana terjadi di Jerman. "Pendidikan yang tepat agar tidak ketinggalan ke depan harus bisa diandalkan. SDM harus disiapkan. Prosesnya seperti LP3I, harus dilakukan kalau banyak yang seperti ini semakin mudah bagi Indonesia masuk ke Industri 4.0," katanya.

Presiden Komisaris LP3I Syahrial Yusuf kepada Antara menyatakan pihaknya selama 29 tahun sudah berkontribusi pada pendidikan vokasional.   "Tentunya sudah banyak menciptakan tenaga kerja yang siap pakai sesuai dengan bidang pekerjaan. Kami berkomitmen untuk terus menerus mengembangkan konsep dan sistem pendidikan vokasi agar lulusan LP3I berkompeten dan siap bersaing," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Iluastrasi Investasi-images IST

Kamis, 18 April 2024 - 17:21 WIB

Catat! Ini 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter

Investasi bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan mimpi di masa depan. Namun dengan banyaknya pilihan investasi saat ini, perlu diingat bahwa setiap instrumen investasi memiliki keuntungan…

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance

Kamis, 18 April 2024 - 17:08 WIB

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance, Solusi Warisan Finansial Keluarga

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) dan PT Bank HSBC Indonesia (Bank HSBC) kembali memperkuat kemitraan dan kanal distribusi bancassurance melalui peluncuran produk perlindungan…

Pameran umkm BNI di Singapura

Kamis, 18 April 2024 - 16:59 WIB

BNI Dukung UMKM Tembus Pasar Singapura di Pameran Indonesia in SG

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung UMKM Indonesia untuk go global.

THR Emas Pegadaian

Kamis, 18 April 2024 - 16:51 WIB

Pegadaian Catat Transaksi Tabungan Emas Naik Sebesar 8,33% Pada Maret 2024

PT Pegadaian mencatat penjualan Tabungan Emas pada momen lebaran tahun 2024 mengalami peningkatan signifikan. Pada Maret 2024 atau menjelang lebaran, transaksi Tabungan Emas naik sebesar 8,33%…