Akademi Komunitas Presiden Gandeng Beberapa Perusahaan dan Institusi Pendidikan Atasi Masalah Pengangguran

Oleh : Hariyanto | Rabu, 07 November 2018 - 13:13 WIB

Dok. Presidentpost
Dok. Presidentpost

INDUSTRY.co.id - Cikarang – Akademi Komunitas Presiden (AKP) gandeng 10 perusahaan dan 2 institusi pendidikan bersinergi untuk mengurangi pengangguran di Kabupaten Bekasi yang ditandai dengan penandatanganan kerja sama yang dilakukan di Senior Living D’Khayangan Jababeka Cikarang, Selasa (6/11/2018).

Acara penandatanganan kerjasama tersebut juga dihadiri oleh perusahaan lainnya yang sebelumnya sudah melakukan Memorandum of Understanding (MoU).

AKP merupakan institusi pendidikan di bawah naungan Yayasan Pendidikan Universitas Presiden (YPUP), yang memberikan solusi bagi perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja yang terampil dan siap kerja dengan para lulusan SMK, pesantren dan juga komunitas khusus.

Pendidikan yang ditawarkan oleh AKP berupa D1 dengan skema 70 persennya adalah magang kerja. Sehingga siswa bisa dengan cepat bisa belajar dan beradaptasi terhadap kebutuhan perusahaan sejak dini.

“AKP kita persiapkan sebagai tempat pendidikan dan keterampilan untuk merespon kebutuhan pasar kerja, yang terkadang tidak link and match antara skill yang dimiliki calon pekerja dengan kebutuhan industrinya.” kata Direktur AKP, Erman Soeparno seperti dikutip dari presidentpost.

Menteri Ketenagakerjaan era Presiden SBY tersebut menambahkan, kurikulum AKP adalah by order. "Jadi bukan kita menyodorkan menu kepada industri tapi kita minta menu-nya dari mereka lalu kita persiapkan. Didukung oleh dosen-dosen profesional, entrepreneur, dosen ahli dari kita untuk kita yang siap membantu AKP." tambahnya.

Sebagai penasihat Asosiasi Pengusaha Indonesia, Erman menyebutkan tahu kebutuhan industri akan tenaga kerja. “Kadang-kadang mereka butuh tapi tidak terpenuhi, terpenuhi tapi tidak match dengan kebutuhan. Tidak hanya bagi yang ingin bekerja, namun ke depannya bagi siswa yang ingin mandiri berwirausaha dan membuka lapangan pekerjaan juga akan kami persiapkan,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut Erman juga mengajak para pengusaha dan akademisi di institusi pendidikan untuk bersama-sama saling sinergi membantu pemerintah dalam menanggulangi pengangguran dan kemiskinan. "AKP siap memenuhi kebutuhannya,” tutupnya.

Nada optimis juga datang dari para perwakilan perusahaan dan juga institusi pendidikan yang hadir. Presiden Direktur PT Solusindo Sistem, Agus Cahyo Wirawan menyampaikan, ada take and give antara dunia usaha dan pendidikan.

"Sehingga yang dibilang Pak Erman tadi pas. Disatu sisi kita membutuhkan SDM yang terlatih dan disisi lainnya SDM tersebut disiapkan. Link and Match nya ketemu, apalagi dari awal kita sudah mengklasifikasi kebutuhan kita apa.” kata dia.

Sementara Presiden Direktur PT Multiniaga Internusa, Sutito Zainudin menilai bagus dengan adanya AKP yang kerjasama dengan para mitra perusahaan-perusahaan yang ada serta para sekolah maupun pesantren. "Hal tersebut memberikan kesempatan kepada masyarakat yang miskin dan tidak mampu sekolah untuk diperdayakan agar memiliki skill," katanya.

Berikut adalah daftar perusahaan dan institusi pendidikan yang hadir dan bekerja sama dengan Akademi Komunitas Presiden:

1. PT Nuh Sukses Abadi

2. Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia

3. PT Solusindo Sistem Pratama

4. PT Foodex Inti Ingredients

5. PT Prikast Metal Indonesia

6. PT Art Tehnika

7. PT Candi Sukuh Permai

8. PT Master Global Fattah

9.PT Multiniaga Internusa

10.PT Bathara Tiara Celebes

11. PT Jababeka Long Life City

12. Pondok Pesantren Alfath Jalen

13. SMK Tridaya Bekasi

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…