Akademi Komunitas Presiden Gandeng Beberapa Perusahaan dan Institusi Pendidikan Atasi Masalah Pengangguran

Oleh : Hariyanto | Rabu, 07 November 2018 - 13:13 WIB

Dok. Presidentpost
Dok. Presidentpost

INDUSTRY.co.id - Cikarang – Akademi Komunitas Presiden (AKP) gandeng 10 perusahaan dan 2 institusi pendidikan bersinergi untuk mengurangi pengangguran di Kabupaten Bekasi yang ditandai dengan penandatanganan kerja sama yang dilakukan di Senior Living D’Khayangan Jababeka Cikarang, Selasa (6/11/2018).

Acara penandatanganan kerjasama tersebut juga dihadiri oleh perusahaan lainnya yang sebelumnya sudah melakukan Memorandum of Understanding (MoU).

AKP merupakan institusi pendidikan di bawah naungan Yayasan Pendidikan Universitas Presiden (YPUP), yang memberikan solusi bagi perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja yang terampil dan siap kerja dengan para lulusan SMK, pesantren dan juga komunitas khusus.

Pendidikan yang ditawarkan oleh AKP berupa D1 dengan skema 70 persennya adalah magang kerja. Sehingga siswa bisa dengan cepat bisa belajar dan beradaptasi terhadap kebutuhan perusahaan sejak dini.

“AKP kita persiapkan sebagai tempat pendidikan dan keterampilan untuk merespon kebutuhan pasar kerja, yang terkadang tidak link and match antara skill yang dimiliki calon pekerja dengan kebutuhan industrinya.” kata Direktur AKP, Erman Soeparno seperti dikutip dari presidentpost.

Menteri Ketenagakerjaan era Presiden SBY tersebut menambahkan, kurikulum AKP adalah by order. "Jadi bukan kita menyodorkan menu kepada industri tapi kita minta menu-nya dari mereka lalu kita persiapkan. Didukung oleh dosen-dosen profesional, entrepreneur, dosen ahli dari kita untuk kita yang siap membantu AKP." tambahnya.

Sebagai penasihat Asosiasi Pengusaha Indonesia, Erman menyebutkan tahu kebutuhan industri akan tenaga kerja. “Kadang-kadang mereka butuh tapi tidak terpenuhi, terpenuhi tapi tidak match dengan kebutuhan. Tidak hanya bagi yang ingin bekerja, namun ke depannya bagi siswa yang ingin mandiri berwirausaha dan membuka lapangan pekerjaan juga akan kami persiapkan,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut Erman juga mengajak para pengusaha dan akademisi di institusi pendidikan untuk bersama-sama saling sinergi membantu pemerintah dalam menanggulangi pengangguran dan kemiskinan. "AKP siap memenuhi kebutuhannya,” tutupnya.

Nada optimis juga datang dari para perwakilan perusahaan dan juga institusi pendidikan yang hadir. Presiden Direktur PT Solusindo Sistem, Agus Cahyo Wirawan menyampaikan, ada take and give antara dunia usaha dan pendidikan.

"Sehingga yang dibilang Pak Erman tadi pas. Disatu sisi kita membutuhkan SDM yang terlatih dan disisi lainnya SDM tersebut disiapkan. Link and Match nya ketemu, apalagi dari awal kita sudah mengklasifikasi kebutuhan kita apa.” kata dia.

Sementara Presiden Direktur PT Multiniaga Internusa, Sutito Zainudin menilai bagus dengan adanya AKP yang kerjasama dengan para mitra perusahaan-perusahaan yang ada serta para sekolah maupun pesantren. "Hal tersebut memberikan kesempatan kepada masyarakat yang miskin dan tidak mampu sekolah untuk diperdayakan agar memiliki skill," katanya.

Berikut adalah daftar perusahaan dan institusi pendidikan yang hadir dan bekerja sama dengan Akademi Komunitas Presiden:

1. PT Nuh Sukses Abadi

2. Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia

3. PT Solusindo Sistem Pratama

4. PT Foodex Inti Ingredients

5. PT Prikast Metal Indonesia

6. PT Art Tehnika

7. PT Candi Sukuh Permai

8. PT Master Global Fattah

9.PT Multiniaga Internusa

10.PT Bathara Tiara Celebes

11. PT Jababeka Long Life City

12. Pondok Pesantren Alfath Jalen

13. SMK Tridaya Bekasi

Komentar Berita

Industri Hari Ini

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019 (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 21:00 WIB

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendukung penuh gelaran Super League Triathlon 2019, ajang unjuk kebugaran melalui olahraga multicabang yang digelar di Pulau Dewata, Bali, pada 23 – 24 Maret…

Presiden Jokowi disaksikan sejumlah pembalap mencoba salah satu motor balap, di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Senin (11/3) sore. (Foto: Agung/Humas)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 20:00 WIB

Jelang GP 2021, Presiden Jokowi Tingkatkan Pembangunan Jalan-Runway Bandara

Balapan MotoGP akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2021. Jelang ajang kejuaraan dunia balap motor itu, Presiden Joko Widodo mengatakan ada tiga…

Askrindo Peduli

Sabtu, 23 Maret 2019 - 19:22 WIB

Askrindo Peduli Lingkungan Bersama Kelurahan Kwitang

JAKARTA - Dalam rangka memperingati HUT BUMN Bersama, dan HUT PT Askrindo (Persero) yang ke-48 dilaksanakan kegiatan peduli lingkungan bersama di wilayah Kelurahan Kwitang.

kiri-Kanan) Ketua Forwarker–PWKI Edi Hardum, Direktur Pelayanan Advokasi untuk Keadilan dan Perdamaian Indonesia(Padma) Indonesia Gabriel Goa dan Pengamat Ketenagakerjaan dan Jaminan Sosial, Timboel Siregar.

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:32 WIB

Kartu Prakerja, Jurus Jokowi Selamatkan Pengangguran

Ciloto- Program calon Presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) mengenai kartu prakerja yang akan diluncurkan jika terpilih kembali menjadi Presiden di pemilihan Presiden 17 April 2019, patut didukung…

IKIMURA GROUP (Industry/foto: Herlambang)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:20 WIB

Gemilang di Tahun Lalu, PT Ikimura Group Bidik Pertumbuhan Bisnis Hingga 30 Persen di Tahun 2019

Imbas meningkatnya permintaan akan produk komponen otomotif juga dirasakan oleh salah satu perusahaan anak bangsa, PT Ikimura Group yang saat ini mendistribusikan dan memproduksi mettal cutting…