Akademi Komunitas Presiden Gandeng Beberapa Perusahaan dan Institusi Pendidikan Atasi Masalah Pengangguran

Oleh : Hariyanto | Rabu, 07 November 2018 - 13:13 WIB

Dok. Presidentpost
Dok. Presidentpost

INDUSTRY.co.id - Cikarang – Akademi Komunitas Presiden (AKP) gandeng 10 perusahaan dan 2 institusi pendidikan bersinergi untuk mengurangi pengangguran di Kabupaten Bekasi yang ditandai dengan penandatanganan kerja sama yang dilakukan di Senior Living D’Khayangan Jababeka Cikarang, Selasa (6/11/2018).

Acara penandatanganan kerjasama tersebut juga dihadiri oleh perusahaan lainnya yang sebelumnya sudah melakukan Memorandum of Understanding (MoU).

AKP merupakan institusi pendidikan di bawah naungan Yayasan Pendidikan Universitas Presiden (YPUP), yang memberikan solusi bagi perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja yang terampil dan siap kerja dengan para lulusan SMK, pesantren dan juga komunitas khusus.

Pendidikan yang ditawarkan oleh AKP berupa D1 dengan skema 70 persennya adalah magang kerja. Sehingga siswa bisa dengan cepat bisa belajar dan beradaptasi terhadap kebutuhan perusahaan sejak dini.

“AKP kita persiapkan sebagai tempat pendidikan dan keterampilan untuk merespon kebutuhan pasar kerja, yang terkadang tidak link and match antara skill yang dimiliki calon pekerja dengan kebutuhan industrinya.” kata Direktur AKP, Erman Soeparno seperti dikutip dari presidentpost.

Menteri Ketenagakerjaan era Presiden SBY tersebut menambahkan, kurikulum AKP adalah by order. "Jadi bukan kita menyodorkan menu kepada industri tapi kita minta menu-nya dari mereka lalu kita persiapkan. Didukung oleh dosen-dosen profesional, entrepreneur, dosen ahli dari kita untuk kita yang siap membantu AKP." tambahnya.

Sebagai penasihat Asosiasi Pengusaha Indonesia, Erman menyebutkan tahu kebutuhan industri akan tenaga kerja. “Kadang-kadang mereka butuh tapi tidak terpenuhi, terpenuhi tapi tidak match dengan kebutuhan. Tidak hanya bagi yang ingin bekerja, namun ke depannya bagi siswa yang ingin mandiri berwirausaha dan membuka lapangan pekerjaan juga akan kami persiapkan,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut Erman juga mengajak para pengusaha dan akademisi di institusi pendidikan untuk bersama-sama saling sinergi membantu pemerintah dalam menanggulangi pengangguran dan kemiskinan. "AKP siap memenuhi kebutuhannya,” tutupnya.

Nada optimis juga datang dari para perwakilan perusahaan dan juga institusi pendidikan yang hadir. Presiden Direktur PT Solusindo Sistem, Agus Cahyo Wirawan menyampaikan, ada take and give antara dunia usaha dan pendidikan.

"Sehingga yang dibilang Pak Erman tadi pas. Disatu sisi kita membutuhkan SDM yang terlatih dan disisi lainnya SDM tersebut disiapkan. Link and Match nya ketemu, apalagi dari awal kita sudah mengklasifikasi kebutuhan kita apa.” kata dia.

Sementara Presiden Direktur PT Multiniaga Internusa, Sutito Zainudin menilai bagus dengan adanya AKP yang kerjasama dengan para mitra perusahaan-perusahaan yang ada serta para sekolah maupun pesantren. "Hal tersebut memberikan kesempatan kepada masyarakat yang miskin dan tidak mampu sekolah untuk diperdayakan agar memiliki skill," katanya.

Berikut adalah daftar perusahaan dan institusi pendidikan yang hadir dan bekerja sama dengan Akademi Komunitas Presiden:

1. PT Nuh Sukses Abadi

2. Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia

3. PT Solusindo Sistem Pratama

4. PT Foodex Inti Ingredients

5. PT Prikast Metal Indonesia

6. PT Art Tehnika

7. PT Candi Sukuh Permai

8. PT Master Global Fattah

9.PT Multiniaga Internusa

10.PT Bathara Tiara Celebes

11. PT Jababeka Long Life City

12. Pondok Pesantren Alfath Jalen

13. SMK Tridaya Bekasi

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Empat Mahasiswa SIA UBSI Juarai Zahir Accounting Competition

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:00 WIB

Berprestasi, Empat Mahasiswa SIA UBSI Juarai Zahir Accounting Competition

Empat mahasiswa SIA UBSI yaitu Martina Ayu Wigati, Sari Indriyani, Muhammad Yamin dan Siti Nuraeni Bariati berhasil menjadi Juara 1 Kategori Analisa Keuangan di Gunadarma All About Competition…

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani saat menemui Presiden Komite Organisasi Luar Negeri Musiad Ibrahim Uyar (Foto: Kadin)

Jumat, 18 Januari 2019 - 13:55 WIB

Kunjungi Kadin, Musiad Jajaki Kerja Sama Bisnis

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) siap menjalin kerja sama bisnis dan perdagangan dengan Mustakil Sanayici ve Isadamlari Dernegi (Musiad) atau Asosiasi Pebisnis dan Industri Independen…

Stephanie Tangkilisan (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 18 Januari 2019 - 11:59 WIB

Politik Identitas VS Hoaks Jelang Pemilu 2019

Pertanyaan-pertanyaan yang umumnya timbul adalah apakah isu politik identitas dan hoaks benar-benar akan menurunkan kualitas demokrasi Indonesia di Pemilu nanti?

MRT akan mulai proses uji coba operasi secara penuh mulai tanggal 26 Februari 2019.

Jumat, 18 Januari 2019 - 10:40 WIB

Mulai 26 Februari, Warga Jakarta Bisa Jajal MRT Jakarta Gratis

PT Moda raya terpadu (MRT) Jakarta segera beroperasi pada bulan Maret 2019 mendatang. Namun masyarakat sudah mulai bisa menjajal Ratangga, sebutan untuk kereta MRT, pada akhir Februari mendatang.

Direksi PT Nusantara Properti International Tbk (NATO) berpose bersama I Gede Nyoman Yetna, Direktur Penilaian PT Bursa Efek Indonesia (BEI) usai Perdagangan Perdana saham di Gedung BEI Jakarta.

Jumat, 18 Januari 2019 - 10:28 WIB

Perdagangan Perdana di Bursa Efek Indonesia, Harga NATO Melesat 69,9%

Harga saham PT Nusantara Properti International Tbk (NATO) langsung melesat 69,9% ke posisi Rp175 per unit pada perdagangan perdana di lantai Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (18/01/2019) dibandingkan…