Irna Narulita: Pembangunan Tol Serang-Panimbang Merupakan Proyek Strategis Nasional

Oleh : Herry Barus | Rabu, 07 November 2018 - 08:00 WIB

Hj. Irna Narulita Bupati Pandeglang di Tanjung Lesung- Foto- Industry.co.id
Hj. Irna Narulita Bupati Pandeglang di Tanjung Lesung- Foto- Industry.co.id

INDUSTRY.co.id - Serang- Bupati Pandeglang Irna Narulita meminta pihak terkait termasuk Satuan Kerja (Satker) Pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang, memperkuat kordinasi dalam pembebasan lahan Tol Serang-Panimbang untuk mempercepat realisasi rencana jalan bebas hambatan itu.

"Kami minta kordinasi di lapangan dalam pembebasan lahan, termasuk dengan BPN diperkuat, sehingga ini mau dibentuk grup 'WhatsApp'-nya. Enggak ada kata terlambat untuk saya," kata Irna usai menghadiri rapat evaluasi progres Proyek Strategis Nasional (PSN) di Banten bersama Gubernur Banten Wahidin Halim di Serang, Selasa (6/11/2018)

Menurut Irna, dalam rapat tersebut pihaknya sudah menyampaikan keluhan-keluhan Satker Serang-Panimbang melalui Satker PUPR, kendala-kendalanya, sejauh mana pembebasan lahan, berapa persen yang sudah dan kapan kontruksinya.

Menurut dia, rapat tersebut merupakan waktu yang tepat untuk memperkuat dan twrus manjaga kordinasi.

"Kami perlu tahu pembebasan lahan, sekolah-sekolah yang dilalui, apakah perlu relokasi, apakah perlu ada APBD untuk membantu percepatan pembangunan itu. Kami juga perlu kordinasi dengan DPRD," kata Irna Narulita.

Ia mengatakan pembangunan Tol Serang -Panimbang merupakan proyek strategis nasional yang akan membawa kemajuan perekonomian dan kesejahteraan bagi masyarakat Pandeglang.

"Oleh karena itu progres pembangunanya sangat diharapkan," kata Irna.

Ia mengimbau semua pihak yang terlibat saling bersinergi dan berkoordinasi, karena hal tersebut sangat penting agar progres pembangunan proyek strategis nasional Tol Serang-Panimbang dapat segera terwujud sesuai dengan waktu yang di tentukan.

Kasubdit Pengadaan tanah Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Sri Sadono seperti dilansir Antara mengatakan Proyek Strategis Nasional (PSN) Tol Serang-Panimbang sepanjang 83 KM untuk saat ini terkait pengadaan tanah di Kabupaten Pandeglang progresnya sudah capai 44 persen.

Pengadaan lahan belum menyeluruh untuk di Pandeglang dan Lebak karena selama ini masih diprioritaskan untuk wilayah Kabupaten dan Kota Serang terlebih dahulu.

"Memang waktu itu prioritasnya di Serang dulu di kabupaten dan kota, baru jalan ke Lebak dan Pandeglang," kata dia.

Namun demikian, ia mengatakan untuk wilayah Pandeglang dan Kabupaten Lebak sudah dilakukan musyawarah mengenai harga, dan pada prinsipnya sudah tidak ada masalah, tinggal tahapan validasi pemberkasan dokumen kepemilikan warga.

"Hanya saja dokumennya masih ada yang belum bersertifikat sehingga diperlukan kelengkapan dokumen yang memerlukan tambahan waktu. Akan tetapi secara global sudah disepakati oleh warga, diperkirakan terkait validasi ini akan rampung bulan Maret 2019," kata Sri Sadono.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…