Tenagai Pengalaman Komputasi Tingkat Tinggi, AMD Perluas Jajaran Prosesor Desktop Ryzen Threadripper

Oleh : Hariyanto | Selasa, 06 November 2018 - 14:20 WIB

Threadripper 27970WX
Threadripper 27970WX

INDUSTRY.co.id - Jakarta - AMD mengumumkan ketersediaan dari dua model baru dari prosesor AMD Ryzen Threadripper Generasi Kedua; Ryzen Threadripper 2970WX dengan 24 core dan 48 thread, dan Ryzen Threadripper 2920X dengan 12 core dan 24 thread. 

Seri Ryzen Threadripper WX memberikan jumlah core terbanyak di kelasnya, dan dirancang untuk para prosumer yang berfokus pada tenaga komputasi bertenaga untuk menjalankan pekerjaan paling berat. 

Sebaliknya, seri Ryzen Threadripper X memberikan performa tinggi bagi para antusias, gamers, dan streamer untuk pengalaman bermain game yang halus dan indah berkat base dan boost clockspeed prosesor yang lebih tinggi daripada generasi sebelumnya.

“Kepemimpinan dan inovasi AMD mendorong transformasi drastis pada pasar HEDT (High End Desktop) dan PC secara keseluruhan, dan keluarga AMD Ryzen Threadripper menjadi pusat dari antusiasme global ini,” kata Saeid Moshkelani, senior vice president and general manager, Client Compute, AMD. 

“Kami sedang memperluas antusiasme ini sambil juga memastikan bahwa pasar HEDT tetap mudah diakses oleh lebih banyak pembuat konten dan pemain game dengan kedua prosesor Threadripper baru dengan harga mulai dari sepuluh jutaan.”  katanya.


Prosesor 24 core/48 thread Ryzen Threadripper 2970WX dan prosesor 12 core/24 thread Ryzen Threadripper 2920X menawarkan multi-threading tak terkalahkan dengan performa multi-threaded hingga 39% dan 55%  lebih cepat dibandingkan dengan Core i9-7960X dan Core i7-7820X secara berurutan. 

Ryzen Threadripper 2920X juga menawarkan baik pengalaman bermain game 4K maupun 4K30 pada proses encoding 40,000 Kilobit per second (Kbps)  encoding,  sehingga para pemain game dapat mengunggah video stream mereka dengan lancar. 

Baik prosesor 2970WX dan 2920X menawarkan peningkatan performa ray-tracing hingga 32%  lebih cepat, dan peningkatan enkripsi hingga 60%  lebih cepat dibandingkan Core i9-7960X dan Core i7-7820X secara berurutan.  


Dirancang secara khusus untuk prosesor-prosesor Ryzen Threadripper WX; fitur utama, software Dynamic Local Mode (DLM), mengoptimalkan performa aplikasi dengan memastikan thread yang paling menuntut untuk selalu diutamakan untuk menerima time on core dengan memori lokal. 

Fitur ini akan terkonfigurasi secara otomatis dengan mengunduh AMD Ryzen™ Master pada sistem-sistem berbasis Ryzen Threadripper 2990WX maupun 2970WX.

Ketika diaktifkan, Dynamic Local Mode rata-rata menghasilkan 15 peningkatan performa  pada CPU-CPU Seri Ryzen Threadripper WX untuk aplikasi-aplikasi tertentu, termasuk bencmark SPECwpc™ dan game-game seperti PUBG™, Far Cry® 5, dan Alien: Isolation™. AMD juga berencana untuk memperluas fitur ini untuk lebih banyak pengguna dengan menyertakan Dynamic Local Mode sebagai sebuah paket bawaan pada pembaharuan driver chipset AMD yang akan datang.

Seluruh CPU Ryzen Threadripper Generasi Kedua didukung oleh ekosistem penuh motherboard-motherboard  baru yang menarik dengan desain-desain yang tersedia dari fabrikan motherboard papan atas termasuk ASRock, ASUS, Gigabyte, dan MSI; serta platform X399 yang telah ada dengan pembaharuan BIOS sederhana. 

Selama periode akhir tahun 2018, fabrikan-fabrikan motherboard tersebut menawarkan paket motherboard dimulai dari 2,5 jutaan dengan pembelian CPU-CPU Ryzen Threadripper. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program paket, silahkan mengunjungi website-website fabrikan motherboard terkait.  

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pupuk Indonesia

Kamis, 18 April 2024 - 13:42 WIB

Pupuk Indonesia Gunakan Snowflake Data Cloud untuk Transformasi Produksi Pertanian Nasional

Pupuk Indonesia memilih Snowflake Data Cloud untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur data yang meningkat tajam terkait penyediaan teknologi pertanian cerdas terkini kepada lebih dari 95.000 petani…

Menteri BUMN Erick Rhohir (Foto Ist)

Kamis, 18 April 2024 - 13:26 WIB

Menteri Erick Thohir Siapkan BUMN Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Candi Borobudur

Kamis, 18 April 2024 - 10:50 WIB

Dahsyat! Perputaran Ekonomi di Sektor Parekraf Selama Libur Lebaran Capai Rp369,8 Triliun

Peningkatan pergerakan masyarakat saat momen mudik dan libur lebaran tahun ini memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan perputaran ekonomi…

SILO Dukung Deteksi Kanker Dini Melalui #Selangkah 2024

Kamis, 18 April 2024 - 10:34 WIB

SILO Dukung Deteksi Kanker Dini Melalui #Selangkah 2024

PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO), anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) di sektor layanan kesehatan, berkomitmen mengembangkan industri kesehatan dengan memberikan layanan spesialisasi…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 18 April 2024 - 10:34 WIB

Menperin Agus Antisipasi Dampak Gejolak Geopolitik Dunia Bagi Sektor Industri

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memantau situasi geopolitik dunia yang tengah bergejolak. Saat ini situasi Timur Tengah semakin memanas dengan adanya konflik Iran dan Israel baru-baru…