Pariwisata Indonesia Unjuk Keindahan di Ajang World Travel Market 2018

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 06 November 2018 - 10:17 WIB

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatatakan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dipastikan ambil bagian di World Travel Market (WTM) London 2018, 5-7 November.
Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatatakan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dipastikan ambil bagian di World Travel Market (WTM) London 2018, 5-7 November.

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dipastikan ambil bagian di World Travel Market (WTM) London 2018, 5-7 November nanti. Untuk memaksimalkan performa, Kemenpar terlebih dahulu menggelar sales mission di dua kota di Inggris.

Sales mission diselenggarakan di Manchester pada 30 Oktober 2018. Juga di London pada 1 November 2018. Kegiatan ini adalah hasil kerja sama Kemenpar dengan industri pariwisata Indonesia dan KBRI di London.

Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata II Nia Niscaya mengatakan, sales mission adalah upaya memaksimalkan partisipasi di WTM London 2018. Tujuannya, mendapatkan sales leads untuk menjaring lebih banyak wisman asal Inggris dan sekitarnya.

“Misi Penjualan di Inggris dilaksanakan berdekatan dengan waktu partisipasi Wonderful Indonesia di WTM London. Misi ini merupakan rangkaian aktivitas pemasaran pariwisata Indonesia menggandeng industri yang juga akan berpartisipasi pada WTM London 2018 agar dapat berjalan seefisien dan seefektif mungkin bersama-sama menjaring wisman asal Inggris,” jelas Nia, didampingi Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran II Regional IV (Eropa) Kemenpar Agustini Rahayu, dalam keterangan persnya, kemarin.

Dalam sales mission ini, Kemenpar melibatkan 18 industri pariwisata Indonesia (Tour Operator/Travel Agent, Akomodasi). Juga 70 industri pariwisata Inggris.

“Kegiatan Misi Penjualan di Inggris diharapkan dapat menunjukkan konsistensi promosi pariwisata Indonesia di Inggris. Sehingga dapat terus meningkatkan awareness masyarakat Inggris terhadap pariwisata Indonesia, serta mendorong lebih banyak lagi kerjasama bisnis untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan asal Inggris ke Indonesia,” jelas Nia.

Agustini menambahkan, kunjungan wisatawan asal Inggris ke Indonesia selalu menunjukkan angka positif. Pada 2016, sejumlah 328.882 wisatawan mancanegara (wisman) asal Inggris mengunjungi Indonesia.

"Jumlah ini tumbuh 17.37% dari tahun sebelumnya. Sementara pada tahun 2017, terdapat lebih banyak wisatawan Inggris yang mengunjungi Indonesia. Dilaporkan bahwa sejumlah 361.197 wisman Inggris datang ke Indonesia atau meningkat 9.8% dari tahun 2016," papar Agustini.

Hingga Agustus 2018, tercatat sekitar 264.023 wisman asal Inggris telah mengunjungi Indonesia. Atau, sekitar 67.52% dari total target wisman Eropa tahun 2018.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan, wilayah Eropa terus menunjukkan tren positif selama beberapa tahun terakhir. Inggris, Perancis, Jerman, Belanda dan Rusia adalah lima besar pasar Eropa untuk Indonesia.

Statistik menunjukkan nilai pasar wisatawan dari negara-negara tersebut mencapai lebih dari 1 juta dolar AS dengan rata-rata lama menginap hampir dua minggu.

"Kemampuan spending wisatawan Eropa cukup besar. Kedatangan mereka tentunya menguntungkan perekonomian. Bukan hanya pihak hotel saja yang untung, sektor kuliner, sektor transportasi, bahkan UMKM yang menjual souvenir akan kebagian manfaatnya. Untuk itu kami terus berusaha melebarkan sayap ke negara-negara Eropa lainnya," ujar Menpar Arief Yahya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:13 WIB

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University Raih Beasiswa dari Sony Music Group Global Scholars Program

Alfath, mahasiswa President University, musisi muda Indonesia asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang tengah menempuh studi sarjana Sistem Informasi untuk Bisnis dan Manajemen telah mencatat…

Pelita Air

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:51 WIB

Dukung Kelancaran Angkutan Lebaran 2024, Pelita Air Siapkan 273 Ribu Kursi Penerbangan

Pelita Air (kode penerbangan IP), maskapai medium service, menyiapkan 273 ribu kursi penerbangan selama periode angkutan lebaran pada 3 hingga 18 April 2024. Hal ini dilakukan untuk mendukung…