Jawab Tantangan Menperin, Industri Furnitur Secara Tegas Menyatakan Siap Ekspansi ke Luar Jawa

Oleh : Ridwan | Minggu, 04 November 2018 - 10:52 WIB

Ilustrasi Industri Furnitur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Ilustrasi Industri Furnitur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Cirebon, Pengusaha furnitur yang berada dalam naungan Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) menyatakan kesiapannya ekspansi ke laur Pulau Jawa khususnya Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng). 

Hal tersebut ditegaskan oleh Ketua HIMKI Soenoto saat seusai menerima kunjungan kerja Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di PT House of Rattan di Cirebon, Jawa Barat (3/11/2018) kemarin. 

"Kita rencana akhir tahun akan terbang kesana (Palu) untuk memulai penjajakan," kata Soenoto. 

Ia pun menegaskan, pihaknya telah siap untuk melebarkan sayap bisnisnya di Palu. "Disana itu pusat bahan baku rotan, dan saya tegaskan sekali lagi bahwa kami siap ekspansi kesana," tegasnya. 

Menurut Soenoto, hal ini juga sekaligus mendorong program hilirisasi industri yang sedang digalakkan oleh pemerintah. "Ini kan hilirisasi industri, jadi kita dukung program pemerintah," tambah Soenoto. 

Namun, lanjutnya, yang menjadi tantangan disana yaitu sumber daya manusia (SDM). "Mungkin nanti tenaga kerjanya kita akan bawa dari Cirebon, kemudian akan kita siapkan teknisi untuk dapat mendonorkan ilmunya kepada 5-10 orang pekerja. Memang butuh waktu, tetapi harus segera dimulai," tutup Soenoto. 

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto terus mendorong industri furnitur turut berkembang di luar Jawa. Pasalnya, daerah penghasil rotan di Indonesia sebagian besar berada di Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera. 

"Hingga saat ini, industri furnitur Indonesia masih terpusat di Pulau Jawa khususnya Cirebon. Oleh karena itu, saya meminta industri furnitur yang berada dalam naungan Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) untuk hijrah ke luar Jawa khusunya di Palu, Sulawesi Tengah," kata Airlangga.

Ajakan Menperin tersebut dinilai cukup menjanjikan, pasalnya Sulawesi Tengah khususnya Palu menjadi basis kuat penghasil bahan baku rotan di Indonesia. 

"Disana (Palu) bahan baku rotan melimpah, oleh karena itu saya mengajak industri yang ada di Cirebon untuk hijrah ke Palu. Dan saya minta proses awal dipindahkan kesana, untuk menjadi bagian rekonstruksi Palu setelah terjadi bencana," terangnya. 

Selain itu, tambah Menperin, pihaknya telah menyediakan gedung, mesin, serta gudang di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu yang bisa digunakan untuk proses produksi industri furnitur. 

"Mereka tinggal bawa sumber daya manusia (SDM) kesana, sedangkan perakitan dan finishingnya tetap di Cirebon," tutur Airlangga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Jumat, 19 April 2024 - 06:58 WIB

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Menutup Triwulan I Tahun 2024, Konsorsium PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ditunjuk sebagai pemenang lelang Pembangunan Jalan Trans Papua ruas…

RS Siloam Cinere Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:46 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram : Parkinson Dapat Dicegah, Proses Pengobatan Berdasarkan Kondisi Pasien

Parkinson adalah penyakit progresif pada otak dan sistem saraf yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak. Penyebab utama Parkinson adalah kerusakan sel saraf pada area substantia nigra…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…