PLUT Dorong Dinamika Pengembangan Usaha KUMKM Di Daerah

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 02 November 2018 - 10:09 WIB

Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah meresmikan PLUT Bengkulu di Kawasan Pekan Sabtu Kota Bengkulu, Kamis (01/11).
Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah meresmikan PLUT Bengkulu di Kawasan Pekan Sabtu Kota Bengkulu, Kamis (01/11).

INDUSTRY.co.id, Bengkulu-  Pemprov Bengkulu meresmikan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT), untuk meningkatkan kinerja usaha Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kawasan Pekan Sabtu Kota Bengkulu, Kamis (01/11).

PLUT ini diresmikan secara langsung oleh Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dan Deputi Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM RI Abdul Kadir Damanik, ditandai Penandatanganan Prasasti.

Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, keberadaan PLUT ini memberikan dampak positif terhadap dinamika pengembangan usaha KUMKM di Bengkulu dan menjadi pusat fasilitasi, pusat pendampingan sekaligus pusat pembelajaran bagi semua pelaku usaha, sehingga KUMKM kedepan akan semakin tumbuh dan berkembang.

Selain itu lanjut Rohidin Mersyah, di PLUT ini juga telah disiapkan tenaga konsultan pendamping, mulai dari bidang IT, pemasaran, produk dan kelembagaan. Termasuk dengan melakukan kerjasama (MoU) dengan PT. Telkom, PT. Garuda Indonesia dan pihak perbankan.

“Dengan model seperti ini sudah terintegrasi, saya kira ini betul-betul bisa menjadi pusat yang sangat produktif dalam rangka pengembangan koperasi dan UKM di Bengkulu. Namun catatannya, memang kita butuh tenaga-tenaga yang handal agar betul-betul bisa mendampingi masyarakat, sehingga bisa berkembang dan menjadi badan usaha,” terang Rohidin Mersyah.

Dikatakan Deputi Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM RI Abdul Kadir Damanik, selain memberikan dorongan terhadap pengembangan usaha koperasi dan UKM, adanya PLUT ini juga memperkuat pemerintah daerah dalam hal pembinaan.

“Jadi kalau ada UKM punya pertanyaan atau kemudian dia ingin konsultasi, mereka bisa datang ke sini. Kita juga mengharapkan kalau UKM belum mengenal, konsultan juga bisa datang atau beranjangsana ke UKM-UKM yang ada di Bengkulu ini,” jelasnya.

Sementara itu menurut Kadis Kop-UKM Provinsi Bengkulu Muslih Z, dengan struktur UPTD PLUT termasuk type A dengan 7 cakupan pelayanan, mulai dari pelayanan konsultasi hingga pelayanan pustaka interpreneur.

“Jadi kita persilahkan masyarakat pelaku usaha untuk berkonsultasi ke PLUT ini. Jika ada kendala yang dihadapi dalam pengembangan usaha bisa langsung bertanya kepada para konsultan yang berkompeten dibidangnya masing-masing,” ungkap Muslih.  

Diharapkan PLUT ini bisa memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang dihadapi KUMKM saat ini, seperti rendahnya kualitas produksi, packing produk yang tidak menarik serta kemitraan usaha, pemanfaatan teknologi informasi dan pemasaran yang terbatas.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rawanto, Building Manager Tangcity Superblock (tengah)

Jumat, 29 Maret 2024 - 13:04 WIB

Meriahkan Bulan Suci Ramadan, Tangcity Superblock Hadirkan Festival Takjil 'Umami Eats Unjuk Rasa'

Dalam rangka memeriahkan bulan Ramadan, Umami Eats, semi outdoor food court yang terletak di Tivoli Garden, Tangcity Superblock, menghadirkan festival gelaran takjil dalam “Umami Eats Unjuk…

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:53 WIB

Top Digital Corporate Brand Award 2024 Digelar Online

InfoEkonomi.ID, portal berita seputar ekonomi, keuangan dan bisnis sukses menggelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024, Kamis (28/3). Acara penghargaan yang menggandeng…

Media briefing Modal Rakyat Indonesia

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:16 WIB

Enam Tahun Berkarya, Modal Rakyat Indonesia Terus Hadirkan Inovasi bagi Perekonomian Indonesia

Enam tahun perjalanan, namun semangat inovasi dan komitmen Modal Rakyat Indonesia terhadap kemajuan ekonomi Indonesia tetap membara. Modal Rakyat Indonesia terus menorehkan jejaknya sebagai…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:37 WIB

Melayani dan Melindungi Pemudik Lebaran 2024

PEMERINTAH hendaknya segera memastikan kesiapan seluruh moda angkutan umum, baik darat, laut maupun udara, untuk melayani hampir 200 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik guna merayakan…

Ilustrasi mudik Lebaran - Dokumentasi Roojai.co.id

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:33 WIB

Ini Tips Roojai Agar Mudik Lebaran Tenang dan Nyaman Saat Cuaca Ekstrem

Jakarta- Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada 6 April hingga 8 April 2024 mendatang. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menghimbau pemudik…