Mentan Salut Sulteng Panen Raya

Oleh : Wiyanto | Kamis, 01 November 2018 - 19:21 WIB

Mentan Amran Sulaiman
Mentan Amran Sulaiman

INDUSTRY.co.id -

Sulteng - Kabupaten Parigi Moutong, di Provinsi Sulawesi Tengah, yang baru saja melewati masa sulit, akibat bencana alam, kini mulai menatap masa depan, memasuki masa panen raya, walau masyarakat belum pulih 100 % namun saat ini mulai dapat melakukan kegiatan keseharian, panen dan langsung menyiapkan lahan pertanaman.

Karena musim panen kali ini disaat musim penghujan, 32000 hektar tanaman padi menguning menghiasi seluruh areal persawahan petani, di 23 kecamatan, kabupaten parigi moutong.

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, bersama Bupati Parigi Moutong, Syamsurizal Tombolotutu, hadir menyaksikan panen petani, di desa palipi, kecamatan kesimbar, hari ini, Kamis, 1/11/2018. 429 hektar lahan padi petani menguning ke emasan, menumbuhkan rasa semangat untuk kembali bekerja. Menteri Amran, turut bahagia, melihat petani kab, parigi moutong yang bersemangat berkumpul dan menyampaikan berbagai aspirasi, tidak hanya berkaitan dengan usaha tani, bahkan yayasan pendidikan pun turut menyampaikan aspirasi.

Menteri Amran, pada kesempatan dialog dengan masyarakat tani, memberikan bantuan benih padi dan bibit tanaman kopi, kakao serta dana program replanting kelapa sawit unruk 2 propinsi sulteng dan sulbar senilai 200 milyar dan berbagai alat mesin pertanian, seperti traktor besar 4 roda, driyer padi, eskavator besar untuk kabupaten parigi moutong.

Parigi Moutong ini, harus bersyukur, ujar Menteri Amran, ditengah cobaan masih tetap dapat menuai hasil kerja keras dan produksi cukup bagus. Hidup tidak bisa berhenti, harus kerja-kerja-kerja, kita dianugerahi yang kuasa tanah yang subur, air dan benih, maka harus ada kehidupan, takdir adalah hak yang Maha Kuasa namun usaha dengan kerja-kerja-kerja menjadi kewajiban kita tegas mentan.

Kami sudah 4 tahun ditakdirkan jadi menteri pertanian, dan bersyukur bisa hadir disini bersama bapak dan ibu sekalian, walaupun demikian, bantuan Pemerintahan Jokowi- JK, setiap tahun tetap ada dan bantuan pemerintah ini sungguh luar biasa, pungkas Amran.

Syamsurizal Tombolotutu, bupati parigi moutong, menyampaikan salam hormat dan terimakasih, kepada pemerintah pusat khususnya mentan, yang sudah hadir dalam panen raya tahun ini. Bupati, melihat dan merasakan kehadiran Andi Amran Sulaiman, menumbuhkan rasa percaya diri dan memberi semangat yang lebih kepada Pemda khususnya Petani yang baru saja melewati masa sulit. Terimakasih Pak Menteri, salam hormat untuk pemerintah pusat, yang sangat memperhatikan kebutuhan rakyat, tegasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Everpure tersedia di Shopee, atasi masalah jerawat usai mudik lebaran.

Selasa, 23 April 2024 - 19:40 WIB

Tips Merawat Kulit Wajah Bersama Shopee 5.5 Voucher Kaget

Melalui kampanye 5.5 Voucher Kaget, Shopee ingin menjadi teman serta memberikan semangat untuk kembali memulai perjalanan pengguna, khususnya dalam perawatan diri setelah libur lebaran.

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Festival Seoul Beats on Campus (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 17:57 WIB

Bakal Gelar Festival Seoul Beats on Campus, President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave

Presuniv berencana membuka konsentrasi K-Wave yang akan bernaung di bawah Program Studi (Prodi) Business Administration. Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event Seoul Beats on Campus…

Arta Monica Pasaribu, S.IP – President University Mahasiswa S2 MMT

Selasa, 23 April 2024 - 17:30 WIB

Strategi Marketing Dinamo Listrik Buatan Lokal untuk Mendukung Net Zero Emission

Tidak dapat dipungkiri ternyata penggunaan kendaraan listrik seperti motor listrik sangat tumbuh dengan cepat. Pemerintah mencatat keberadaan motor dan mobil yang berbasis listrik di sini naik…

PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi demi generasi masa depan.

Selasa, 23 April 2024 - 17:28 WIB

Cinta Bumi, PIS Sukses Tekan Emisi 25,4 Ribu Ton Setara CO2

Jakarta - PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi…