Padukan Business dan Leisure Travel Pariwisata Ajak Wisman Kunjungi Indonesia

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 17 Februari 2017 - 19:25 WIB

Acara Forum Wartawan Pariwisata Indonesia yang mengangkat tema "Pariwsata Indonesia Mengejar Kualitas atau Kuantitas Wisatawan Mancanegara"
Acara Forum Wartawan Pariwisata Indonesia yang mengangkat tema "Pariwsata Indonesia Mengejar Kualitas atau Kuantitas Wisatawan Mancanegara"

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Untuk mewujudkan jumlah wisatawan mancanegara tahun 2019 mendatang yang ditargetkan 20 juta wisman berkunjung ke Indonesia, segala macam cara sudah dilakukan untuk mewujudkannya.

Potensi pariwisata di Indonesia juga beraneka ragam mulai dari alamnya, hingga budaya yang merupakan faktor daya tarik para wisata mancanegara yang datang berkjunjung.

Menurut Chirstina L Raudatin, Praktisi MICE PNJ mengatakan bahwa, kualitas dan kuantitas itu penting dalam hal sektor pariwisata. Terbukti bussiness dan leisure travel dari luar negeri banyak yang melakukan kegiatan bisnis di Indonesia dan mereka juga tertarik untuk menjelajahi Indonesia.

"Di Indonesia ada 16 destinasi yang difokuskan oleh pemerintah untuk memfokuskan MICE, tetapi nyatanya sampai saat ini mayoritas masing terkonsentrasi di Jakarta dan Bali saja. Hal ini dikarenakan soal aksesibilitas dan fasilitas. Jadi, untuk MICE mau tidak mau harus fokus satu-satu pada beberapa destinasi yang memang sudah dianggap siap terlebih dahulu," ujar Chirstina L Raudatin dalam acara yang digelar oleh Forum Wartawan Pariwisata Indonesia yang mengangkat tema "Pariwsata Indonesia Mengejar Kualitas atau Kuantitas Wisatawan Mancanegara" di Hotel Ibis, Harmoni, Jakarta, Jumat (17/2/2017).

Dari kriteria sebuah destinasi MICE memang Jakarta dan Bali yang hampir memenuhi kriteria diantaranya dengan adanya aksesbiliti paling tidak direct flight internasional dari Jakarta dan Bali jauh lebih banyak dari pada kota-kota lainnya. Tentu saja jika kita mengadakan kegiatan MICE disebuah destinasi, nomor satu mereka ingin adanya kemudahan menuju ke destinasi tersebut, dan keimigrasian, kami bersyukur bahwa kebijakan bebas visa menjadi salah satu kemudahan, lanjutnya.

"Indonesia baru sekitar tujuh destinasi yang dianggap mampu untuk dikembangkan menjadi fokus MICE. Potensi wisata MICE yang lainnya antara lain Jogja, Bandung, Surabaya, Solo, Medan dan Semarang," pungkas, Chirstina L Raudatin, Praktisi MICE PNJ.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi kredit perbankan

Kamis, 18 Januari 2018 - 22:32 WIB

OJK Optimis Pertumbuhan Kredit 12 Persen di 2018

Jakarta-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas target pertumbuhan ekonomi 5,4% yang ditetapkan Pemerintah di tahun 2018, OJK memperkirakan kredit dan Dana Pihak Ketiga perbankan berpotensi untuk…

Ilustrasi kredit perbankan

Kamis, 18 Januari 2018 - 22:00 WIB

Kredit Perbankan Tumbuh 8,3 Persen Sepanjang 2017

Jakarta-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan intermediasi lembaga jasa keuangan juga mengalami pertumbuhan sejalan kinerja perekonomian domestik.

Wimboh Santoso Ketua Dewan Komisioner (Foto Anto)

Kamis, 18 Januari 2018 - 21:17 WIB

Ini Komitmen OJK Jaga Stabilitas Keuangan

Jakarta-OJK memiliki komitmen tinggi untuk meningkatkan peran sektor jasa keuangan dalam memacu pertumbuhan dengan tetap menjaga kesinambungan dalam menjaga stabilitas sistem keuangan.

AFTECH Resmikan Kemitraan dengan UnionSpace

Kamis, 18 Januari 2018 - 20:45 WIB

AFTECH Resmikan Kemitraan dengan UnionSpace Dorong Perkembangan Industri Fintech

Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) meresmikan kemitraannya dengan UnionSpace untuk mendorong perkembangan industri teknologi finansial (tekfin) melalui penyediaan Fintech Space, yang merupakan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Kamis, 18 Januari 2018 - 20:25 WIB

Menperin: Indonesia Termasuk Pemain Industri Manufaktur Sarana Kereta Api Terbesar di Asia Tenggara

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia saat ini termasuk salah satu pemain industri manufaktur sarana kereta api terbesar di Asia Tenggara. Produk industri kereta api…