Modalku Menjadi Mitra Distribusi SUKUK Tabungan ST-002 Bersama Pemerintah

Oleh : Herry Barus | Kamis, 01 November 2018 - 10:30 WIB

Ilustrasi Alplikasi Fintech, Modalku
Ilustrasi Alplikasi Fintech, Modalku

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Modalku dipercaya oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menjadi salah satu mitra distribusi SUKUK Tabungan seri ST-002 dari sektor teknologi finansial (FinTech) Indonesia.

SUKUK Tabungan merupakan produk investasi syariah yang ditawarkan pemerintah kepada individu Warga Negara Indonesia (WNI) sebagai tabungan investasi yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan.

SUKUK Tabungan ST-002 adalah kerja sama kedua Modalku dan pemerintah Indonesia dalam menawarkan surat berharga negara, dimulai dengan penjualan Savings Bond Ritel seri SBR004 di bulan Agustus hingga September 2018.

Hasil penjualan SUKUK Tabungan ST-002 akan dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur negara. Ini menjadikan ST-002 salah satu bentuk partisipasi masyarakat bagi kemajuan bangsa selain instrumen investasi yang menarik. SUKUK Tabungan ST-002 dijual melalui mekanisme online dan dapat diakses pengguna Modalku menggunakan akun pemberi pinjaman mereka selama masa penawaran ST-002, yaitu 1 - 22 November 2018. SUKUK Tabungan ST-002 jatuh tempo pada tanggal 10 November 2020.

 Investasi SUKUK Tabungan ST-002 memiliki berbagai keuntungan, di antaranya bersifat aman dan dijamin aset negara. ST-002 memiliki tingkat imbalan yang menarik dan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito Bank BUMN, yaitu sebesar 8,30% per tahun.

Imbalan ST-002 dibayar ke investor setiap bulan dan bersifat terjangkau, dengan rentang pemesanan mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 3 miliar. Ada juga fasilitas early redemption atau pencairan sebelum jatuh tempo setelah 1 tahun berjalan. ST-002 sudah mendapatkan pernyataan kesesuaian syariah dari Dewan Syariah Nasional - Majelis Ulama Indonesia.

 Cindyana Laksana, selaku Head of Strategic Investors di Modalku, berkata, “Dipercaya lagi oleh Kemenkeu untuk menjadi Mitra Distribusi surat berharga negara, kali ini untuk produk investasi syariah, adalah kebanggaan tersendiri bagi tim Modalku, apalagi untuk produk yang sejalan dengan visi kami mendukung ekonomi negara.

SUKUK Tabungan ST-002 bertujuan membangun infrastruktur negara untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi, sedangkan Modalku memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal yang berpotensi melalui modal usaha.

“Kami percaya bahwa sektor UMKM yang kuat akan memajukan ekonomi nasional, contohnya dengan memperbesar kontribusi UMKM ke Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia, ” ujar  Cindyana Laksana

 Modalku menyediakan layanan peer-to-peer (P2P) lending, di mana peminjam (UMKM yang berpotensi) bisa mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa agunan hingga Rp 2 miliar yang didanai oleh pemberi pinjaman platform (individu atau institusi yang mencari alternatif investasi) melalui pasar digital. Pinjaman usaha Modalku digunakan UMKM untuk pengembangan serta ekspansi bisnis.

Sejak berdiri, Modalku telah mengumpulkan pendanaan sebesar Rp 2,85 triliun bagi UMKM di Asia Tenggara. Dari angka tersebut, Rp 1,35 triliun telah disalurkan bagi UMKM Indonesia. Di Asia Tenggara, Modalku beroperasi di Indonesia, Singapura, dan Malaysia. Di Indonesia sendiri, Modalku melayani wilayah Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya. Modalku meraih Pendanaan Seri A dan Seri B terbesar bagi platform P2P lending di Asia Tenggara, masing-masing sebesar Rp 100 miliar dan Rp 350 miliar. Pendanaan Seri B Modalku, yang diumumkan April 2018, didukung oleh SoftBank Ventures Korea, Sequoia India, Alpha JWC Ventures Indonesia, serta Golden Gate Ventures.

 Tentang Modalku

Didirikan di tahun 2016, Modalku adalah platform pinjaman digital terbesar di Indonesia yang menghubungkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan pemberi pinjaman individu dan institusi. Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku adalah startup Asia pertama dan satu-satunya yang pernah memenangkan penghargaan tersebut. Di tengah pertumbuhan pesatnya, Modalku tetap berkomitmen pada visi mereka memberdayakan UMKM dan masyarakat Asia Tenggara.

 Modalku adalah merek dagang yang dimiliki PT Mitrausaha Indonesia Grup (perusahaan). Secara hukum, Modalku terdaftar di OJK sebagai Penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi dan memiliki misi memajukan ekonomi Indonesia dengan mendukung pertumbuhan UMKM melalui kegiatan pinjam meminjam langsung.

Modalku berkomitmen untuk menjadi pusat informasi di Indonesia, terutama untuk UMKM, regulator, dan pemberi pinjaman.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rawanto, Building Manager Tangcity Superblock (tengah)

Jumat, 29 Maret 2024 - 13:04 WIB

Meriahkan Bulan Suci Ramadan, Tangcity Superblock Hadirkan Festival Takjil 'Umami Eats Unjuk Rasa'

Dalam rangka memeriahkan bulan Ramadan, Umami Eats, semi outdoor food court yang terletak di Tivoli Garden, Tangcity Superblock, menghadirkan festival gelaran takjil dalam “Umami Eats Unjuk…

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:53 WIB

Top Digital Corporate Brand Award 2024 Digelar Online

InfoEkonomi.ID, portal berita seputar ekonomi, keuangan dan bisnis sukses menggelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024, Kamis (28/3). Acara penghargaan yang menggandeng…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:37 WIB

Melayani dan Melindungi Pemudik Lebaran 2024

PEMERINTAH hendaknya segera memastikan kesiapan seluruh moda angkutan umum, baik darat, laut maupun udara, untuk melayani hampir 200 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik guna merayakan…

Ilustrasi mudik Lebaran - Dokumentasi Roojai.co.id

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:33 WIB

Ini Tips Roojai Agar Mudik Lebaran Tenang dan Nyaman Saat Cuaca Ekstrem

Jakarta- Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada 6 April hingga 8 April 2024 mendatang. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menghimbau pemudik…

Peringatan Nuzululqur'an 1445 H, Menteri Basuki: Al-Qur'an Sebagai Tuntunan Menjalankan Tugas

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:20 WIB

Peringatan Nuzululqur'an 1445 H, Menteri Basuki: Al-Qur'an Sebagai Tuntunan Menjalankan Tugas

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan peringatan Nuzululqur'an 1445 H dan Berbuka Puasa Bersama Anak Yatim di Auditorium Kementerian PUPR, Kamis (28/03/2024).…