Resmi Buka IMOS 2018, Menperin Airlangga Tantang AISI Kebut Ekspor Hingga 10 Persen

Oleh : Ridwan | Rabu, 31 Oktober 2018 - 16:13 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Kepala BPPI Kemenperin Ngakan Timur Antara dan Ketua Umum AISI Johannes Loman saat membuka Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Kepala BPPI Kemenperin Ngakan Timur Antara dan Ketua Umum AISI Johannes Loman saat membuka Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto secara resmi membuka ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 yang digelar oleh Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI). 

Ajang dua tahun sekali ini akan terselenggara pada 31 Oktober hingga 4 November 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Dalam sambutannya, Airlangga menyambut positif keberadaan IMOS sebagai pendukung pertumbuhan industri. Menurut paparannya, Indonesia merupakan pasar terbesar ke-3 setelah China dan India. 

"Indonesia merupakan pasar terbesar ke-3 setelah China dan India, ini menunjukkan industri sepeda motor nasional semakin agresif," kata Airlangga saat membuka Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 di JCC, Jakarta, Rabu (31/10).

Pada kesempatan tersebut, Airlangga menyinggung sekaligus memberi tantangan kepada AISI untuk mencapai target pertumbuhan ekspor hingga 10 persen.

"Tolong catat bahwa ketua AISI sanggup untuk ekspor motor 10% dari total penjualan motor dalam setahun, yakni sekitar 600 ribu unit," tegas Airlangga. 

Menurutnya, pegangan Presiden saat ini adalah kondisi antara ekspor dan impor yang positif. Industri motor ini pada 2017 ekspornya mencapai US$ 1,2 miliar dengan impor sebesar US$ 450 juta.

"Target 10% ini merupakan bagian dari rencana pemerintah dalam skema Industry 4.0. Tentu ini diharapkan bisa berkontribusi positif," tutur Menperin. 

Johannes Loman selaku Ketua Umum AISI mengatakan, dengan mengusung tema 'Indonesia Future Technology' kami membawa bukan hanya merek motor, tetapi juga produk turunannya seperti oli, aparel, dan aksesori. 

Pada pembukaannya, Loman mengatakan bahwa ajang IMOS ini jadi ajang pamer teknologi dengan target pengunjung 100.000 orang. Soal target transaksi, pihak penyelenggara mematok angka transaksi hingga Rp 20 miliar naik dari tahun lalu yang mencapai Rp 17 millar.

Loman pun mengungkapkan rasa optimistis pencapaian penjualan domestik sepeda motor dapat mencapai 6,2 juta sampai 6,3 juta unit sampai akhir tahun nanti.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…