Empat BUMN Masuk 200 Peusahaan Terbaik Versi Forbes

Oleh : Herry Barus | Kamis, 25 Oktober 2018 - 08:30 WIB

Dirut Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo (Foto Rizki Meirino)
Dirut Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo (Foto Rizki Meirino)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Empat Badan Usaha Milik Negara masuk dalam jajaran 200 perusahaan terbaik di dunia dari sisi lingkungan kerja atau "Global 2000 – World’s Best Employers" versi majalah Forbes.

Keempat BUMN itu adalah PT Bank Mandiri Persero di peringkat 11, PT Telkom Indonesia Persero Tbk di peringkat 112, PT Bank Negara Indonesia Persero Tbk di peringkat 157 dan PT Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk di peringkat 186, menurut data di laman resmi Forbes, yang dilansir di Jakarta, Rabu (24/10/2018)

Dalam keterangan Forbes, majalah ekonomi terkemuka dunia itu bersama Statista, menganalisis 500 perusahaan internasional.

Bank Mandiri menjadi wakil Indonesia dengan peringkat tertinggi dari 500 perusahaan tersebut, bersanding dengan perusahaan terkemuka global seperti Alphabet (Amerika Serikat/AS), Microsoft (AS), Apple (AS), Walt Disney (AS) hingga BMW Group (Jerman).

"Pengembangan karyawan menjadi bagian dari fokus strategis manajemen. Kami percaya karyawan yang bekerja dengan senang, dekat dan produktif adalah kunci keberhasilan manajamen dalam jangka panjang," kata Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo.

Dalam analisis ini, menurut keterangan Forbes, para karyawan dimintai menilai perusahaan di mana mereka bekerja dan apakah mereka akan merekomendasikan perusahaan tersebut kepada teman atau keluarganya. Mereka juga diminta merekomendasikan perusahaan lain yang dipandang memiliki rekam jejak dan lingkungan kerja yang bagus.

Riset ini mendapat rekomendasi sebanyak 430.000 perusahaan dari seluruh dunia. Survei tersebut menekankan pada apakah perusahaan tersebut memiliki lingkungan kerja yang ramah dan sebesar besar keberagaman para pegawai di perusahaan itu.

Bank Mandiri memiliki 38.300 karyawan dengan nilai di pasar modal 24,1 miliar dolar AS. Sedangkan Telkom yang berada di peringkat 112 dunia memiliki pegawai sebanyak 24.065 dengan nilai penjualan mencapai 9,6 miliar dolar AS dan nilai di pasar modal sebesar 25,8 miliar dolar AS.

Sementara BNI berada di peringkat 157 dunia memiliki pegawai sebanyak 27.083 pegawai dengan nilai penjualan mencapai 4,9 miliar dolar AS dan nilai di pasar modal sebesar 11,1 miliar dolar AS.

Kemudian BRI berada di peringkat 186 dunia memiliki 60.683 pegawai dengan nilai penjualan mencapai 9,3 miliar dolar AS dan nilai pasar modal sebesar 27,7 miliar dolar AS.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…