Merck Gelar KegiatanTeaching and Giving BeriEdukasi Pentingnya Zat Besi untuk Keluarga Indonesia

Oleh : Ridwan | Selasa, 23 Oktober 2018 - 17:10 WIB

Merck gelar kegiatanTeaching and Giving
Merck gelar kegiatanTeaching and Giving

INDUSTRY.co.id - Serang, Kekurangan zat besi merupakan salah satu penyebab utama penyakit anemia yang dapat mempengaruhi perkembangan psikomotorik, kognitif, dan sosial-emosional pada anak.

Namun demikian, pemahaman keluarga Indonesia mengenai pentingnya kecukupan zat besi dan dampaknya pada tumbuh kembang dan kemampuan kognitif anak dinilai masih cukup minim. 

Melihat hal tersebut, Merck bermaksud untuk mengedukasi keluarga Indonesia melalui kegiatan Teaching and Giving, yang dilaksanakan dengan berkolaborasi bersama komunitas 1000 Guru dalam mengedukasi para siswa, orang tua murid, dan guru SDN Cisitu Serang, Banten mengenai pentingnya kecukupan zat besi.

Anie Rachmayani selaku Associate Marketing Director PT Merck Tbk. menyampaikan, sejalan dengan komitmen Merck yaitu ‘WE 100’ tujuan kami adalah memungkinkan masyarakat untuk hidup sehat dan aktif sampai usia tua hingga 100 tahun.

"Kami merasa bertanggung jawab untuk turut serta berkontribusi mendukung pemerintah dalam meningkatkan kualitas kesehatan, terutama anak Indonesia sebagai generasi penerus bangsa," katanya di Serang, Banten (23/10/2018).

Secara spesifik, kegiatan Teaching and Giving ini bertujuan untuk mengedukasi lebih banyak masyarakat di Indonesia mengenai pentingnya kecukupan zat besi terutama dari usia anak. Kegiatan kali ini melibatkan karyawan Merck, relawan dari 1000 Guru, serta Mona Ratuliu selaku aktivis kampanye Indonesia Bebas Anemia.

"Selain kegiatan belajar mengajar dan permainan edukatif di lapangan sekolah, kami juga memfasilitasi kegiatan konsultasi kesehatan gratis bagi para warga lokal," terangnya. 

Sebelum kegiatan Teaching and Giving diadakan, Merck dan 1000 Guru mengawali kolaborasinya dengan mengadakan Training of Trainers, di mana Merck memberikan pelatihan bagi para relawan, termasuk Mona Ratuliu, mengenai materi edukasi yang diajarkan kepada para murid, orang tua, dan guru sekolah dasar sekaligus bagaimana cara mengajarkannya ke siswa, orang tua murid dan guru. 

Jemi Ngadiono selaku Pendiri Komunitas 1000 Guru menyampaikan, saya menyambut positif kolaborasi yang diajukan oleh Merck, yang saya lihat sejalan dengan tujuan dari 1000 Guru. Saya juga merasa bahwa sudah saatnya para murid, guru, serta orang tua murid di berbagai wilayah pelosok Indonesia juga dapat terpapar pengetahuan mengenai kesehatan langsung dari ahlinya, termasuk pengetahuan tentang kecukupan gizi terutama zat besi dan anemia yang hubungannya dengan tumbuh kembang anak. 

"Bagi saya, ini juga merupakan kesempatan bagi relawan untuk dapat menyampaikan materi yang sedikit berbeda dari biasanya, yangpastinya menjadi pengalaman baru yang juga berguna bagi mereka," katanya. 

Mona Ratuliu selebritis pemerhati isu parenting yang juga merupakan salah satu relawan Teaching and Giving sekaligus aktivis kampanye Indonesia Bebas Anemia mengatakan, sebagai seorang ibu yang menjadi penentu kesehatan keluarga, saya merasa terpanggil untuk dapat juga menularkan pemahaman yang saya miliki kepada para murid, orang tua, dan guru di Indonesia.

"Dari edukasi sederhana yang saya dan para rekan relawan sampaikan, saya berharap akan timbul kesadaran dan pemahaman akan pentingnya kecukupan zat besi. Sambil mengajar pun, saya memperoleh banyak ilmu baru yang belum pernah saya dapatkan sebelumnya. Contohnya saja, saya baru tahu kalau misalnya kekurangan zat besi pada anak dapat menyebabkan konsentrasi belajar hingga prestasi belajar menurun," papar Mona. 

dr. Sri Nurhayati selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serang, Banten menuturkan, saya sangat mengapresiasi kegiatan positif yang diinisiasikan oleh Merck terhadap salah satu sekolah di kabupaten kami.

"Selama ini kami telah secara rutin mengadakan kegiatan mengenai kesehatan, dan bantuan tenaga serta ilmu yang disumbangkan oleh para relawan kegiatan Teaching and Giving ini merupakan suntikan penyemangat, tanda bahwa kami tidak bergerak sendirian. Saya berharap semakin banyak kabupaten-kabupaten di luar sana juga dapat merasakan manfaat positif seperti kegiatan hari ini," ucap Sri

Setelah Serang, Banten, Merck juga akan menjangkau lebih banyak kota di Indonesia untuk menularkan semangat kampanye #GenerasiBebasAnemia dalam kegiatan Teaching and Giving. Adapun sembilan kota yang akan dikunjungi dalam penghujung tahun ini diantaranya Belitung, Lampung Selatan, Jambi, Riau, Purwakarta, Jember, Entikong, Balikpapan, serta Banjarmasin.

“Kegiatan Teaching and Giving merupakan bagian dari kampanye Indonesia Bebas Anemia sepanjang tahun 2018 dalam mengedukasi keluarga Indonesia mengenai anemia dan pentingnya kecukupan zat besi. Sebelumnya, Merck telah sukses melakukan edukasi kepada para praktisi medis Indonesia melalui kegiatan Merck Pediatric Forum 2018. Seluruh rangkaian kegiatan ini bertujuan untuk dapat membantu mempercepat perbaikan status gizi masyarakat Indonesia dan menciptakan generasi produktif, generasi bebas anemia,” tutup Anie. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.