Resmikan Kapal Seapup 3, Wamen ESDM Minta TKDN Ditingkatkan

Oleh : Ridwan | Selasa, 23 Oktober 2018 - 07:50 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Wakil Menteri ESDM Archandra Tahar saat peresmian Kapal Seapup 3 milik PT. Swadaya Sarana Berlian di kawasan pelabuhan Marunda, Jakarta (Foto: Kemenperin)
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Wakil Menteri ESDM Archandra Tahar saat peresmian Kapal Seapup 3 milik PT. Swadaya Sarana Berlian di kawasan pelabuhan Marunda, Jakarta (Foto: Kemenperin)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Wakil Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar meresmikan pengoperasian Kapal Self Elevated and Propelled Utility Platform (SEAPUP) 3 milik PT Swadaya Sarana Berlian.

Dalam peresmian yang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan disaksikan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto tersebut, Wakil Menteri ESDM berpesan kepada pemilik kapal dan pengusaha yang hadir untuk mengoptimalkan penggunaan komponen dalam negeri dalam industrinya.

"Kita sangat mendorong pelaku-pelaku di industri oil and gas di Indonesia untuk menggunakan komponen dalam negeri. Dalam skema gross split yang kita pergunakan saat ini, apabila Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di atas 30% maka diberikan insentif 2% dari gross product, jika menggunakan TKDN lebih dari 50% maka diberikan insentif 3% dan jika lebih dari 70% maka diberikan insentif 4%," ujar Arcandra di Jakarta (22/10/2018).

Kapal Seapup merupakan kapal yang digunakan untuk mendukung kegiatan sektor minyak dan gas bumi lepas pantai (offshore), dengan menggunakan kapal Seapup ini, kegiatan servis di offshore dapat dilakukan lebih stabil jika dibandingkan dengan menggunakan kapal biasa.

Kapal Seapup 3 saat ini hanya menjangkau servis di dalam laut dangkal, karenanya keberadaan kapal ini menurut Arcandra akan dapat mengisi kekosongan servis didalam laut dangkal.

"Kapal Seapup 3 itu diharapkan mampu mengisi kekosongan teknologi yang mungkin diperlukan untuk kegiatan eksplorasi di laut dangkal, karena kemampuan kapal ini kemungkinan besar hanya sampai 300 feet, dan kalau kita bicara laut dangkal ini mungkin teknologi yang pas karena sebagian besar wilayah laut Indonesia berada pada kedalaman dibawah 100 meter," ungkap Arcandra.

Kapal Seapup 3 merupakan penyempurnaan dari kapal pendahulunya Seapup 1 dan Seapup 2. Beroperasinya kapal Seapup 3 ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi kegiatan industri migas di Indonesia.

"Kita di Kementerian ESDM berterima kasih dengan adanya kapal Seapup 3 ini, semoga kedepan akan ada yang Seapup 4, dan 5 yang bentuknya lain, karena teknologinya itu terus berkembang," harap Arcandra.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

KoinWorks Group Melaporkan Profitabilitas Untuk Dua Lisensi Bisnis

Kamis, 18 April 2024 - 15:09 WIB

Top! KoinWorks Group Melaporkan Profitabilitas Untuk Dua Lisensi Bisnis

Jakarta- KoinWorks Group mengumumkan status profitabilitas untuk dua lisensi legalnya, yaitu BPR KoinWorks Sejahtera Annua (KoinWorks Bank) dan Lunaria Annua Teknologi (LAT).

KOLTIVA

Kamis, 18 April 2024 - 14:31 WIB

KOLTIVA Luncurkan Teknologi EUDR Untuk Bisnis Berkelanjutan Siap Hadapi Peraturan Global Bebas-Deforestasi Uni Eropa

KOLTIVA, perusahaan teknologi global rintisan terkemuka dengan lebih dari 11 tahun pengalaman di bidang pertanian berkelanjutan dan ketertelusuran rantai pasok di 61 negara, meluncurkan Solusi…

Pupuk Indonesia

Kamis, 18 April 2024 - 13:42 WIB

Pupuk Indonesia Gunakan Snowflake Data Cloud untuk Transformasi Produksi Pertanian Nasional

Pupuk Indonesia memilih Snowflake Data Cloud untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur data yang meningkat tajam terkait penyediaan teknologi pertanian cerdas terkini kepada lebih dari 95.000 petani…

Menteri BUMN Erick Rhohir (Foto Ist)

Kamis, 18 April 2024 - 13:26 WIB

Menteri Erick Thohir Siapkan BUMN Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Candi Borobudur

Kamis, 18 April 2024 - 10:50 WIB

Dahsyat! Perputaran Ekonomi di Sektor Parekraf Selama Libur Lebaran Capai Rp369,8 Triliun

Peningkatan pergerakan masyarakat saat momen mudik dan libur lebaran tahun ini memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan perputaran ekonomi…