Resmikan Kapal Seapup 3, Wamen ESDM Minta TKDN Ditingkatkan

Oleh : Ridwan | Selasa, 23 Oktober 2018 - 07:50 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Wakil Menteri ESDM Archandra Tahar saat peresmian Kapal Seapup 3 milik PT. Swadaya Sarana Berlian di kawasan pelabuhan Marunda, Jakarta (Foto: Kemenperin)
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Wakil Menteri ESDM Archandra Tahar saat peresmian Kapal Seapup 3 milik PT. Swadaya Sarana Berlian di kawasan pelabuhan Marunda, Jakarta (Foto: Kemenperin)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Wakil Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar meresmikan pengoperasian Kapal Self Elevated and Propelled Utility Platform (SEAPUP) 3 milik PT Swadaya Sarana Berlian.

Dalam peresmian yang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan disaksikan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto tersebut, Wakil Menteri ESDM berpesan kepada pemilik kapal dan pengusaha yang hadir untuk mengoptimalkan penggunaan komponen dalam negeri dalam industrinya.

"Kita sangat mendorong pelaku-pelaku di industri oil and gas di Indonesia untuk menggunakan komponen dalam negeri. Dalam skema gross split yang kita pergunakan saat ini, apabila Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di atas 30% maka diberikan insentif 2% dari gross product, jika menggunakan TKDN lebih dari 50% maka diberikan insentif 3% dan jika lebih dari 70% maka diberikan insentif 4%," ujar Arcandra di Jakarta (22/10/2018).

Kapal Seapup merupakan kapal yang digunakan untuk mendukung kegiatan sektor minyak dan gas bumi lepas pantai (offshore), dengan menggunakan kapal Seapup ini, kegiatan servis di offshore dapat dilakukan lebih stabil jika dibandingkan dengan menggunakan kapal biasa.

Kapal Seapup 3 saat ini hanya menjangkau servis di dalam laut dangkal, karenanya keberadaan kapal ini menurut Arcandra akan dapat mengisi kekosongan servis didalam laut dangkal.

"Kapal Seapup 3 itu diharapkan mampu mengisi kekosongan teknologi yang mungkin diperlukan untuk kegiatan eksplorasi di laut dangkal, karena kemampuan kapal ini kemungkinan besar hanya sampai 300 feet, dan kalau kita bicara laut dangkal ini mungkin teknologi yang pas karena sebagian besar wilayah laut Indonesia berada pada kedalaman dibawah 100 meter," ungkap Arcandra.

Kapal Seapup 3 merupakan penyempurnaan dari kapal pendahulunya Seapup 1 dan Seapup 2. Beroperasinya kapal Seapup 3 ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi kegiatan industri migas di Indonesia.

"Kita di Kementerian ESDM berterima kasih dengan adanya kapal Seapup 3 ini, semoga kedepan akan ada yang Seapup 4, dan 5 yang bentuknya lain, karena teknologinya itu terus berkembang," harap Arcandra.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat Peresmian Laboratorium Uji Pelumas PT. Surveyor Indonesia (Persero) di Sentul, Bogor

Selasa, 19 Maret 2019 - 09:17 WIB

Menperin Akan Beri Sanksi bagi Industri yang Tidak Terapkan SNI Wajib Pelumas

Kementerian Perindustrian telah menerbitkan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 25 Tahun 2018 tentang Pemberlakuan Standar Nasional Indonesia (SNI) Pelumas secara wajib.

BBRI (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 19 Maret 2019 - 09:17 WIB

BBRI Terus Melesat Sentuh Rekor Tertinggi Sepanjang Sejarah

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., berhasil menorehkan capaian gemilang dengan mencatatkan harga saham tertinggi dengan nilai per unit saham di Bursa Efek Indonesia sebesar Rp. 4.040 atau…

Pasukan Brimob/Polisi (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 19 Maret 2019 - 09:00 WIB

Tugas Tugas Berat Polri Jelang dan Pasca Pilpres 2019

Indonesa Police Watch (IPW) mendata ketiga tugas berat Polri itu yakni; Pertama, mengantisipasi rasa percaya diri yang berlebihan dari para pendukung capres. Sebab dikhawatirkan jika capresnya…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Selasa, 19 Maret 2019 - 09:00 WIB

BNI Syariah Optimalkan Engagement dengan Nasabah

Jakarta - BNI Syariah berusaha mengoptimalkan layanan kepada nasabah dengan meningkatkan engagement dengan nasabah.

Presiden Jokowi (Dok Industry.co.id)

Selasa, 19 Maret 2019 - 08:00 WIB

Presiden Jokowi akan Hadiri Seminar Revolusi Industri 4.0 di Surabaya

Presiden Jokowi jadi pembicara kunci seminar berjudul "Revolusi Industri 4.0 Meningkatkan Daya Saing, Menjadi Bangsa Pemenang" bersama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini beserta Gubernur Jawa…