Keuntungan Indonesia Jadi Tuan Rumah Konferensi Laut Dunia 2018

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 23 Oktober 2018 - 06:19 WIB

Konferensi pers Our Ocean Conference 2018 di Gedung Mina Bahari IV KKP
Konferensi pers Our Ocean Conference 2018 di Gedung Mina Bahari IV KKP

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi membeberkan alasan kenapa Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan konferensi laut dunia atau Our Ocean Conference 2018. Nawacita menjadi negara poros maritime dunia, Indonesia harus menunjukkan kepemimpinannya di bidang maritim.

Pertama, untuk memperkiuat kebijakan soal 'maritime fulchrum' kebijakan yang berkaitan dengan kelautan. "Ini merupakan bagian dari prioritas yang dijalankan Presiden dalam bidang yang terkait dengan masalah ocean," kata Retno

Retno juga mengatakan Indonesia menjadi tuan rumah perhelatan OCC yang kelima. Keputusan Indonesia menjadi tuan rumah juga untuk menunjukkan kemampuan Indonesia dalam kepemimpinan.

"Berarti di sini sekaligus menunjukkan leadership Indonesia untuk ocean-related issues. Kalau lihat ketika kita bicara tentang diplomasi perdamaian, diplomasi kemanusiaan maka nama Indonesia itu sudah pop up tinggi sekali. Orang paham persis apa yang dilakukan Indonesia di bidang diplomasi kemanusiaan, diplomasi perdamaian," katanya.

Selain itu, lanjut Retno, pemerintah ingin Indonesia juga unggul dalam diplomasi kebijakan kelautan.

"Kita ingin bahwa nama Indonesia juga selalu pop up selalu muncul pada saat dunia bicara mengenai ocean diplomacy. Kerena sebenarnya pada saat kita bicara mengenai ocean kita bicara mengenai kita, 2/3 wilayah kita terdiri dari air. Masa depan kita akan sangat ditentukan bagaimana kita mengelola laut kita, samudera kita secara berkesinambungan. Jadi it is not their issue, it is our issue," jelasnya.

Retno juga mengatakan, tema yang diambil untuk OOC yakni 'Our Ocean, Our Legacy'. Oleh karena itu, isu yang diangkat yakni mengenai kemepimpinan dalam artian yang memberikan kontribusi ke dunia.

"Kedua, dengan menjadi leader untuk ocean issues, kita juga menunjukkan beberapa action, karena pertemuan ini sifatnya action-oriented. Konkret sifatnya. Yaitu dalam bentuk hal-hal apa yang dilakukan Indonesia yang dikomitmenkan oleh Indonesia antara lain adalah untuk marine plastic debris," jelasnya.

Karena itu, lanjut Retno, pada 28 Oktober 2018 akan ada gerakan pembersihan pantai. "Sehingga dunia akan melihat bahwa we are serious in addressing the issues," ucapnya.

Ketiga, kata Retno, mengenai masalah keberpihakan Indonesia terhadap negara-negara kepuluan yang kecil. Hal ini juga menjadi penting bagi Indonesia.

"Banyak sekali kepulauan-kepulauan kita yang kecil yang juga rentan kalau misalnya dampak climate change mengena kepada kita. Dan ini merupakan janji kita pada saat kampanye dewan keamanan untuk terus menyuarakan kepentingan negara-negara kepulauan kecil," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…