Kopi Gayo Aceh Diekspor Melalui Bandara SIM

Oleh : Herry Barus | Selasa, 23 Oktober 2018 - 05:30 WIB

Tanaman kopi (foto Industry.co.id)
Tanaman kopi (foto Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Banda Aceh- Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, kopi gayo dari wilayah dataran tinggi di Aceh baru diekspor melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) di Aceh Besar.

"Kalau komoditas kopi, ikan, dan udang lewat bandara. Tapi komoditas yang lain melalui pelabuhan di Aceh," ujar Kepala BPS Aceh, Wahyudin di Banda Aceh, Senin (22/10/2018)

Ia menjelaskan, dalam delapan bulan terakhir atau periode Januari hingga Agustus 2018 tercatat dengan nilai total ekspor sebesar 9.576 dolar AS.

Dalam catatan Antara, rata-rata kopi asal Aceh yang diekspor tersebut masih dalam kondisi belum dipanggang, dan tidak dihilangkan kandungan kafein baik jenis Arabika maupun Robusta.

Bila dibandingkan periode yang sama 2017, belum terdapat komoditas kopi diekspor baik melalui pelabuhan udara maupun laut dari nilai total ekspor nonmigas waktu itu 43,74 juta dolar AS.

"Jadi bahan bakar mineral (batubara) melalui Pelabuhan Meulaboh di Aceh Barat, dan komoditas nonmigas lewat Pelabuhan Krueng Geukueh di Aceh Utara dengan total senilai 88,15 juta dolar AS," katanya.

Sejak kopi gayo baik jenis Arabika maupun Robusta mulai digemari dunia karena kualitasnya, lanjut dia, Aceh belum pernah mendapat manfaat lebih terutama untuk kegiatan ekspor.

"Untuk kopi, selalui pelabuhan di luar Aceh lebih besar. Seperti dari Januari hingga Agustus 2018, kopi tercatat 48,74 juta dolar AS atau memberi 71,88 persen total nilai ekspor 76,81 juta dolar AS," jelas Wahyudin.

Manajer Operasi Bandara Internasional SIM, Surkani mengatakan, terdapat tiga maskapai melayani rute penerbangan dengan tujuan dari Banda Aceh ke luar negeri pulang pergi.

"Kini ada tiga maskapai, yakni AirAsia, Malindo, dan Firefly dengan rute Banda Aceh-Kuala Lumpur (Malaysia), dan Banda Aceh-Penang (Malaysia)," katanya.

Kepala Bagian Humas Setdakab Aceh Tengah, Mustafa Kamal tahun lalu mengatakan, kopi jenis Arabica Gayo telah diekspor ke-17 negara dengan importir terbesar Amerika Serikat.

 "Hingga kini, ekspor terbesar kopi kita masih ke Amerika. Secara bertahap, mulai ekspor ke negara-negara di Eropa dan Asia Pasifik," katanya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…