Penjualan Bersih Unilever Tumbuh 9,8% Sepanjang 2016

Oleh : Hariyanto | Kamis, 16 Februari 2017 - 15:42 WIB

Unilever
Unilever

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) menorehkan pertumbuhan penjualan bersih sepanjang 2016 sekitar 9,8% atau menjadi Rp40 triliun dari Rp36,5 triliun pada tahun sebelumnya.

Direktur Keuangan Tevilyan Yudhistira Rusli menuturkan, raihan ini didukung oleh performa yang kuat dari kedua segmen bisnisnya, home and personal care dan food & refreshment yang menyumbang masing-masing 69% dan 31% dari total penjualan.

Pada kuartal keempat tahun lalu, home and personal care serta food & refreshment masing-masing membukukan pertumbuhan sekitar 10,8% dan 12,8%. Keduanya mencapai momenumnya dan menutup total topline perseroan yang mendekati Rp10 triliun atau 11,4% lebih tinggi dari kuartal serupa tahun sebelumnya.

"Al hasil, pada 2016 kami telah mencapai performa keseluruhan yang baik secara kompetitif," ujarnya dalam keterbukaan informasi, Kamis (16/2/2017).

Pencapain ini kiranya didorong oleh inovasi-inovasi yang menopang strategi kategori perseroan. Beberapa di antaranya adalah peluncuran Molto Super Sensorial dan peluncuran kembali Sunslik yang berhasil meentransformasi performa kategori selama tahun berjalan.

Ia melanjutkan, dengan perkiraan pertumbuhan penjualan tersebut menopang peningkatan laba bersih sekitar 9,4% atau menjadi Rp6,4 triliun.

"Meskipun kami melihat adanya penguatan permintaan konsumen selama 2016, permintaan belum pulih pada tingkat yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Oleh sebab itu, kami memiliki prioritas untuk menang bersama dengan pelanggan dan konsumen kami di tengah pasar yang menantang melalui upaya percepatan inovasi di kategori yang relevan, optimasi proximity channel, serta peningkatan aksesbilitas produk-produk kami," paparnya. (Hry/ Imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…