Dari Cockpit Band Hingga Erie Suzan akan Tampil di Jakarta Melayu Festival 2018

Oleh : Amazon Dalimunthe | Senin, 22 Oktober 2018 - 10:29 WIB

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendukung Jakarta Melayu Festival 2018
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendukung Jakarta Melayu Festival 2018

INDUSTRY.co.id - JAKARTA—Ajang Jakarta Melayu Festival ke 8 tahun 2018 akan digelar di Ancol Beach City, Taman Impian Jaya Ancol, tanggal 27 Oktober 2018 mendatang. Selain menghadirkan para musisi asli Melayu, ajang ini juga akan dimeriahkan oleh kelompok  band rock senior Cockpit Band dan juga Shena Malsiana dan Husein Alatas yang beraliran pop. Sedang dari barisan penyanyudangdut Melayu yang akan tampil adalah Erie Suzan.

Bagi Yaya Moektio, penabuh drum Cockpit band kelikutsertaannya dalam ajang ini memang sangat menantang. “bayangkan kami yang biasa memainkan musik rock terutama agu lagu dari band The Police kini memainakn lagu berirama Melayu. Tapi kami akan berusaha tampil sebaik mungkin. Kami terus berlatih dengan bimbingan seorang pakar irama Melayu,” kata Yaya yang tampil kini bagai seorang ustadz.

Sementara itu pedangdut Erie Suzan menyampaikan bahwa tampil di ajang Jakarta Melayu Festival. merupakan kesempatan langka untuk seorang penyanyi. "Jakarta Melayu Festival ini sudah tahun kedelapan sekarang. Kalau saya ini tahun kedua saya terlibat kembali sebagai pengisi acara, yang pasti menarik banget sih," ujar Erie Suzan saat jumpa pers di Balai Kota, Jakarta Pusat,.

"Musik  melayu sebagai dasar dari genre musik yang aku jalani sekarang yaitu dangdut memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Dengan ikut di ajang ini saya jadi punya kesempatan lebih dalam untuk memahami lebih dalam tentang melayu sih dengan musisi yang sudah di bidangnya," tambah Erie Suzan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang memfasilitasi kegiatan Jakarta Melayu Festival mengatakan bahwa sangat erat kaitannya Pemda DKI Jakarta mendukung kegiatan kebudayaan seperti ini. “Jakarta atau lebih tepatnya Betawi memang punya kesenian sendiri seperti Lenoong dan Gambang Kromong. Tapi kalau ditarik ke kebelakang semua akarnya itu bermula dari bahasa Melayu. Bahasa Melayu yang kemudia menjadi Bahasa Indonesia juga akar dari bahasa Betawi,” kata Gubernur.

Anies lantas mencontohkan bahwa tradisi berpantun masyarakat asli Jakarta juga bersumber dari tradisi berpantun orang Melayu. “Jadi sangatlah pantas kalau kami mendukung kegiatan Jakarta Melayu Festival ini,” ujarnya.

Jadi bagi penggemar musik Melayu, makanan Melayu,  budaya Melayu, silakan hadir di Ancol Beach City tangal 27 Oktiber muai pukul 19.00 WIB. Acara ini gratis dengan membeli tiket masuk Taman Impian jaya Ancol.  (AMZ)

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mama Friskila Diselamatkan Babinsa dari Banjir Bandang Jayapura (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Maret 2019 - 18:00 WIB

Mama Friskila Diselamatkan Babinsa dari Banjir Bandang Jayapura

Berdasarkan laporan masyarakat bahwa seorang Nenek atas nama Mama Friskila Wally (66 thn) masih tertahan di rumahnya sendirian di Kampung Asei Kecil Distrik Sentani Timur, Kab. Jayapura.

Menko Perekonomian Darmin Nasution buka pameran IndoBuildTech Expo 2019

Kamis, 21 Maret 2019 - 17:52 WIB

Pemerintah Dorong Pembentukan Lembaga Pelatihan Konstruksi

Pemerintah memastikan terus akan meningkatkan kapasitas SDM melalui sertifikasi profesi. Dan tahun ini sebanyak 3.000 orang mendapatkan sertifkasi sebagai ahli jasa konstruksi.

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Kamis, 21 Maret 2019 - 17:09 WIB

Dua Gubernur Kalimantan Usulkan Dana Bagi Hasil Sawit

Pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan mengusulkan pengaturan dana bagi hasil (DBH) bagi provinsi penghasil sawit. Aturan baru ini diperlukan untuk mewujudkan keadilan dan pemerataan…

Ilustrasi Pengemudi Gojek (Foto: Serba Gojek)

Kamis, 21 Maret 2019 - 17:01 WIB

Ratusan Mitra GOJEK Semarakkan Festival Olahraga Mitra Makassar

GOJEK, sebagai perusahaan penyedia layanan on-demand berbasis aplikasi terdepan di Indonesia, memahami bahwa mitra merupakan salah satu bagian penting dalam ekosistem GOJEK. Oleh karena itu,…

Pelepasan Ekspor Marlboro dan L&M ke pasar Duty Free Jepang

Kamis, 21 Maret 2019 - 16:40 WIB

Philip Morris Indonesia Ekspor Perdana Rokok Malboro dan L&M ke Duty Free Jepang

PT Philip Morris Indonesia (PMID) secara resmi melakukan ekspor perdana produk rokok premiumnya, Marlboro dan L&M ke pasar Duty Free Jepang.