Rumah Budaya Satu-Satu Peringati Sumpah Pemuda

Oleh : Amazon Dalimunthe | Senin, 22 Oktober 2018 - 10:01 WIB

Eddy Karsito (Tengah) bersama remaja dan anak-anak yang mendapatkan Buku karya Agy Sugianto dalam Peringatan Hari Sumpah Pemuda Rumah Budaya Satu Satu Minghu (21/10) kemarin
Eddy Karsito (Tengah) bersama remaja dan anak-anak yang mendapatkan Buku karya Agy Sugianto dalam Peringatan Hari Sumpah Pemuda Rumah Budaya Satu Satu Minghu (21/10) kemarin

INDUSTRY.co.id - JAKARTA—Rumah Budaya Satu Satu hari Minggu (21/10) kemarin merayakan Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2018 dengan penuh kegiatan. Berbagai lomba, diskusi, hingga aneka permainan edukatif digelar di sekretariat Rumah Budaya Satu-satu (RBSS), Kranggan Permai Jatisampurna, Bekasi. Ratusan anak-anak baik dari lingkungan perumahan Kranggan hingga dari daerah lain berdatangan ikut merayakan kemeriahan acara tersebut.

Acara ditandai dengan pembacaan ikrar ‘Sumpah Pemuda’ dan menyanyikan lagu Nasional Indonesia, ‘Satu Nusa Satu Bangsa’ ciptaan Liberty Manik.  Dilanjutkan lomba ketangkasan, keterampilan, permainan anak-anak,  serta talk show cara hidup sehat untuk anak, yang diikuti para ibu. 

Dalam sesi diskusi pemerhati anak dan remaja, yang juga pendiri Rumah Budaya Satu-satu (RBSS), Eddie Karsito, menyayangkan lemahnya generasi muda saat ini terhadap pemahaman sejarah. Anak-anak dan remaja, menurutnya, sering lupa dan bahkan ada yang tidak tahu ketika ditanya tentang  maklumat ‘Sumpah Pemuda.’ “Generasi hari ini alpa sejarah. Mereka tidak berpikir untuk menyatukan diri dalam satu tumpah darah Indonesia. Padahal Sumpah Pemuda punya daya rekat terhadap persatuan dan kesatuan bangsa,” ujar Eddie Karsito.

Kendati demikian, kata Eddie, Sumpah Pemuda tetap diperingati dan digelorakan semangatnya. “Semangat jargon bersatu, tentu bisa diawali dari lingkup terkecil, yaitu keluarga, tempat berkumpul, atau di komunitas, seperti Rumah Budaya Satu-satu ini,” ujar penggiat budaya yang juga aktor film penyandang gelar Pemeran Pembantu Pria Terpuji Festival Film Bandung (FFB) 2008 ini.

Sumpah Pemuda, adalah penegasan tentang cita-cita, ‘tanah air Indonesia, bangsa Indonesia, dan bahasa Indonesia’. Sebuah keputusan para pemuda melalui ‘Kongres Pemuda’ yang diselenggarakan di Batavia (Jakarta), 28 Oktober 1928. Ikrar ini merupakan semangat dan penegaskan cita-cita berdirinya Negara Indonesia.

Selain melihat sejarah sebagai cermin, kata Eddie, generasi baru harus mampu menciptakan cara dalam hidup mereka sesuai kondisi zaman. “Segala yang terjadi hari ini memberi petunjuk bahwa tekad tentang tanah air, bangsa, dan bahasa yang satu, memerlukan makna baru atas situasi yang kita hadapi sekarang,” ujarnya.

Peringatan ‘Hari Sumpah Pemuda 1928 - 2018’ ini sekaligus menandai hari lahirnya Rumah Budaya Satu-satu (RBSS) yang dideklarasikan para seniman, budayawan, tokoh adat, tokoh masyarakat, pejabat, birokrat, dan pemerhati masalah sosial budaya, tahun lalu, 28 Oktober 2017.

Hadir di acara ini Musodik Zuhri (Penasehat RBSS), Denny Kadarrusman (Pendongeng Nasional), Sabrina Salawati Daud, S.pd (Pengiat Budaya dan Pemerhati Anak), para seniman, guru dan pendidik, serta ratusan pelajar dari berbagai sekolah dan sanggar.

Pada kesempatan tersebut, para aktivis Rumah Budaya Satu-satu (RBSS) yang tergabung dalam di ‘Antropolog Muda’ mendapat pembagian buku seri motivasi “Gembala Kerbau Taklukkan Harimau.” Buku tersebut menceritakan tentang kisah sukses Agi Sugiyanto, seorang mantan Wartawan yang kini menjadi seorang miliarder.(AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.

Sabtu, 20 April 2024 - 07:24 WIB

Leet Media Luncurkan “Pertamina Renjana Cita Srikandi” yang disupport oleh Pertamina, Siap Dukung Pemberdayaan Perempuan

Dalam rangka mendorong pemberdayaan perempuan Indonesia, Leet Media dengan bangga mempersembahkan Pertamina Renjana Cita Srikandi, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei 2024 di Senayan…

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…