BRI-Pemprov Perkuat Sistem Informasi Pertanian di Jawa Tengah.

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 20 Oktober 2018 - 20:00 WIB

Bambang Tribaroto Corporate Secretary Bank BRI (Foto Dok Industry.co.id)
Bambang Tribaroto Corporate Secretary Bank BRI (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Ungaran - Bank BRI bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan acara puncak perayaan Hari Tani 2018 yang dilaksanakan di Alun-alun Bung Karno, Kabupaten Ungaran, Jawa Tengah Sabtu (20/10/2018).

Pada  perayaan ini Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Bank BRI melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman / Memorandum of Understanding (MoU) tentang Sistem Informasi Pertanian di Provinsi Jawa Tengah yang mencakup pelaksanaan program Kartu Tani dan Pengembangan Sistem Informasi Pertanian di Jawa Tengah. Hadir dalam acara tersebut Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, Pemimpin Bank BRI Kantor Wilayah Semarang Fidri Arnaldy,  dan Pemimpin Bank BRI Kantor Wilayah Yogyakarta Hendro Padmono.

“Kerjasama ini sebenarnya telah terjalin sejak peluncuran perdana program Kartu Tani di Jateng pada tahun 2015. Pembaruan kerjasama ini kami lakukan untuk memperkuat sistem informasi pertanian di wilayah Jateng.  Tidak hanya itu, Kartu Tani merupakan database pertanian dan  ekosistem yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh stakeholder serta merupakan bentuk inklusi dan literasi keuangan kepada para petani,” ungkap Corporate Secretary Bank BRI Bambang Tribaroto

Selanjutnya, sampai dengan 30 September 2018, BRI telah mendistribusikan 2,3 juta kartu kepada petani 35 Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah. Sebanyak 5.459 Kios Pupuk Lengkap telah difasilitasi mesin EDC dan dijadikan agen BRILink untuk melayani pembelian pupuk bersubsidi menggunakan Kartu Tani dan transaksi perbankan lainnya. Selain itu, BRI juga telah menyalurkan pinjaman kepada 141.604 petani pemiliki Kartu Tani di Jawa Tengah dengan total penyaluran sebesar Rp 4,7 Trilliun.

Selain penandatanganan MoU, pada kesempatan yang sama Pemprov Jawa Tengah juga menyerahkan hadiah kepada 6 Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) peraih Kartu Tani Award. PPL terpilih tersebut merupakan mereka yang dinilai paling aktif dan inovatif dalam menyukseskan program Kartu Tani di Jawa Tengah.

Perayaan hari tani yang dihadiri 1.200 orang, yaitu di antaranya 600 PPL,  perwakilan Petani dari KTNA Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) dan Jawa Tengah Berdikari ini juga dimeriahkan dengan pameran produk unggulan pertanian  nasabah binaan  Bank BRI dan SKPD Jawa Tengah.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kementerian PUPR Normalisasi Sungai Untuk Atasi Banjir di Kota Bima

Sabtu, 19 Januari 2019 - 11:43 WIB

Kementerian PUPR Normalisasi Sungai Untuk Atasi Banjir di Kota Bima

Normalisasi sungai dilakukan untuk peningkatan kondisi sungai dan pengendalian daya rusaknya antara lain melalui perkuatan tebing sungai, perbaikan dan pemasangan bronjong.

Acer Luncurkan Program Terima Kasih Pelanggan (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 19 Januari 2019 - 11:32 WIB

Apresiasi Para Pelanggan, Acer Luncurkan Program Terima Kasih Pelanggan

Melalui program Terima Kasih Pelanggan, Acer Indonesiamenghadirkanrangkaian promospesialuntuk pelanggan Indonesia.

ICDX Luncurkan GOFX (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 19 Januari 2019 - 11:16 WIB

ICDX Luncurkan GOFX, Hadirkan Semangat Baru di Industri Perdagangan Berjangka Komoditi

Peluncuran GOFX oleh ICDX selaku bursa komoditi di awal tahun 2019 ini menjadi semangat baru di industri perdagangan berjangka komoditi (PBK). Selain bisa meraih keuntungan dari volatilitas…

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Sabtu, 19 Januari 2019 - 10:48 WIB

Telkom Resmikan NeuCentrIX Manado

Jakarta - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk meresmikan beroperasinya Data Center Neutral Cloud and Internet Exchange (neuCentrIX) di Manado, Sulawesi Utara.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Kemenperin dok)

Sabtu, 19 Januari 2019 - 09:05 WIB

Dongkrak Investasi, Kemenperin Terus Genjot Pembangunan Kawasan Industri Luar Jawa

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengemukakan, pihaknya sedang mendorong percepatan pembangunan kawasan industri di luar Jawa.