Tingkatkan Industri Pariwisata, Labuhan Bajo akan Miliki Pelabuhan Baru

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 20 Oktober 2018 - 15:30 WIB

Kementerian PUPR Tata Kawasan Wisata Kuliner Labuan Bajo
Kementerian PUPR Tata Kawasan Wisata Kuliner Labuan Bajo

INDUSTRY.co.id - Kupang- Bupati Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Agustinus Ch Dulla mengatakan bahwa pembangunan dermaga baru di Labuan Bajo akan dimulai pada 2019 oleh pemerintah pusat.

"Dermaga baru ini akan dibangun di luar kota, arah utara Kota Labuan Bajo, di wilayah Bari, Kecamatan Macang Pacar. Pembangunannya dimulai pada 2019," katanya ketika dihubungi Antara dari Kupang, Jumat (19/10/2018)

Ia mengatakan, dermaga tersebut akan dimanfaatkan untuk aktivitas niaga terutama bongkar dan muat peti kemas yang saat ini masih tergabung dengan pelabuhan penumpang dan kapal-kapal wisata.

Untuk pelabuhan kapal wisata, lanjutnya, sedang dibangun juga sebuah pelabuhan marina di dalam Kota Labuan Bajo yang ditangani pihak PT ASDP Indonesia Ferry (Pesero).

"Dengan begitu pelabuhan-pelabuhan di daerah kami akan lebih tertata, ada yang khusus untuk peti kemas, ada yang untuk pelabuhan penumpang maupun kapal wisata," katanya.

Bupati Agustinus mengapresiasi pemerintah pusat yang terus memberikan dukungan penuh untuk pembangunan berbagai infrastruktur pendukung di Labuan Bajo dan sekitarnya sebagai salah satu dari 10 destinasi prioritas secara nasional.

Ia mengatakan, tidak hanya pembangunan dermaga, namun juga infrastruktur jalan, bandara, bantuan kapal sampah dan pembangunan tempat pengelolaan dan pembuangan sampah, tempat kuliner, fasilitas air bersih, dan lainnya juga dibenahi.

"Untuk aksesibilitas di dalam Kota Labuan Bajo terutama jalan juga dibenahi beserta trotoar dan lampu jalan. Kami juga mendapatkan DIPA Rp40 miliar lebih untuk jalan menuju dermaga baru yang dibangun nanti," katanya.

Ia menambahkan, dengan berbagai infrastruktur pendukung yang dibangun, diharapkan dapat menunjang kebutuhan kunjungan wisatawan yang terus membludak di daerah itu.

"Paling tidak saat ini, infrastuktur pendukung yang dibangun sudah secara bertahap mengimbangi kebutuhan wisatawan. Ke depan tentu akan terus dibenahi karena sehingga bisa memadai," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…