Tingkatkan Industri Pariwisata, Labuhan Bajo akan Miliki Pelabuhan Baru

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 20 Oktober 2018 - 15:30 WIB

Kementerian PUPR Tata Kawasan Wisata Kuliner Labuan Bajo
Kementerian PUPR Tata Kawasan Wisata Kuliner Labuan Bajo

INDUSTRY.co.id - Kupang- Bupati Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Agustinus Ch Dulla mengatakan bahwa pembangunan dermaga baru di Labuan Bajo akan dimulai pada 2019 oleh pemerintah pusat.

"Dermaga baru ini akan dibangun di luar kota, arah utara Kota Labuan Bajo, di wilayah Bari, Kecamatan Macang Pacar. Pembangunannya dimulai pada 2019," katanya ketika dihubungi Antara dari Kupang, Jumat (19/10/2018)

Ia mengatakan, dermaga tersebut akan dimanfaatkan untuk aktivitas niaga terutama bongkar dan muat peti kemas yang saat ini masih tergabung dengan pelabuhan penumpang dan kapal-kapal wisata.

Untuk pelabuhan kapal wisata, lanjutnya, sedang dibangun juga sebuah pelabuhan marina di dalam Kota Labuan Bajo yang ditangani pihak PT ASDP Indonesia Ferry (Pesero).

"Dengan begitu pelabuhan-pelabuhan di daerah kami akan lebih tertata, ada yang khusus untuk peti kemas, ada yang untuk pelabuhan penumpang maupun kapal wisata," katanya.

Bupati Agustinus mengapresiasi pemerintah pusat yang terus memberikan dukungan penuh untuk pembangunan berbagai infrastruktur pendukung di Labuan Bajo dan sekitarnya sebagai salah satu dari 10 destinasi prioritas secara nasional.

Ia mengatakan, tidak hanya pembangunan dermaga, namun juga infrastruktur jalan, bandara, bantuan kapal sampah dan pembangunan tempat pengelolaan dan pembuangan sampah, tempat kuliner, fasilitas air bersih, dan lainnya juga dibenahi.

"Untuk aksesibilitas di dalam Kota Labuan Bajo terutama jalan juga dibenahi beserta trotoar dan lampu jalan. Kami juga mendapatkan DIPA Rp40 miliar lebih untuk jalan menuju dermaga baru yang dibangun nanti," katanya.

Ia menambahkan, dengan berbagai infrastruktur pendukung yang dibangun, diharapkan dapat menunjang kebutuhan kunjungan wisatawan yang terus membludak di daerah itu.

"Paling tidak saat ini, infrastuktur pendukung yang dibangun sudah secara bertahap mengimbangi kebutuhan wisatawan. Ke depan tentu akan terus dibenahi karena sehingga bisa memadai," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli (Foto Ist)

Minggu, 18 November 2018 - 12:18 WIB

Selaras Pemikiran Rizal Ramli, Pemerintah dan Bank Indonesia Wajibkan Eksportir Bawa Pulang Devisa

Rencana Bank Indonesia (BI) dalam menerbitkan aturan baru yang mewajibkan eksportir membawa devisa hasil ekspor (DHE) ke dalam negeri pada 1 Januari 2019 selaras dengan ide dan gagasan ekonom…

Peneliti berprestasi ke Taiwan

Minggu, 18 November 2018 - 11:15 WIB

Kementerian Pertanian Berangkatkan Peneliti Berprestasi ke Taiwan

INDUSTRY.co.id -

Taiwan Kementerian Pertanian memberangkatkan Peneliti Berprestasi untuk mempelajari inovasi teknologi pertanian modern khususnya bidang Hortikultura…

Petani Padi (Ilustrasi)

Minggu, 18 November 2018 - 10:46 WIB

Agroekologi Bisa Jadi Solusi Pertanian Masa Depan

Agroekologi sesungguhnya memiliki kemampuan menghasilkan produksi pertanian lebih tinggi dibanding pola pertanian konvensional. Sayangnya, agroekologi masih belum mendapatkan perhatian dan dukungan…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Minggu, 18 November 2018 - 10:34 WIB

KTT APEC akan Bahas Konektivitas Untuk Pertumbuhan Inklusif

Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) 2018 hari kedua, Minggu (18/11/2018) di Port Moresby, Papua Nugini, antara lain akan membahas konektivitas untuk pertumbuhan…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Minggu, 18 November 2018 - 10:29 WIB

Presiden Jokowi Hadiri Pertemuan Dewan Bisnis APEC

Presiden Joko Widodo menghadiri pertemuan Dewan Bisnis Asia-Pacific Economic Cooperation atau APEC Business Advisory Council (ABAC) di Port Moresby, Papua Nugini, Sabtu (17/11/2018).