Tingkatkan Industri Pariwisata, Labuhan Bajo akan Miliki Pelabuhan Baru

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 20 Oktober 2018 - 15:30 WIB

Kementerian PUPR Tata Kawasan Wisata Kuliner Labuan Bajo
Kementerian PUPR Tata Kawasan Wisata Kuliner Labuan Bajo

INDUSTRY.co.id - Kupang- Bupati Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Agustinus Ch Dulla mengatakan bahwa pembangunan dermaga baru di Labuan Bajo akan dimulai pada 2019 oleh pemerintah pusat.

"Dermaga baru ini akan dibangun di luar kota, arah utara Kota Labuan Bajo, di wilayah Bari, Kecamatan Macang Pacar. Pembangunannya dimulai pada 2019," katanya ketika dihubungi Antara dari Kupang, Jumat (19/10/2018)

Ia mengatakan, dermaga tersebut akan dimanfaatkan untuk aktivitas niaga terutama bongkar dan muat peti kemas yang saat ini masih tergabung dengan pelabuhan penumpang dan kapal-kapal wisata.

Untuk pelabuhan kapal wisata, lanjutnya, sedang dibangun juga sebuah pelabuhan marina di dalam Kota Labuan Bajo yang ditangani pihak PT ASDP Indonesia Ferry (Pesero).

"Dengan begitu pelabuhan-pelabuhan di daerah kami akan lebih tertata, ada yang khusus untuk peti kemas, ada yang untuk pelabuhan penumpang maupun kapal wisata," katanya.

Bupati Agustinus mengapresiasi pemerintah pusat yang terus memberikan dukungan penuh untuk pembangunan berbagai infrastruktur pendukung di Labuan Bajo dan sekitarnya sebagai salah satu dari 10 destinasi prioritas secara nasional.

Ia mengatakan, tidak hanya pembangunan dermaga, namun juga infrastruktur jalan, bandara, bantuan kapal sampah dan pembangunan tempat pengelolaan dan pembuangan sampah, tempat kuliner, fasilitas air bersih, dan lainnya juga dibenahi.

"Untuk aksesibilitas di dalam Kota Labuan Bajo terutama jalan juga dibenahi beserta trotoar dan lampu jalan. Kami juga mendapatkan DIPA Rp40 miliar lebih untuk jalan menuju dermaga baru yang dibangun nanti," katanya.

Ia menambahkan, dengan berbagai infrastruktur pendukung yang dibangun, diharapkan dapat menunjang kebutuhan kunjungan wisatawan yang terus membludak di daerah itu.

"Paling tidak saat ini, infrastuktur pendukung yang dibangun sudah secara bertahap mengimbangi kebutuhan wisatawan. Ke depan tentu akan terus dibenahi karena sehingga bisa memadai," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019 (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 21:00 WIB

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendukung penuh gelaran Super League Triathlon 2019, ajang unjuk kebugaran melalui olahraga multicabang yang digelar di Pulau Dewata, Bali, pada 23 – 24 Maret…

Presiden Jokowi disaksikan sejumlah pembalap mencoba salah satu motor balap, di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Senin (11/3) sore. (Foto: Agung/Humas)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 20:00 WIB

Jelang GP 2021, Presiden Jokowi Tingkatkan Pembangunan Jalan-Runway Bandara

Balapan MotoGP akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2021. Jelang ajang kejuaraan dunia balap motor itu, Presiden Joko Widodo mengatakan ada tiga…

Askrindo Peduli

Sabtu, 23 Maret 2019 - 19:22 WIB

Askrindo Peduli Lingkungan Bersama Kelurahan Kwitang

JAKARTA - Dalam rangka memperingati HUT BUMN Bersama, dan HUT PT Askrindo (Persero) yang ke-48 dilaksanakan kegiatan peduli lingkungan bersama di wilayah Kelurahan Kwitang.

kiri-Kanan) Ketua Forwarker–PWKI Edi Hardum, Direktur Pelayanan Advokasi untuk Keadilan dan Perdamaian Indonesia(Padma) Indonesia Gabriel Goa dan Pengamat Ketenagakerjaan dan Jaminan Sosial, Timboel Siregar.

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:32 WIB

Kartu Prakerja, Jurus Jokowi Selamatkan Pengangguran

Ciloto- Program calon Presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) mengenai kartu prakerja yang akan diluncurkan jika terpilih kembali menjadi Presiden di pemilihan Presiden 17 April 2019, patut didukung…

IKIMURA GROUP (Industry/foto: Herlambang)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:20 WIB

Gemilang di Tahun Lalu, PT Ikimura Group Bidik Pertumbuhan Bisnis Hingga 30 Persen di Tahun 2019

Imbas meningkatnya permintaan akan produk komponen otomotif juga dirasakan oleh salah satu perusahaan anak bangsa, PT Ikimura Group yang saat ini mendistribusikan dan memproduksi mettal cutting…