Bandara Kertajati Buka Dua Rute Penerbangan Baru

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 20 Oktober 2018 - 12:00 WIB

Bandara Kertajati
Bandara Kertajati

INDUSTRY.co.id - Bandung- Dua rute baru akan menambah penerbangan dari dan menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka.

 "Rute baru yang dilayani maskapai penerbangan domestik Transnusa akan dimulai pada awal November 2018 dengan rute menuju Semarang dan Bandar Lampung serta sebaliknya," kata Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas Ekaputra di Bandung, Jumat (19/10/2018)

Virda mengatakan, penambahan rute menuju dua daerah tujuan ini dilakukan karena demand dan potensi pasar menuju wilayah tengah dan barat Indonesia cukup besar. Sementara ini Semarang akan terwakilkan oleh maskapai Transnusa setelah Yogyakarta yang menjadi rute bidikan selanjutnya untuk dilayani dari Bandara Kertajati.

Bandar Lampung yang berada di bagian barat diharapkan bisa menjadi perintisan penerbangan lainnya menuju pulau Sumatera seperti Medan, Palembang, Jambi, Riau, Aceh atau bahkan Batam yang cukup dinanti-nanti oleh warga Jawa Barat. Sejak mendapat izin penerbangan komersial pada 2011, Transnusa lebih banyak melayani penerbangan di Indonesia bagian timur. Kini layanan itu meluas menuju tengah dan barat.

"Semoga ini bisa menjadi starting point penerbangan baik kedepannya baik itu untuk BIJB dan Transnusa. Sebelumnya layanan menuju Surabaya sudah dibuka Citilink yang kini beroperasi setiap hari dari Kertajati," kata Virda di Bandung, Jumat 19 Oktober 2018.

Transnusa, diawal penerbangan dari Bandara Kertajati akan mulai mengisi slot pada Minggu 4 November 2018. Layanan penerbangan domestik ini akan dibuka satu pekan dua kali yakni Minggu dan Senin secara pulang pergi.

Penerbangan dari KJT (Kertajati) menuju TKG (Bandar Lampung) yakni pukul 6.30 WIB dengan jarak tempuh satu jam. Sebaliknya, TKG - KJT pesawat akan take off pukul 7.50 WIB dan tiba di tujuan pukul 8.50 WIB.

Untuk layanan menuju Semarang, penerbangan dibuka pukul 9.10 WIB dan akan tiba di bandara tujuan pukul 09.55 WIB. Untuk selanjutnya penerbangan Semarang menuju Kertajati pesawat akan lepas landas pukul 17.25 dan tiba pukul 18.10 WIB.

"Jam penerbangan ini sudah disesuaikan berdasarkan kebutuhan masyarakat," tutur Virda.

Sebelum penerbangan Semarang dan Bandar Lampung, Bandara Kertajati sendiri sudah melayani penerbangan domestik setiap harinya dengan tujuan Surabaya serta sebaliknya sejak Juni 2018 lalu.

Rute terbaru adalah layanan penerbangan internasional yang ditandai dengan penerbangan secara direct Kertajati - Madinah oleh Maskapai Lion Air pada 13 Oktober lalu. Penerbangan untuk mengangkut jamaah umrah dengan pesawat tipe Boeing 737 max 8 dilakukan satu minggu sekali.

Virda menambahkan, pengajuan slot dari sejumlah maskapai sudah masuk ke pihaknya.  Seluruh pengajuan slot penerbangan itu terus dalam evaluasi karena berkaitan juga dengan bandara tujuan. Menurutnya rute yang kini terus dibidik yakni tujuan Denpasar, Yogyakarta, Medan, dan Ujungpandang. Sedangkan internasional tujuaan Singapura, Malaysia, Tiongkok dan Jepang.

 "Kami targetkan diawal pengeoperasian ini ada 14 penerbangan yang dilayani dari Bandara Kertajati," kata dia. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

IFG Life

Kamis, 25 April 2024 - 06:55 WIB

Perempuan Indonesia Kian Menunjukan Peran Strategis di Sektor Asuransi

Peran perempuan dalam industri asuransi di Indonesia semakin penting dan strategis, baik sebagai konsumen, maupun karyawan dan pengambil keputusan. Jenjang karir semakin terbuka, kendati masih…

Kedua kiri : Direktur Utama IFG Hexana Tri Sasongko Ketiga kiri: Asisten Deputi Bidang Jasa Asuransi dan Dana Pensiun Kementerian BUMN Hendrika Nora Osloi Sinaga tengah : Komisioner Komisi Informasi Pusat Samrohtunnajah Ismail

Kamis, 25 April 2024 - 06:47 WIB

Perkuat Implementasi Keterbukaan Informasi, IFG Bersama Lima BUMN Selenggarakan Forum Edukasi Keterbukaan Informasi Publik

Indonesia Financial Group (IFG), BUMN Holding Asuransi, Penjaminan,dan Investasi berkomitmen mendukung implementasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) secara berkelanjutan dalam rangka penerapan…

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 06:23 WIB

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Apel Bersama Wanita TNI kembali digelar dalam rangka Hari Kartini Tahun 2024 yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto didampingi Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Evi…

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Kamis, 25 April 2024 - 06:12 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr. Opsla., CHRMP., CRMP., didampingi Wadan Kormar Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima paparan dan demo dari…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 05:33 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kesehatan TNI harus menjadi besar tangguh dan mandiri, baik dari segi sumber daya manusia, sarana dan prasarana maupun sistem metodanya sehingga dapat menghasilkan kinerja yang optimal dalam…