Ekspor Kopi Arabika Lewat Aceh Masih Sangat Minim

Oleh : Herry Barus | Jumat, 19 Oktober 2018 - 11:26 WIB

Kopi Ilustrasi
Kopi Ilustrasi

INDUSTRY.co.id - Banda Aceh- Nilai ekspor komoditas kopi baik jenis Arabika maupun Robusta lewat pelabuhan di Aceh hingga Agustus 2018 masih sangat minim dengan angka 9.576 dolar AS.
 

"Untuk kopi melalui pelabuhan di Aceh baru 9.576 dolar AS dalam delapan bulan terahir di tahun ini," ucap Kepala Badan Pusat Statistik Aceh, Wahyudin di Banda Aceh, Kamis (18/10/218)

Komoditas yang menjadi andalan provinsi paling Barat di Indonesia ini, lanjutnya, baru menyumbang 0,01 persen dari nilai total nilai ekspor non Migas lewat Aceh sebesar 88,15 juta dolar AS.

Jika dibandingkan periode Januari hingga Agustus tahun 2017, maka komoditas kopi malahan belum diekspor melalui Aceh dengan nilai total ekspor non Migas waktu itu tercatat 43,74 juta dolar AS.

Namun, ia mengakui memang nilai komoditas yang memiliki rasa pahit ini dengan asal dari daerah dataran tinggi di wilayah Tengah itu dominan diekspor melalui pelabuhan luar Aceh.

BPS Aceh dari Januari sampai Agustus 2018 mencatat, kopi, teh, dan rempah-rempah senilai 48,74 juta dolar AS yang telah memberi 71,88 persen dari total nilai ekspor sebesar 76,81 juta dolar AS.

"Eksportir kopi baik di Aceh maupun luar provinsi ini, lebih memilih pelabuhan di luar Aceh. Seperti Belawan (Sumatera Utara), dan Jakarta akibat terbatasnya infrastruktur pelabuhan," terangnya.

Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdangangan Aceh, Nurdin sebelumnya mengaku, sederet manfaat menjadi hilang akibat pelabuhan lokal tidak terpakai sebagai pusat ekspor komoditas.

Ia mengatakan seperti terserapnya tenaga kerja lokal, dan tumbuhnya perekonomian di sekitar pelabuhan. Tapi pelabuhan harus memiliki kepastian, dan berkesinambungan jadwal keberangkatan kapal.

"Jika ekspornya lewat Belawan, maka keuntungan itu didapat oleh Sumatera Utara," katanya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BRI pastikan narasi ini hoax

Rabu, 24 April 2024 - 15:35 WIB

BRI Pastikan Hoax Berita Uang Nasabah Hilang Akibat Bansos Saat Pemilu

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) kembali diterpa hoax. Itu dipastikan narasi di media sosial tidaklah benar.

Prabowo dan Gibran (foto Istimewa)

Rabu, 24 April 2024 - 13:06 WIB

KPU: Prabowo-Gibran, Presiden & Wapres Terpilih

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka secara sah dan resmi ditetapkan sebagai pasangan Presiden dan Wakil Presiden RI untuk Tahun 2024-2029. Ketetapan tersebut disampaikan langsung oleh…

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Rabu, 24 April 2024 - 13:00 WIB

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung rencana pagelaran fashion show, 'Keindahan Karya Kain. Tenun dan Batik Ku Indonesia', oleh Dian Natalia Assamady.…

Kusnanto Saidi

Rabu, 24 April 2024 - 12:05 WIB

Salah Sebut Data LHKPN Kusnanto Saidi, Ini Kata Pengamat

Muncul pemberitaan Direktur RSUD Chasbullah Abdul Majid Kota Bekasi Dr. dr. Kusnanto Saidi, MARS yang tidak melaporkan harta kekayaan dalam 2 tahun terakhir. Menyikapi hal tersebut, pengamat…

Edukasi Keuangan Pegadaian

Rabu, 24 April 2024 - 11:33 WIB

Peringati Hari Kartini, PT Pegadaian Laksanakan Kegiatan Edukasi Keuangan Perempuan

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, PT Pegadaian dukung Kegiatan Edukasi Keuangan bertema "Perempuan Cerdas Keuangan, Perempuan Indonesia Hebat" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan…