BNI Pecahkan Rekor MURI, Ajak 3.500 Pelajar Belajar Perbankan Serentak

Oleh : Herry Barus | Jumat, 19 Oktober 2018 - 09:31 WIB

BNI Pecahkan Rekor MURI, Ajak 3.500 Pelajar Belajar Perbankan Serentak (Foto Rino)
BNI Pecahkan Rekor MURI, Ajak 3.500 Pelajar Belajar Perbankan Serentak (Foto Rino)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk  atau BNI, melalui salah satu Kantor BNI Wilayah Kemayoran mengajak sekitar 3.500 pelajar Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama untuk mengunjungi salah satu gedung paling bersejarah dalam perkembangan perbankan Indonesia, yaitu Gedoeng BNI Kota di Jakarta.

Para siswa secara serentak diajak  mengenal lebih dekat dan lebih mendalam pelayanan - pelayanan bank yang dapat mereka nikmati sesuai dengan usia mereka. Inilah acara Program Peningkatan Literasi Keuangan secara dini bernama Wisata Edukasi  Perbankan dengan peserta terbesar sehingga layak memperoleh penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI). 

Pada saat yang sama, salah satu perusahaan anak BNI, yaitu PT BNI Life Insurance (BNI Life) juga memecahkan rekor MURI. Rekor yang dipecahkan adalah memberikan Polis Asuransi Jiwa sebesar Rp 5 juta untuk risiko kematian karena kecelakaan. Asuransi ini akan melindungi ke - 3.500 siswa yang hadir pada acara Wisata Edukasi Perbankan tersebut selama  1 tahun. Kegiatan ini dilaksanakan bertepatan dengan peringatan hari Asuransi.

Wisata Edukasi Perbankan BNI ini dipusatkan di area heritage Kota Tua Gedoeng BNI Kota, Jalan Lada No 1, Jakarta, Kamis (18/102018), dengan mengikutsertakan perwakilan dari 134 outlet BNI yang berada di bawah koordinasi BNI Wilayah Kemayoran, mulai dari sebagian Jakarta, Bekasi, hingga Karawang. 

Pada kesempatan itu, dilakukan tayangan Live Streaming menggunakan aplikasi Zoom dengan outlet-outlet BNI tersebut dengan disaksikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Pendiri MURI Jaya Suprana , Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati, Direktur Bisnis Ritel BNI Tambok P Setyawati, CEO BNI Wilayah Kemayoran Feri Andajaya, Direktur BNI Life Intan Abdams Katoppo.     

Feri Andajaya  menuturkan, dengan mengundang para pelajar tersebut untuk datang ke Bank pada kegiatan Wisata Edukasi Perbankan diharapkan dapat memperkenalkan layanan perbankan serta menanamkan budaya menabung sejak dini kepada generasi muda dan milenial. Selain itu,  kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk kontribusi BNI dalam upaya meningkatkan kualitas manusia Indonesia melalui sektor pendidikan, sekaligus mewujudkan tanggung jawab BNI sebagai agen pembangunan. 

Dalam acara ini pelajar diajak berinteraksi dengan frontliner BNI sebagai garda terdepan layanan perbankan (Customer Service, Teller, Satuan Pengamanan), menggunakan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM), hingga diberi  pengetahuan mengenai ciri-ciri uang rupiah, transaksi setor, pengenalan fitur produk Tabungan (Taplus Anak), hingga cara transaksi menggunakan e-channel (Internet dan Mobile Banking BNI).

Sejalan dengan Misi BNI yaitu untuk Meningkatkan kepedulian dan tanggungjawab kepada lingkungan dan komunitas, BNI turut berpartisipasi dalam program Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk dapat memperkenalkan layanan perbankan kepada pelajar sejak dini.  Dimana literasi keuangan memiliki tujuan jangka panjang bagi seluruh golongan masyarakat, yaitu Pertama, Meningkatkan literasi seseorang yang sebelumnya less literate atau not literate menjadi well literate.

Kedua, Meningkatkan jumlah pengguna produk dan layanan jasa keuangan. Ketiga, membuat masyarakat luas dapat menentukan produk dan layanan jasa keuangan yang sesuai dengan kebutuhan.     Masyarakat harus memahami dengan benar manfaat dan risiko, mengetahui hak dan kewajiban serta meyakini bahwa produk dan layanan jasa keuangan yang dipilih dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Seiring dengan perkembangan dan persaingan dunia perbankan dimana teknologi sebagai platform dasar digitalisasi maka BNI sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia turut berperan-serta dalam meningkatkan layanan financial technology atau Fin Tech dimana hal ini dilakukan untuk menjawab kebutuhan pasar terutama untuk kalangan milenial.

Dengan adanya Wisata Edukasi Perbankan ini diharapkan para pelajar Indonesia menjadi terbiasa dengan dunia teknologi. Mereka juga diharapkan akan memiliki kesadaran gemar menabung dan merasakan manfaat kemudahan dalam bertransaksi di dunia perbankan, termasuk dalam menggunakan layanan e-channel (Mobile Banking, Internet Banking, Phone Banking, SMS Banking dan ATM), e-commerce, dll.

Literasi asuransi

Disamping itu, untuk kuartal ke-4 tahun ini, dalam mendukung edukasi khususnya asuransi, BNI Life mengadakan Incidental Marketing Program untuk para nasabah Bank BNI. Pada kesempatan ini  nasabah berkesempatan mendapatkan Special Top up apabila membeli produk asuransi pendidikan dari BNI Life Solusi Pintar untuk Periode dari 1 Oktober - 31 Desember 2018. 

"Wisata Edukasi Perbankan  merupakan wujud kepedulian Bank BNI sebagai pelaksana kegiatan dan BNI Life sebagai salah satu pendukung kegiatan tersebut kepada siswa/siswi berprestasi baik secara akademik dan non akademik agar mereka dapat belajar untuk menabung di bank, asuransi maupun lembaga jasa keuangan lainnya," ujar Intan Abdams Katoppo.

BNI Kantor Wilayah Jakarta Kemayoran siap untuk memberikan layanan terbaik kepada seluruh masyarakat atau nasabah melalui 134 outlet (Kantor Cabang/Kantor Cabang Pembantu/Kantor Kas), 1.530 jaringan ATM dan 20 jaringan outlet kredit yang tersebar di DKI Jakarta, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi dan Karawang

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…