Pelindo III Batulicin Belum Realisasikan Perbaikan Dermaga

Oleh : Herry Barus | Jumat, 19 Oktober 2018 - 10:20 WIB

Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)
Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Batulicin- PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, hingga saat ini belum bisa merealisasikan perbaikan dermaga perahu cepat atau speed boad yang sudah mulai rusak akibat faktor usia.

Supervisor Pelindo III Batulicin, Dedy Riadianto, di Tanah Bumbu, Kamis (18/10/2018) mengatakan, hingga saat ini Pelindo III belum bisa membuat kebijakan untuk merealisasikan perbaikan dermaga tersebut akibat belum mendapat petunjuk teknis dari Pelindo Regional Banjarmasin.

"Sebenarnya permasalahan ini sudah kami sampaikan kepada Pelindo Regional Banjarmasin satu bulan yang lalu, namun hingga saat ini kita belum mendapat keputusan apakah dermaga tersebut akan segera diperbaiki pada bagian yang rusak atau direhap total," kata Dedy.

Dia menjelaskan, menurut perhitungan bisnis pendapatan pada pelabuhan tersebut tidak memadai dari biaya operasional perbaikan, namun pertimbangannya adalah kemanuasian di mana banyak masyarakat lokal yang masih memanfaatkan dermaga tersebut untuk jalur laut.

Pihak Pelindo III Batulicin terus berkoordinasi dengan Pelindo Regional Banjarmasin untuk memberikan tanggapan dan kebijakan terkait laporan yang sudah disampaikan sebelumnya.

Namun, lanjut Dedy pihaknyan juga belum bisa memastikan apakah permasalahan tersebut akan segera terealisasi.

Untuk kajian sementara ini kerusakannya disebabkan karena karang laut yang menempal pada tiang penyangga dermaga sehingga semakin lama tiang peyangga menjadi lapuk dan patah.

Sementara itu panjang dermaga sekitar 100 meter dan lebar jembatannya empat meter, sedangkan yang mengalami kerusakan ada delapan meter.

"Sebenarnya pada 2015 dermaga tersebut sudah diperbaiki, namun kali ini kerusakannya pada bagian yang berbeda," jelas Dedy.

Biaya perbaikan dermaga yang rusak saat ini diperkirakan akan menelan dana sekitar Rp100 juta, hal tersebut juga akan dikoordinasikan dengan Pelindo Regional Banjarmasin apakah anggaranya di bebankan oleh Pelindo III Batulicin atau dari Pelindo Regional. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Sabtu, 19 Januari 2019 - 10:48 WIB

Telkom Resmikan NeuCentrIX Manado

Jakarta - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk meresmikan beroperasinya Data Center Neutral Cloud and Internet Exchange (neuCentrIX) di Manado, Sulawesi Utara.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Kemenperin dok)

Sabtu, 19 Januari 2019 - 09:05 WIB

Dongkrak Investasi, Kemenperin Terus Genjot Pembangunan Kawasan Industri Luar Jawa

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengemukakan, pihaknya sedang mendorong percepatan pembangunan kawasan industri di luar Jawa.

Salah satu varian baru Timberland, Brooklyn Boot, yang diluncurkan pada awal 2019 ini

Sabtu, 19 Januari 2019 - 08:46 WIB

Awali 2019, Timberland Luncurkan Brooklyn Boot dengan AeroCore Energy System

Mengawali 2019, Timberland meluncurkan koleksi sepatu terbaru varian Brookly Boot dengan memanfaatkan AeroCore Energy System, yakni sebuah teknologi sepatu revolusioner yang menghasilkan sol…

Dimsum All You Can Eat yang menjadi bagian dari Triple Victory pada ulang tahun ke-3 Teraskita Hotel by Dafam

Sabtu, 19 Januari 2019 - 08:17 WIB

Dimsum All You Can Eat Tandai Pergantian Nama Hotel Dafam Teraskita Jakarta

Tepat di usianya yang ke-3 pada 4 Januari 2019, nama dan logo Hotel Dafam Teraskita Jakarta diganti menjadi Teraskita Hotel managed by Dafam. Salah satu package promo Dimsum All You Can Eat…

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (dok INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 19 Januari 2019 - 07:45 WIB

Pekan Ketiga 2019, Indeks Harga Saham Gabungan Ditutup Naik ke Posisi 6.448

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) ditutup naik 1,36% ke posisi 6.448,16 pada pekan ketiga 2019 ini dibandingkan pada pekan sebelumnya di level 6.361,46.