Pelindo III Batulicin Belum Realisasikan Perbaikan Dermaga

Oleh : Herry Barus | Jumat, 19 Oktober 2018 - 10:20 WIB

Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)
Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Batulicin- PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, hingga saat ini belum bisa merealisasikan perbaikan dermaga perahu cepat atau speed boad yang sudah mulai rusak akibat faktor usia.

Supervisor Pelindo III Batulicin, Dedy Riadianto, di Tanah Bumbu, Kamis (18/10/2018) mengatakan, hingga saat ini Pelindo III belum bisa membuat kebijakan untuk merealisasikan perbaikan dermaga tersebut akibat belum mendapat petunjuk teknis dari Pelindo Regional Banjarmasin.

"Sebenarnya permasalahan ini sudah kami sampaikan kepada Pelindo Regional Banjarmasin satu bulan yang lalu, namun hingga saat ini kita belum mendapat keputusan apakah dermaga tersebut akan segera diperbaiki pada bagian yang rusak atau direhap total," kata Dedy.

Dia menjelaskan, menurut perhitungan bisnis pendapatan pada pelabuhan tersebut tidak memadai dari biaya operasional perbaikan, namun pertimbangannya adalah kemanuasian di mana banyak masyarakat lokal yang masih memanfaatkan dermaga tersebut untuk jalur laut.

Pihak Pelindo III Batulicin terus berkoordinasi dengan Pelindo Regional Banjarmasin untuk memberikan tanggapan dan kebijakan terkait laporan yang sudah disampaikan sebelumnya.

Namun, lanjut Dedy pihaknyan juga belum bisa memastikan apakah permasalahan tersebut akan segera terealisasi.

Untuk kajian sementara ini kerusakannya disebabkan karena karang laut yang menempal pada tiang penyangga dermaga sehingga semakin lama tiang peyangga menjadi lapuk dan patah.

Sementara itu panjang dermaga sekitar 100 meter dan lebar jembatannya empat meter, sedangkan yang mengalami kerusakan ada delapan meter.

"Sebenarnya pada 2015 dermaga tersebut sudah diperbaiki, namun kali ini kerusakannya pada bagian yang berbeda," jelas Dedy.

Biaya perbaikan dermaga yang rusak saat ini diperkirakan akan menelan dana sekitar Rp100 juta, hal tersebut juga akan dikoordinasikan dengan Pelindo Regional Banjarmasin apakah anggaranya di bebankan oleh Pelindo III Batulicin atau dari Pelindo Regional. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Milasari Kusumo Anggraini (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:25 WIB

Milasari Kusumo:Mulailah Membangun Ekosistem Ekonomi Kerakyatan

Tidak banyak calon legislatif (caleg) yang hadir di tengah masyarakat dengan membawa konsep perbaikan ekonomi. Dari yang sedikit itu terdapat Milasari Kusumo Anggraini SE, caleg DPR RI dari…

PT Jasa Tirta Energi selaku BUMN yang bergerak di sektor bisnis energi dan konstruksi akan mengoptimalkan pembangkit listrik tenaga minihidro untuk mengaliri aliran listrik di seluruh pelosok Indonesia.

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:13 WIB

Ambisi Jasa Tirta Energi Aliri Listrik di Pelosok

Pemerintah menargetkan hingga 2025 rasio elektrifikasi mencapai 100 persen dimana permintaan akan listrik bertambah 7.000 MW setiap tahunnya. Peluang inilah yang mendasari PT Jasa Tirta Energi…

Pramugari Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:00 WIB

GI Maskapai Global dengan Capaian OTP Terbaik di Dunia Periode Desember 2018-Februari 2019

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia berhasil mencatatkan capaian tertinggi On Time Performance (OTP) terbaik untuk kategori maskapai penerbangan global dengan jumlah penerbangan di…

Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih

Rabu, 20 Maret 2019 - 19:05 WIB

Kemenperin Dorong Industri Tenun dan Batik Gunakan Benang Bemberg

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) terus mendorong penyediaan bahan baku untuk industri tenun dan batik nasional.

Titiek Soeharto (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 19:00 WIB

Titiek Soeharto: Capres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Pasti Menang

Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Titiek Soeharto, optimistis pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 itu akan menang dalam…