Tol Serang-Panimbang Mulai Pengerjaan Betonisasi

Oleh : Herry Barus | Jumat, 19 Oktober 2018 - 10:00 WIB

Pembangunan jalan tol (Ist)
Pembangunan jalan tol (Ist)

INDUSTRY.co.id - Serang- Pembangunan jalan tol Serang-Panimbang sepanjang kurang lebih 83 Kilometer, sebagian sudah mulai memasuki tahap bentonisasi pada seksi pertama di sekitar Kecamatan Walantaka Kota Serang.

Manajer Operasional PT Wijaya Karya (Wika) Serang-Panimbang Muhamad Ali di Serang, Kamis (18/10/2018)  mengatakan, saat ini pihaknya mulai mengerjakan betonisasi di ruas Tol Serang-Panimbang. Pengerjaan itu dilakukan setelah sebelumnya proses pembebasan lahan dan pekerjaan lean concrete atau lantai kerja rampung dikerjakan.

"Sudah mulai dikerjakan pembangunan rigid betonnya tahap awal beton Tol Serang-Panimbang," katanya.

Ia mengatakan, beton akan menjadi permukaan ruas Tol Serang-Panimbang mulai dari STA 0 hingga titik akhir di STA 83. PT Wika Serang-Panimbang belum berencana agar beton dilapisi asphalt concrete- wearing course (AC-WC) atau aspal beton.

"Semuanya akan berbentuk rigid beton, belum sampai pada pekerjaan lanjutan dengan melakukan pengaspalan ac-wc di atas permukaan yang telah dikerjakan," kata Ali.

Ali mengatakan, secara umum pengerjaan konstruksi tol dibagi dalam tiga seksi. Seksi 1 yaitu dari Serang hingga Rangkasbitung, seksi 2 Rangkasbitung hingga Cileles dan Seksi 3 dari Bojong hingga Panimbang.

"Porsi BUJT (Badan Usaha Jalan Tol) itu Serang hingga Cileles atau seksi 1 dan 2, dengan panjang 50,67 kilometer. Saat ini progresnnya untuk seksi 1 sudah 9,69 persen dan ditarget selesai pada November 2019. Sedangkan untuk seksi tiga menjadi porsi pemerintah, direncanakan mulai konstruksi pada Januari 2019 dan selesai pada Agustus 2020 bersamaan dengan penyelesaikan seksi 2," kata Ali.

Sementara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) I Pembangunan Tol Serang-Panimbang Sugandhi kepada awak media mengatakan, dengan sebagian besar lahan seksi I yang telah dibebaskan, pengerjaan fisik pun sudah mulai dilakukan. Untuk saat ini proses pengerjaan fisik sudah memasuki tahap betonisasi.

"Sekarang sudah berjalan pembangunan, jalan tol sudah dilakukan pembangunan di lahan yang sudah bebas. Bahkan sudah ada yang dibeton sepanjang sekitar 2 kilometer," katanya.

Menurut Sugandhi, untuk mendukung pengerjaan fisik, pelaksana proyek pun sudah menempatkan sejumlah alat beratnya. Bahkan pengerjaan fisik sudah bisa dilihat oleh publik jika melintasi Tol Tangerang-Merak dari arah Tangerang.

Masih terkait pengerjaan fisik, kata dia, selain menuntaskan proses pembebasan lahan, pihaknya juga kini sedang mengurus revisi penetapan lokasi (penlok) Tol Serang-Panimbang. Revisi dilakukan karena ada penambahan kebutuhan lahan untuk pembangunan Junction Walantaka.

"Memang ada rencana di Desa Kaserangan, ada penambahan (lahan). Sekarang dalam proses kelengkapan administrasi di kementerian dan badan usaha karena ini desa yang tidak masuk penlok, maka perlu dilakukan revisi penlok," kata Sugandhi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BAZNAS Kembali Raih Sertifikat ISO 9001-2015

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:30 WIB

BAZNAS Kembali Raih Sertifikat ISO 9001-2015

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mempertahankan prestasi dan kembali memperoleh sertifikat ISO 9001-2015 dari Worldwide Quality Assurance (WQA), sebuah lembaga sertifikasi manajemen berstandar…

Timberland Gandeng Madness Luncurkan Koleksi Sepatu Limited Edition

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:23 WIB

Timberland Gandeng Madness Luncurkan Koleksi Sepatu Limited Edition

Berkembang dari tema sebelumnya yaitu "Transmutation" yang berarti transformasi, tema kali ini adalah "Alteration" yang berarti "perubahan" untuk menandakan penyatuan antara kedua merek - Timberland…

Empat Mahasiswa SIA UBSI Juarai Zahir Accounting Competition

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:00 WIB

Berprestasi, Empat Mahasiswa SIA UBSI Juarai Zahir Accounting Competition

Empat mahasiswa SIA UBSI yaitu Martina Ayu Wigati, Sari Indriyani, Muhammad Yamin dan Siti Nuraeni Bariati berhasil menjadi Juara 1 Kategori Analisa Keuangan di Gunadarma All About Competition…

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani saat menemui Presiden Komite Organisasi Luar Negeri Musiad Ibrahim Uyar (Foto: Kadin)

Jumat, 18 Januari 2019 - 13:55 WIB

Kunjungi Kadin, Musiad Jajaki Kerja Sama Bisnis

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) siap menjalin kerja sama bisnis dan perdagangan dengan Mustakil Sanayici ve Isadamlari Dernegi (Musiad) atau Asosiasi Pebisnis dan Industri Independen…

Stephanie Tangkilisan (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 18 Januari 2019 - 11:59 WIB

Politik Identitas VS Hoaks Jelang Pemilu 2019

Pertanyaan-pertanyaan yang umumnya timbul adalah apakah isu politik identitas dan hoaks benar-benar akan menurunkan kualitas demokrasi Indonesia di Pemilu nanti?