Sektor Sawit Bergerak, Tiga Pabrik Dibangun di Bangka Tengah

Oleh : Herry Barus | Kamis, 18 Oktober 2018 - 18:15 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Koba- Investor dari tiga perusahaan besar di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyatakan kesiapan untuk membangun pabrik kelapa sawit di Kabupaten Bangka Tengah dengan nilai investasi mencapai ratusan miliar.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah, Rusli Khaidir di Koba, tiga perusahaan yang menyatakan kesiapan untuk membangun pabrik sawit adalah PT Putra Bangka Tani, PT Bangka Agro Mandiri dan PT Mutiara Hijau Lestari.

"Tiga perusahaan tersebut selama ini memang bergerak di sektor perkebunan kelapa sawit dan mereka akan membangun pabrik pengolahan TBS di tiga titik lokasi," kata Rusli Khaidir, Rabu (17/10/2018)

Ia menjelaskan PT Putra Bangka Tani berencana mendirikan pabrik di Desa Belilik, PT Bangka Agro Mandiri mendirikan pabrik di Desa Sarang Mandi dan PT Mutiara Hijau Lestari di Kelurahan Arung dalam Koba.

"Sekarang masing-masing perusahaan tersebut sedang mengurus perizinan yang sudah dimulai sejak pertengahan 2018, kemungkinan pada 2019 mereka sudah mulai membangun jika perizinannya sudah dilengkapi," katanya.

Ia mengatakan investasi pada sektor perkebunan tersebut akan mendatangkan dampak yang cukup besar terhadap derap langkah pembangunan perekonomian masyarakat dan daerah.

"Kita bisa estimasikan tiga pabrik kelapa sawit itu menampung berapa banyak tenaga kerja, tentu mencapai ribuan orang maka ini jelas membantu pemerintah mengurangi pengangguran," katanya seperti dilansir Antara.

Menurut dia, pembangunan pabrik kelapa sawit memang sudah mendesak mengingat selama ini hany ada satu perusahaan sawit berdiri di Bangka Tengah.

"Itupun dengan daya tampung yang terbatas, jika produksi sawit tinggi sementara daya tampung terbatas maka terjadi pembatasan pembelian yang imbasnya nanti jelas kepad petani. Dengan adanya pembangunan pabrik baru tentu ini bagian dari solusi," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi (Dok Industry.co.id)

Selasa, 19 Maret 2019 - 08:00 WIB

Presiden Jokowi akan Hadri Seminar Revolusi Industri 4.0 di Surabaya

Presiden Jokowi jadi pembicara kunci seminar berjudul "Revolusi Industri 4.0 Meningkatkan Daya Saing, Menjadi Bangsa Pemenang" bersama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini beserta Gubernur Jawa…

Petani sedang membajak lahan persawahan

Selasa, 19 Maret 2019 - 08:00 WIB

Pendekatan E Commerce, Penjualan Pertanian Lebih Cepat

Sentul - Riyanto, Ekonom Universitas Indonesia, menuturkan implementasi teknologi 4.0 di sektor pertanian sangat bermanfaat bagi konsumen dan petani untuk mendekatkan distribusi.

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Selasa, 19 Maret 2019 - 07:54 WIB

Stop Impor Pangan Harga Beli Petani Tidak Jatuh

Sentul - Impor pangan memang seharusnya terus dikurangi terutama masa panen. Jika tanpa impor saat itu, petani bisa menikmati untung hasil jerih payahnya.

Petani desa di tengah sawah (Foto: Dok Industry.co.id)

Selasa, 19 Maret 2019 - 07:44 WIB

Kementerian Pertanian Dorong Generasi Milenial Masuk Industri Pertanian 4.0

Sentul - Kementerian Pertanian (Kementan) RI siap memasuki revolusi industri 4.0 dalam rangka mendorong modernisasi pertanian dan generasi milenial di sektor pertanian. Berbagai kebijakan yang…

Jalan Tol (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 19 Maret 2019 - 07:00 WIB

Di Tengah Masa Ekspansi, Jasa Marga Berhasil Pertahankan Laba Bersih

Pada tahun 2018 Jasa Marga berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp. 2,20 Triliun, tetap stabil di tengah ekspansi bisnis jalan tol. Hal ini juga didukung oleh keberhasilan Perseroan dalam…