Sektor Sawit Bergerak, Tiga Pabrik Dibangun di Bangka Tengah

Oleh : Herry Barus | Kamis, 18 Oktober 2018 - 18:15 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Koba- Investor dari tiga perusahaan besar di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyatakan kesiapan untuk membangun pabrik kelapa sawit di Kabupaten Bangka Tengah dengan nilai investasi mencapai ratusan miliar.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah, Rusli Khaidir di Koba, tiga perusahaan yang menyatakan kesiapan untuk membangun pabrik sawit adalah PT Putra Bangka Tani, PT Bangka Agro Mandiri dan PT Mutiara Hijau Lestari.

"Tiga perusahaan tersebut selama ini memang bergerak di sektor perkebunan kelapa sawit dan mereka akan membangun pabrik pengolahan TBS di tiga titik lokasi," kata Rusli Khaidir, Rabu (17/10/2018)

Ia menjelaskan PT Putra Bangka Tani berencana mendirikan pabrik di Desa Belilik, PT Bangka Agro Mandiri mendirikan pabrik di Desa Sarang Mandi dan PT Mutiara Hijau Lestari di Kelurahan Arung dalam Koba.

"Sekarang masing-masing perusahaan tersebut sedang mengurus perizinan yang sudah dimulai sejak pertengahan 2018, kemungkinan pada 2019 mereka sudah mulai membangun jika perizinannya sudah dilengkapi," katanya.

Ia mengatakan investasi pada sektor perkebunan tersebut akan mendatangkan dampak yang cukup besar terhadap derap langkah pembangunan perekonomian masyarakat dan daerah.

"Kita bisa estimasikan tiga pabrik kelapa sawit itu menampung berapa banyak tenaga kerja, tentu mencapai ribuan orang maka ini jelas membantu pemerintah mengurangi pengangguran," katanya seperti dilansir Antara.

Menurut dia, pembangunan pabrik kelapa sawit memang sudah mendesak mengingat selama ini hany ada satu perusahaan sawit berdiri di Bangka Tengah.

"Itupun dengan daya tampung yang terbatas, jika produksi sawit tinggi sementara daya tampung terbatas maka terjadi pembatasan pembelian yang imbasnya nanti jelas kepad petani. Dengan adanya pembangunan pabrik baru tentu ini bagian dari solusi," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Sabtu, 19 Januari 2019 - 10:48 WIB

Telkom Resmikan NeuCentrIX Manado

Jakarta - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk meresmikan beroperasinya Data Center Neutral Cloud and Internet Exchange (neuCentrIX) di Manado, Sulawesi Utara.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Kemenperin dok)

Sabtu, 19 Januari 2019 - 09:05 WIB

Dongkrak Investasi, Kemenperin Terus Genjot Pembangunan Kawasan Industri Luar Jawa

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengemukakan, pihaknya sedang mendorong percepatan pembangunan kawasan industri di luar Jawa.

Salah satu varian baru Timberland, Brooklyn Boot, yang diluncurkan pada awal 2019 ini

Sabtu, 19 Januari 2019 - 08:46 WIB

Awali 2019, Timberland Luncurkan Brooklyn Boot dengan AeroCore Energy System

Mengawali 2019, Timberland meluncurkan koleksi sepatu terbaru varian Brookly Boot dengan memanfaatkan AeroCore Energy System, yakni sebuah teknologi sepatu revolusioner yang menghasilkan sol…

Dimsum All You Can Eat yang menjadi bagian dari Triple Victory pada ulang tahun ke-3 Teraskita Hotel by Dafam

Sabtu, 19 Januari 2019 - 08:17 WIB

Dimsum All You Can Eat Tandai Pergantian Nama Hotel Dafam Teraskita Jakarta

Tepat di usianya yang ke-3 pada 4 Januari 2019, nama dan logo Hotel Dafam Teraskita Jakarta diganti menjadi Teraskita Hotel managed by Dafam. Salah satu package promo Dimsum All You Can Eat…

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (dok INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 19 Januari 2019 - 07:45 WIB

Pekan Ketiga 2019, Indeks Harga Saham Gabungan Ditutup Naik ke Posisi 6.448

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) ditutup naik 1,36% ke posisi 6.448,16 pada pekan ketiga 2019 ini dibandingkan pada pekan sebelumnya di level 6.361,46.